Bank Sumut
  • Home
  • Kerah Putih
  • Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut Kirim Hak Jawab

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut Kirim Hak Jawab

Sabtu, 06 Jan 2018 01:23
Dibaca: 843 kali
drberita/istimewa
Surat Hak Jawab
DINAMIKARAKYAT - Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Pemprov Sumut Ilyas Sitorus SE, M.Pd mengirim surat Hak Jawab atas pemberitaan di media online Dinamika Rakyat Berita (drberita.com), Jumat 5 Januari 2018.

Surat bernomor: 06/BHK/I/2018, Sifat: Penting, Lampiran: Berkas, Perihal: Hak Jawab atas Pemberitaan Dinamika rakyat Berita.

Ditujukan Kepala Yth. Pimpinan Redaksi Dinamika Rakyat Berita di Medan.

Berikut isi Hak Jawab;

Dengan hormat, sehubungan dengan pemberitaan di media elektronik (online) Dinamika Rakyat Berita dengan alamat drberita.com pada hari Rabu 03 Januari 2018 pukul 23:15 di halaman Kerah Putih, judul "Rekaman Staf Humas Pemprov Sumut Peras Kepala Dinas Beredar" link http://drberita.com/kerahputih/Rekaman-Staf-Humas-Pemprov-Sumut-Peras-Kepala-Dinas-Beredar. Pemberitaan tersebut tidak benar, tidak sesuai fakta, mengandung unsur fitnah, menghakimi,tendensius sehingga merusak nama baik Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada umumnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka dengan ini atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kami melayampaikan Hak jawab sekaligus Hak Koreksi atas pemberitaan dimaksud sebagaimana dijamin dalam Pasal 5 Ayat 2 dan 3 Undang Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, dengan perincian sebagai berikut:

1. bahwa berita tersebut secara keseluruhan, baik dari judul dan isi, mengandung informasi yang tidak benar, tidak sesuai fakta, mengandung unsur fitnah, menghakimi,serta tendensius.

2. Berita tersebut telah membentuk opini negatif yang berdampak buruk terhadap kredibilitas dan kapasitas Saya sebagai Kepala Biro berserta seluruh staf Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, maupun organisasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang saat ini sedang berupaya untuk melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik.

3. Beberapa keberatan atas pemberitaan tersebut adalah sebagai berikut;

3.1 Judul Berita; "Rekeman Staf Humas Pemprov Sumut Peras Kepala Dinas Beredar" tidak seuai dengan isi berita dimana dari judul tersebut dapat dimaknai bahwa terdapat rekaman staf Humas Pemprov Sumut yang melakukan pemerasan terhadap kepala dinas dan rekaman dimaksud sudah beredar luas. namun dalam isi berita tidak ada satupun kalimat yang menyatakan makna dan maksud yang sama dengan judul. Apalagi karakteristik pembaca media online adalah pemabaca dengan tipe pembaca judul (Headline Reader) dimana pembaca hanya membaca judul berita atau headline dan mengambil kesimpulan dari judul yang dibacanya tanpa mau bersusah payah untuk menelusuri isi berita selengkapnya, Maka dengan itu judul berita yang dimuat sudah sangat menyesatkan dan merugikan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu khususnya dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada umumnya.

3.2 Pada alinea pertama tertulis; "Seorang staf di Biro Humas dan Protokolan Pemprov Sumut menjadi pembicaraan para wartawan karena ketahuan memeras sejumlah kepala dinas dengan modus biaya temu pers". Kata persa/memeras sangat tidak pantas untuk dituliskan.

Selaku pimpinan, Saya telah mengklarifikasi pada seluruh staf di Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, tudingan yang ditulis dan tersebar di drberita.com tidak benar adanya.

Kemudian kata "ketahuan memeras sejumlah kepala dinas..." Saya juga membutuhkan klarifikasi lebih lanjut, siapa kepala dinas yang dimaksud dan siapa Staf Humas yang melakukan tindakan tersebut?

3.3 Pada alines kedua; "hal itu diketahui dari rekaman suara kepala dinas yang mengakui dirinya dimintai uang oleh seorang staf Biro Humas dan Protokolan Pemprov Sumut" Dalam penulisan berita berikutnya, tidak dijelaskan

atau disertakan isi rekaman maupun kutipan rekaman suara kepala dinas yang mengakui bahwa dirinya dimintai uang oleh seorang staf Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu. Dengan demikian kami meragukan rekaman dan kebenaran pernyataan kepala dinas yang disebutkan pada kalimat di alinea kedua tersebut.

3.4 Pada alinea keliama; "kelakuan staf humas itu sudah tercium sejak 3 bulan lalu. Tidak hanya satu atau dua orang kepala dinas yang menjadi korban, namun hampir seluruh kepala dinas yang melaksanakan temu pers di Kantor Gubsu menjadi korban". Kalimat yang dibangun dalam berita tersebut sangat tendensius dan menggiring pembaca pada opini tidak benar yang diciptakan penulis. Dampak lainnya adalah opini yang menyesatkan ini telah menimbulkan kegaduhan dan saling curiga di antara staf di lingkungan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu.

Bahwa kalimat yang meyatakan; "hampir seluruh kepala dinas yang melaksanakan temu pers di Kantor Gubsu menjadi korban" perlu pembuktian yang jelas sehingga tidak mengarah kepada fitnah dan merusak reputasi staf dan pejabat di lingkungan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu.

3.5 Pada alinea keenam; "Dalam remakan tersebut kepala dinas yang diperas mengaku uang yang dimintas atas perintah Kepala Biro Humas dan Protokolan Ilyas Sitorus". Pernyataan ini sangat merugikan Saya dan juga

instansi yang saya pimpin, karena telah terbentuknya opini negatif akibat telah tersebarnya berita tersebut. Apalagi link berita di atas telah dibagikan melalui media sosial dan jejaring sosial berbasis aplikasi

chatting oleh Sdr. Arif Tampubolon.

4. Berdasarkan poin yang disampaikan di atas, Penanggungjawab Redaksi Dinamika Rakyat Berita, agar menindaklanjuti protes sekaligus hak jawab/hak koreksi, yaitu;

4.1 Segera memuat hak jawab/hak koreksi yang kami sampaikan ini dalam halaman yang sesuai dengan pemuatan berita.

4.2 Membuat pernyataan permohonan maaf yang dimuat di halaman depan/beranda/home lama drberita.com selama 1 (satu) bulan berturut-turut.

4.3 meminta redaksi/penanggungjawab untuk mencabut berita yang tersimpan di server

drberita.com sesuai link http://drberita.com/kerahputih/Rekaman-Staf-Humas-Pemprov-Sumut-Peras-Kepala-Dinas-Beredar, untuk selamanya.

4.4 Membagikan pernyataan hak jawab/hak koreksi serta pernyataan permohonan maaf ini ke media sosial dan jejaring sosial berbasis aplikasi chatting, sebagaimana berita sebelumnya, yang kami ketahui telah sengaja

disebarkan oleh Sdr. Arif Tampubolon.

4.5 Jika hak jawab/hak koreksi dan permintaan maaf ini tidak dimuat, maka kami akan menindaklanjutinya dengan membuat pengaduan melalui jalur hukum.

Demikian hak jawab tersebut kami sampaikan, kiranya penanggungjawab redaksi Dinamika Rakyat Berita dapat memperhatikannya.

a.n gubernur Sumatera Utara, Plt. Sekretaris Daerah Provinsi u.b Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus SE, M.Pd Pembina Tk.I NIP. 19670119 198803 1 002.

Tembunsan disampaikan kepada/Yth:

1. Bapak Gubernur Sumatera Utara (Sebagai Laporan)

2. Ibu Wakil Gubernur Sumatera Utara (sebagai laporan)

3. Ketua Dewan Pers Indonesia

4. Bapak Plt. Sekretaris Daerah Provinsi

5. Pertinggal.


(redaksi)

Editor: admin

T#g:ilyas sitoruskantor gubsuPemprov Sumut
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Jan 2018 14:10

    Kasus Dugaan Korupsi IPA Martubung: Kejatisu Salahkan BPKP

    Sepertinya Kejati Sumut menyalahi BPKP yang terlalu lama memberikan laporan hasil audit kerugian negara yang terjadi pada pembangunan IPA Martubung PDAM Tirtanadi.

  • Kamis, 18 Jan 2018 13:52

    Kasus Dugaan Korupsi IPA Martubung Sudah Gelar Perkara, Tapi Belum Ada Tersangka

    Dalam kasus ini Kejari Cabang Belawan telah memanggil dan memeriksa sejumlah saksi di antaranya Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution dan Direktur Administrasi dan Keuangan Arif Haryadian.

  • Senin, 15 Jan 2018 22:57

    Tengku Erry Bersyukur Miliki Ibu Bertuah

    Kedua pemimpin itu mantan Gubsu Almarhum Tengku Rizal Nurdin dan Gubsu Tengku Erry Nuradi, sehingga dapat dikatakan ibu Hj Tengku Rafiah merupakan ibunda Sumatera Utara.

  • Kamis, 11 Jan 2018 23:42

    Papan Bunga Dukungan dan Simpatik Terus Berdatangan ke Kantor Gubernur Sumut

    Papan bunga yang berdatangan berasal dari berbagai elemen masyarakat, para relawan dan simpatisan PATEN, sebagai ungkapan rasa terima kasih atas dedikasi Tengku Erry Nuradi sebagai Gubernur Sumatera Utara, yang tidak ikut pilgubsu 2018.

  • Kamis, 11 Jan 2018 02:39

    Ini Anggaran Proyek IPA Martubung Yang Diselidiki Kejaksaan

    Sudah tujuh tahun lebih proyek pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Martubung berlalu. Saat ini kasus dugaan korupsinya ditangani oleh Kejari Cabang Belawan.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir