Seleksi Capim KPK: "Ada FBI" di Gedung Merah Putih

Sabtu, 06 Jul 2019 18:05
Dibaca: 100 kali
ilustrasi
Deputi Director of FBI David Bowdich bersama pimpinan KPK
DINAMIKARAKYAT - Jelang pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua dan Wakil Ketua KPK menerima kunjungan dari Federal Bureau of Investigation (FBI) Amerika Serikat di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Jakarta, Jumat 5 Juli 2019.

Sebagaimana diketahui, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK telah menutup pendaftaran calon pimpinan jilid V pada Kamis 4 Juli 2019 kemarin. Tercatat sebanyak 348 orang yang ikut mendaftar.

Dari 348 pendaftar, terdapat 13 orang dari internal KPK, 9 orang dari unsur Polri, 5 orang dari unsur Kejaksaan, 8 hakim dan 53 dari Advokat. Sisanya, dari kalangan akademisi dosen hingga PNS.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, kunjungan FBI merupakan perpanjangan dari kerjasama program pemberantasan korupsi yang sudah terjalin sejak tahun 2018 lalu.

"Kerja sama antara KPK dan FBI ini terus terjalin. Karena memiliki visi yang sama yakni memerangi korupsi secara global dan melaksanakan kerja sama dalam program-program yang relevan untuk mengatasi korupsi," ujarnya.

Febri menambahkan, KPK juga merasa terbantu dengan bentuk kerja sama yang dirajut bersama FBI dalam menangani kasus-kasus besar yang melibatkan petinggi negara. Sebut saja, kasus KTP Elektronik yang telah berhasil menyeret nama Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Bentuk kerja sama nyata yang telah dilaksanakan antara KPK dan FBI selama ini adalah dalam penanganan kasus EKTP. Suksesnya KPK membongkar keterlibatan pejabat tinggi negara dalam kasus tersebut tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan Lembaga Antikorupsi Amerika tersebut," kata Febri.

"KPK merasa sangat terbantu dan sangat menghargai keterlibatan secara langsung pihak FBI dan personelnya dalam penanganan kasus EKTP," imbuhnya.

Selain dalam penanganan kasus, lanjut Febri, KPK dan FBI juga bekerjasama dalam peningkatan kapasitas KPK melalui berbagai pelatihan hingga workshop-workshop. Karenanya, KPK berharap kerja sama dengan FBI dapat terus berlanjut.

"KPK berharap hubungan baik antara kedua lembaga dapat terus terjalin dengan baik dan kerjasama dapat terus dilanjutkan di masa mendatang," pungkas Febri.

Turut hadir dalam kujungan kali ini yaitu, Deputi Director of FBI David Bowdich, bersama 8 delegasi dari FBI. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh tiga komisioner KPK yaitu Agus Rahardjo, Alexander Marwata dan Laode M. Syarief beserta jajaran struktural. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: rmol.id

T#g:Capim KPKfbikorupsikpk
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jul 2019 02:17

    Pemkab Batubara Biayai Pembangunan Gedung Tahanan Polres

    Padahal diketahui, kepolisian adalah lembaga vertikal yang pembiayaan operasional dan pembangunan gedungnya mulai tingkat Polsek, Polres hingga Polda bersumber dari APBN.

  • Selasa, 16 Jul 2019 23:57

    LIPAN RI Laporkan PT Persaoran ke Kejati Sumut

    Massa DPP LIPAN RI memita Kejati SUmut agar mengusut tuntas dugaan pengkondisian pemenang tender PT Persaoran sebagai kontraktor pelaksana pembangunan jalan di Moara Soma.

  • Senin, 15 Jul 2019 23:36

    Mahasiswa dari Empat Kampus di Medan Minta KPK Lanjutkan Kasus Suap Akil Mochtar

    Puluhan mahasiswa dari empat kampus di Kota Medan, Sumatera Utara, berunjukras meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melanjutkan kasus suap mantan Hakim MK AKil Muchtar.

  • Sabtu, 13 Jul 2019 18:00

    Fikri Ngaku Belum Ada Diperiksa Kejati Sumut

    Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Fikri ketika dikonfirmasi mengaku dirinya belum ada diperiksa oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, terkait proyek drainase melewati tahun berjalan.

  • Sabtu, 13 Jul 2019 13:01

    Kerja KPK Sia-sia di Asahan, Ini Daftarnya

    KPK, kata Indra, 20 Februari 2019, lalu kembali datang ke Kabupaten Asahan bersama tim ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB), untuk proses pengambilan sampel material fisik bangunan RSUD HAMS Kisaran di antaranya melakukan pemeriksaan material dindin

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir