Bank Sumut

Seleksi Capim KPK: "Ada FBI" di Gedung Merah Putih

Sabtu, 06 Jul 2019 18:05
Dibaca: 136 kali
ilustrasi
Deputi Director of FBI David Bowdich bersama pimpinan KPK
DINAMIKARAKYAT - Jelang pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua dan Wakil Ketua KPK menerima kunjungan dari Federal Bureau of Investigation (FBI) Amerika Serikat di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Jakarta, Jumat 5 Juli 2019.

Sebagaimana diketahui, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK telah menutup pendaftaran calon pimpinan jilid V pada Kamis 4 Juli 2019 kemarin. Tercatat sebanyak 348 orang yang ikut mendaftar.

Dari 348 pendaftar, terdapat 13 orang dari internal KPK, 9 orang dari unsur Polri, 5 orang dari unsur Kejaksaan, 8 hakim dan 53 dari Advokat. Sisanya, dari kalangan akademisi dosen hingga PNS.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, kunjungan FBI merupakan perpanjangan dari kerjasama program pemberantasan korupsi yang sudah terjalin sejak tahun 2018 lalu.

"Kerja sama antara KPK dan FBI ini terus terjalin. Karena memiliki visi yang sama yakni memerangi korupsi secara global dan melaksanakan kerja sama dalam program-program yang relevan untuk mengatasi korupsi," ujarnya.

Febri menambahkan, KPK juga merasa terbantu dengan bentuk kerja sama yang dirajut bersama FBI dalam menangani kasus-kasus besar yang melibatkan petinggi negara. Sebut saja, kasus KTP Elektronik yang telah berhasil menyeret nama Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Bentuk kerja sama nyata yang telah dilaksanakan antara KPK dan FBI selama ini adalah dalam penanganan kasus EKTP. Suksesnya KPK membongkar keterlibatan pejabat tinggi negara dalam kasus tersebut tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan Lembaga Antikorupsi Amerika tersebut," kata Febri.

"KPK merasa sangat terbantu dan sangat menghargai keterlibatan secara langsung pihak FBI dan personelnya dalam penanganan kasus EKTP," imbuhnya.

Selain dalam penanganan kasus, lanjut Febri, KPK dan FBI juga bekerjasama dalam peningkatan kapasitas KPK melalui berbagai pelatihan hingga workshop-workshop. Karenanya, KPK berharap kerja sama dengan FBI dapat terus berlanjut.

"KPK berharap hubungan baik antara kedua lembaga dapat terus terjalin dengan baik dan kerjasama dapat terus dilanjutkan di masa mendatang," pungkas Febri.

Turut hadir dalam kujungan kali ini yaitu, Deputi Director of FBI David Bowdich, bersama 8 delegasi dari FBI. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh tiga komisioner KPK yaitu Agus Rahardjo, Alexander Marwata dan Laode M. Syarief beserta jajaran struktural. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: rmol.id

T#g:Capim KPKfbikorupsikpk
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Sep 2019 10:40

    KPK Wajib Lapor ke Presiden, DPR, BPK dan Dewan Pengawas

    Revisi Undang Undang Komisi Pemberantsan Korupsi (RUU KPP) Nomor 30 Tahun 2002 yang baru disahkan, ternyata menguntungkan Presiden, DPR, BPK plus Dewan Pengawas (DP).

  • Sabtu, 14 Sep 2019 11:22

    Mulai Anak Presiden ke 4 Sampai Mantan Pimpinan KPK Tolak Revisi UU KPK

    Rencana revisi UU KPK hingga pimpinan KPK baru yang terpilih saat ini bertolak dengan political will pemberantasan korupsi era Presiden Megawati, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan era Presiden Joko Widodo.

  • Jumat, 13 Sep 2019 00:19

    Pema Sumut Laporkan Dugaan Korupsi Labuhanbatu, Medan dan Sergai

    Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Mahasiswa Sumatera Utara (DPW Pema Sumut) membawa dugaan korupsi yang terjadi disejumlah kabupaten kota ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

  • Kamis, 12 Sep 2019 23:31

    Di Titik Nol Kota Medan: BEM Seluruh Indonesia Tolak RUU KPK

    Ratusan massa dari Badan Eksekutih Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia Koordinator Daerah Sumatera Utara, Kamis 12 September 2019, menyatakan sikap menolak Revisi Undang Undang Komisi Pemberaantsan Korupsi (RUU KPK).

  • Rabu, 11 Sep 2019 23:01

    Dugaan Korupsi Rabat Beton Dinas PU Asahan Dibawa ke Kejati Sumut

    Dugaan korupsi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Asahan, masuk ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa 10 September 2019.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir