• Home
  • Kerah Putih
  • Sebaiknya Kejati Sumut SP3 kan Kasus Korupsi IPA Martubung

Sebaiknya Kejati Sumut SP3 kan Kasus Korupsi IPA Martubung

Oleh: Muhammad Artam
Jumat, 16 Mar 2018 17:45
Dibaca: 586 kali
drberita
Kantor IPA Martubung, PDAM Tirtanadi.
DINAMIKARAKYAT - Sudah enam tahun lamanya kasus dugaan korupsi Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Martubung, PDAM Tirtanadi, diselidiki Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Namun belum ada titik terang dari hasil penyidikan.

Sejuta alasan pun sudah disampaikan humas terkait hasil penyidikan. Tetapi sampai saat ini belum ada juga yang ditetapkan sebagai tersangka.

Ada kesan kasus ini sengaja diendapkan karena menghasilkan sesuatu yang memuaskan pada oknum-oknum tertentu.

Ketua LSM Barisan Rakyat Pemerhati Korupsi (Barapaksi) Otti Saifuddin Batubara menilai kasus yang merugikan Pemprov Sumut sebesar Rp58 miliar ini sudah sangat pantas diumumkan tersangkanya ke publik.

"Sudah tiga kali pergantian pimpinan di Kejati Sumut, itu yang membuat kita menjadi aneh melihat kasus (IPA Martubung) ini, semua yang terlibat sudah diperiksa, namun tidak ada hasilnya, padahal hasil pemeriksaan keuangan dari BPKP perwakilan Sumut sudah keluar," terang Otti kepada wartawan di Medan, Jumat 16 Maret 2018.  

Otti mengatakan keanehan itu terjadi pada internal Kejati Sumut. Sepertinya penyidik tidak mampu mengungkap dugaan korupsi yang terjadi pada BUMD milik Pemprov Sumut tersebut.

Padahal, kasus yang ditangani Kejari Cabang Belawan ini telah memanggil dan memeriksa sejumlah saksi di antaranya Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution dan Direktur Administrasi dan Keuangan Arif Haryadian.

Tidak itu saja, mantan Kepala Divisi Keuangan PDAM Tirtanadi Irwansyah Siregar, mantan Direksi Mangindang Ritonga dan Ahmad Thamrin serta pihak rekanan juga sudah diperiksa.

"Jika tak mampu menetapkan tersangka, sebaiknya Kejati Sumut segera mengeluarkan SP3 terhdap kasus tersebut, biar tak malu lembaga timbangan itu, jangan sampai ada kesan PDAM Tirtanadi jadi ATM berjalan," seru Otti. (art/drc)

Editor: admin

T#g:BUMD Sumutipa martubungkejati sumutkorupsi ipa martubungPDAM Tirtanadi
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Jul 2018 01:30

    Kodrati Berhasil Kumpulkan 133 Kantong Darah

    Sebanyak 133 kantong darah berhasil dikumpulkan oleh Komunitas Donor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, bekerjasama dengan PMI Unit Transfusi Darah (UTD) Medan.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:03

    PDAM Tirtanadi Bersama Wartawan Berbagi Takjil Depan Kantor

    PDAM Tirtanadi Sumut bersama dengan wartawan menggelar kegiatan membagikan takjil berbuka puasa kepada masyarakat yang berpuasa di bulan suci ramadhan, Jumat 8 Juli 2018, sekira pukul 17:00 WIB.

  • Kamis, 31 Mei 2018 02:47

    Dugaan Korupsi APBD Sergai, Agus Tripriyono Mangkir dari Panggilan Kejaksaan

    Keempat terduga yang dipanggil masing-masing mantan Sekda Haris Fadillah, mantan Kepala BPKAD Agus Tripriyono, mantan Bendahara Koko dan Kepala BPKAD Sergai Gustian.

  • Minggu, 20 Mei 2018 07:09

    Untuk SKPD dan BUMD, KPK Periksa Orang Dekat Mantan Gubsu

    Pemeriksaan JAS akan dilakukan di Mako Brimob Sumut, Jalan Wahid Hasyim, Medan, mulai pukul 09.00 WIB, dengan surat panggilan bernomor: SPGL/3139/DIK.01/00/23/05/2018.

  • Minggu, 20 Mei 2018 06:25

    Para Mantan Petinggi Pemkab Sergai Diperiksa Jaksa

    Para mantan petinggi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai), Senin 21 Mei 2018, dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir