• Home
  • Kerah Putih
  • Sebaiknya Kejati Sumut SP3 kan Kasus Korupsi IPA Martubung

Sebaiknya Kejati Sumut SP3 kan Kasus Korupsi IPA Martubung

Oleh: Muhammad Artam
Jumat, 16 Mar 2018 17:45
Dibaca: 460 kali
drberita
Kantor IPA Martubung, PDAM Tirtanadi.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Sudah enam tahun lamanya kasus dugaan korupsi Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Martubung, PDAM Tirtanadi, diselidiki Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Namun belum ada titik terang dari hasil penyidikan.

Sejuta alasan pun sudah disampaikan humas terkait hasil penyidikan. Tetapi sampai saat ini belum ada juga yang ditetapkan sebagai tersangka.

Ada kesan kasus ini sengaja diendapkan karena menghasilkan sesuatu yang memuaskan pada oknum-oknum tertentu.

Ketua LSM Barisan Rakyat Pemerhati Korupsi (Barapaksi) Otti Saifuddin Batubara menilai kasus yang merugikan Pemprov Sumut sebesar Rp58 miliar ini sudah sangat pantas diumumkan tersangkanya ke publik.

"Sudah tiga kali pergantian pimpinan di Kejati Sumut, itu yang membuat kita menjadi aneh melihat kasus (IPA Martubung) ini, semua yang terlibat sudah diperiksa, namun tidak ada hasilnya, padahal hasil pemeriksaan keuangan dari BPKP perwakilan Sumut sudah keluar," terang Otti kepada wartawan di Medan, Jumat 16 Maret 2018.  

Otti mengatakan keanehan itu terjadi pada internal Kejati Sumut. Sepertinya penyidik tidak mampu mengungkap dugaan korupsi yang terjadi pada BUMD milik Pemprov Sumut tersebut.

Padahal, kasus yang ditangani Kejari Cabang Belawan ini telah memanggil dan memeriksa sejumlah saksi di antaranya Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution dan Direktur Administrasi dan Keuangan Arif Haryadian.

Tidak itu saja, mantan Kepala Divisi Keuangan PDAM Tirtanadi Irwansyah Siregar, mantan Direksi Mangindang Ritonga dan Ahmad Thamrin serta pihak rekanan juga sudah diperiksa.

"Jika tak mampu menetapkan tersangka, sebaiknya Kejati Sumut segera mengeluarkan SP3 terhdap kasus tersebut, biar tak malu lembaga timbangan itu, jangan sampai ada kesan PDAM Tirtanadi jadi ATM berjalan," seru Otti. (art/drc)

Editor: admin

T#g:BUMD Sumutipa martubungkejati sumutkorupsi ipa martubungPDAM Tirtanadi
Berita Terkait
  • Senin, 16 Apr 2018 01:46

    Mantan Bupati Tapteng Dipanggil Kejati Sumut

    DINAMIKARAKYAT - Mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sukran Jamilan Tanjung dipanggil penyidik pidana khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) dalam kasus dugaa korupsi dana hibah kepada

  • Senin, 16 Apr 2018 00:26

    Pemuda Lira Minta Kejati Sumut Usut APBD Deliserdang Tahun 2017

    Ketua Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Deliserdang Edi Anto meminta pihak Kejati Sumut mengusut Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 yang diduga digunakan untuk dana sosialisasai calon incumben di Pilkda Deliserdang 2018.

  • Senin, 09 Apr 2018 21:28

    KPK, Kapan Pemberi Suap Gatot Jadi Tersangka

    Ketua Presedium Pemerhati Indonesia Bersih (PIB) Rosisyanto mempertanyakan sikap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terkesan tak seimbang dalam menuntaskan kasus suap mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

  • Rabu, 04 Apr 2018 22:53

    Jalur Q6 dan Q7 IPA Sunggal PDAM Tirtanadi Terganggu

    Perawatan akan dilakukan pada hari Jumat malam Sabtu 6 April 2018 dimulai pukul 21.00 WIB dan diperkirakan selesai pukul 04.00 Wib dinihari Sabtu 7 April 2018.

  • Jumat, 23 Mar 2018 02:31

    Pemuda Muhammadiyah Dukung KPK Tetapkan Tersangka Direksi PDAM Tirtanadi

    KPK sangat tepat jika mengambilalih kasus dan menetapkan tersangka, karena Kejati Sumut sepertinya tidak sanggup untuk melanjutkan kasus dugaan korupsi IPA Martubung.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir