Bank Sumut
  • Home
  • Kerah Putih
  • Sebaiknya Kejati Sumut SP3 kan Kasus Korupsi IPA Martubung

Sebaiknya Kejati Sumut SP3 kan Kasus Korupsi IPA Martubung

Oleh: Muhammad Artam
Jumat, 16 Mar 2018 17:45
Dibaca: 680 kali
drberita
Kantor IPA Martubung, PDAM Tirtanadi.
DINAMIKARAKYAT - Sudah enam tahun lamanya kasus dugaan korupsi Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Martubung, PDAM Tirtanadi, diselidiki Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Namun belum ada titik terang dari hasil penyidikan.

Sejuta alasan pun sudah disampaikan humas terkait hasil penyidikan. Tetapi sampai saat ini belum ada juga yang ditetapkan sebagai tersangka.

Ada kesan kasus ini sengaja diendapkan karena menghasilkan sesuatu yang memuaskan pada oknum-oknum tertentu.

Ketua LSM Barisan Rakyat Pemerhati Korupsi (Barapaksi) Otti Saifuddin Batubara menilai kasus yang merugikan Pemprov Sumut sebesar Rp58 miliar ini sudah sangat pantas diumumkan tersangkanya ke publik.

"Sudah tiga kali pergantian pimpinan di Kejati Sumut, itu yang membuat kita menjadi aneh melihat kasus (IPA Martubung) ini, semua yang terlibat sudah diperiksa, namun tidak ada hasilnya, padahal hasil pemeriksaan keuangan dari BPKP perwakilan Sumut sudah keluar," terang Otti kepada wartawan di Medan, Jumat 16 Maret 2018.  

Otti mengatakan keanehan itu terjadi pada internal Kejati Sumut. Sepertinya penyidik tidak mampu mengungkap dugaan korupsi yang terjadi pada BUMD milik Pemprov Sumut tersebut.

Padahal, kasus yang ditangani Kejari Cabang Belawan ini telah memanggil dan memeriksa sejumlah saksi di antaranya Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution dan Direktur Administrasi dan Keuangan Arif Haryadian.

Tidak itu saja, mantan Kepala Divisi Keuangan PDAM Tirtanadi Irwansyah Siregar, mantan Direksi Mangindang Ritonga dan Ahmad Thamrin serta pihak rekanan juga sudah diperiksa.

"Jika tak mampu menetapkan tersangka, sebaiknya Kejati Sumut segera mengeluarkan SP3 terhdap kasus tersebut, biar tak malu lembaga timbangan itu, jangan sampai ada kesan PDAM Tirtanadi jadi ATM berjalan," seru Otti. (art/drc)

Editor: admin

T#g:BUMD Sumutipa martubungkejati sumutkorupsi ipa martubungPDAM Tirtanadi
Berita Terkait
  • Selasa, 14 Agu 2018 22:15

    PDAM Tirtanadi Terima Penghargaan Zerro Accicent Award Tingkat Nasional

    PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera untuk kelima kalinya mendapatkan Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) tingkat Nasional dan juga menerima Bendera Emas yang merupakan prestasi tertinggi hasil audit eksternal.

  • Minggu, 05 Agu 2018 00:53

    Buron Sejak 2007, Kejati Sumut Tangkap Buronan Maling Uang Rakyat di Perumahan Johor

    Buronan tersebut adalah Syahroni Hidayat. Ia ditangkap di kediamanya, Perumahan Johor Indah Permai 2, Blok A, No. 54, Linkungan 10, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

  • Senin, 30 Jul 2018 09:12

    Intelijen Kejati Sumut Tangkap DPO Maling Uang Rakyat di Banten

    Tim Intelijen Kejati Sumut yang dipimpin langsing Asintel Kejati Sumut Leo Simanjuntak menangkap DPO terpidana korupsi dari Kejari Langkat dan juga Kejari Pematangsiantar.

  • Minggu, 29 Jul 2018 11:13

    Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Sidak ke Asrama Haji

    Untuk menjaga kelancaran air di Asrama Haji, PDAM Tirtanadi menempatkan 6 orang petugas yang standby yang dibagi dalam 3 shift dalam bertugas secara bergantian selama 24 jam.

  • Jumat, 27 Jul 2018 00:48

    Perbaikan Panel Pompa Distribusi, 6 Cabang PDAM Tertanadi Terganggu

    Mengantisipasi terjadinya pemadaman aliran di IPA Delitua, PDAM Tirtanadi melakukan perbaikan di Panel Pompa Distribusi agar dapat mengalihkan power ke mesin genset pada saat aliran listrik padam.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir