Bank Sumut

Polda Sumut Terima Dugaan Korupsi DPRD Deliserdang

Jumat, 29 Nov 2019 16:17
Dibaca: 219 kali
drberita/istimewa
Unjuk rasa GRM di Polda Sumut
DRberita | Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat dan Mahasiswa (GRM) Sumatera Utara melakukan aksi unjuk rasa di depan Markas Polda Sumut, Kamis 28 November 2019.

Massa meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus dan Direktur Kerimsus Kombes Pol Rony Samtama agar segera memeriksa dugaan korupsi pekerjaan konstruksi rehab dan peningkatan ruangan pimpinan DPRD Deliserdang yang dikerjakan oleh PT. Requel Membangun Bersama senilai Rp 4.500.000.000 tahun 2018.

"Kami meminta Kapolda dan Direktur Kermsus Polda Sumut segera memeriksanya, dimana berdasarkan dengan temuan kami pada kegiatan tersebut diduga syarat korupsi dengan cara mengurangi anggaran yang terdapat pada bestek kegiatan atau markUp. Sehingga kami menilai pekerjaan itu berpotensi merugikan keuangan negera puluhan miliar," ungkap Koordinator Aksi Sangkot Simanjuntak.

Kemudian, Ketua Umum Forum Diskusi Mahasiswa Sumatera Utara (FORDISMASU) Awaluddin Nasution juga menyampaikan bahwa dugaan korupsi pembangunan gedung Pimpinan DPRD Deliserdang yang dikawal oleh TP4D Kejaksaan Negeri Deliserdang, sangat terstruktur dan terencana dikarenakan bangunan tersebut dinilai tidak sesuai dengan RAB yang menjurus kepada pelanggan peraturan perundang-undangan demi meraup keuntungan dari pembangunan.

"Pembangunan rehab gedung Pimpinan DPRD Deliserdang dikawal oleh TP4D Kejaksaan Negeri, namun sesuai dengan indikasi temuan kami di lapangan, pada bangunan tersebut kami nilai tidak sesuai dengan RAB," ungkap Awaluddin Nasution.

Menurut Awalluddin, mereka yakin dan percaya Kapolda Sumut Irjen Pol Agus dapat secepatnya mengungkap kasus dugaan korupsi yang dikerjakan PT. Requel Membangun Bersama. Karena pekerjaan itu diduga telah menjurus terhadap kerugian keuangan negara.

Setelah berorasi satu jam lebih, perwakilan Humas Polda Sumut R. Samosir mendatangi pengunjukrasa dan berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut langsung ke pimpinan.

"Terima kasih kepada rekan-rekan yang tergabung dalam Koalisi Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Sumatera Utara yang datang ke Mapoldasu ini. Penyampaian dugaan tindak pidana korupsi di DPRD Deliserdang yang diduga menyebabkan kerugian keuangan negara ini," ungkap R. Samosir.

"Saya yang memiliki pimpinan, berjanji akan saya sampaikan langsung kepada Bapak Kapolda agar kasus dugaan korupsi ini segera dilakukan pemeriksaan, dan apabila ditemukan adanya indikasi korupsi maka kami dari pihak kepolisian akan segera melakukan penindakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," sambung Samosir. (art/drc)

Editor: admin

T#g:DPRD Deliserdangdugaan korupsi dprd deliserdangkorupsi apbdpolda sumut
Berita Terkait
  • Senin, 02 Des 2019 15:21

    Azhar Harahap Diduga Terima Fee Proyek Rp300 Juta: Isron Bantah

    Azhar Harahap diduga terima fee Rp300 juta dari proyek Pekerjaan Langsung (PL) Dinas Pertanian Sumut, pada APBD tahun 2019. Dugaan suap itu terjadi sekira bulan Mei 2019.

  • Senin, 02 Des 2019 13:57

    Setiap Tahun Dianggarkan, Proyek Irigasi Balakka Sitongkon Diduga Jadi Ajang Korupsi

    Proyek irigasi ini masuk APBD Dinas SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut. Pekerjaan perawatan irigasi ini berbiaya miliaran rupiah setiap tahun. Namun fisik pekerjaan yang dihasilkan tidak berdampak positif kepada masyarakat.

  • Senin, 18 Nov 2019 00:34

    Dugaan Korupsi UIN Sumut: OMMBAK Akan Demo di Mabes Polri

    Supervisi KPK ke Polda Sumut dalam penanganan kasus dugaan korupsi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara sepertinya tidak berjalan maksimal. LSM OMMBAK berencana akan melakukan aksi unjuk rasa di Mabes Polri.

  • Kamis, 07 Nov 2019 18:55

    Mahasiswa Desak Kajatisu Tangkap Kepala BPBD Padang Lawas

    Aktivis mahasiswa desak Kajatisu Fachruddin Siregar segera menangkap Kepala BPBD Kabupaten Padang Lawas Hamka Harahap dalam kasus dugaan korupsi pembangunan bantaran Sungai Sosa Hilir.

  • Selasa, 29 Okt 2019 01:48

    Massa GAM Sumut Demo Dugaan Korupsi Rehab SDN ke Dinas PKP2R Kota Medan

    Massa menyampaikan beberap poin tentang temuan dugaan korupsi atas pekerjaan yang bersumber dari APBN dan APBD Kota Medan sesuai dengan temuan dari hasil investigasi yang dilakukan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir