Bank Sumut

Kena OTT KPK, Partai Nasdem Pecat Bupati Mesuji

Kamis, 24 Jan 2019 16:04
Dibaca: 222 kali
ilustrasi
Bendera Partai Nasdem.
DINAMIKARAKYAT - Bupati Mesuji Khamami terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK diduga berkaitan transaksi suap proyek infrastruktur di kabupaten itu. Kader Partai NasDem tersebut segera diberhentikan.

"Kalau terkait OTT, di NasDem itu aturannya jelas, hanya 2 kemungkinan saja, mengajukan pengunduran diri atau diberhentikan partai. Intinya diberhentikan," ungkap Sekjen NasDem Johnny G Plate dikutip detikcom, Kamis 24 Januari 2019.

Soal urusan hukum, Johnny menyebut NasDem menghormati asas praduga tak bersalah. Meski begitu, kebijakan internalnya adalah sanksi pemberhentian bagi kader yang terlibat dalam kasus kejahatan luar biasa, yakni korupsi, narkoba, dan pelecehan seksual terhadap anak.

"Setiap pejabat politik di legislatif dan eksekutif sudah meneken pakta integritas. Mereka menyatakan tahu semua akan 3 hal ini. Jadi kalau yang kena 3 itu, biasanya mengambil inisiatif untuk berhenti daripada diberhentikan," sebut Johnny.

Khamami ditangkap pada Kamis (24/1) dini hari. KPK terakhir kali menyebut ada 10 orang lainnya dari unsur swasta hingga pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mesuji yang turut ditangkap.

KPK menduga ada transaksi haram terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. KPK juga sudah menyita uang di dalam kardus yang diperkirakan sekitar Rp 1 miliar, yang diduga sebagai suap.

Kepastian status hukum yang ditangkap akan diumumkan KPK dalam konferensi pers hari ini. Saat ini status hukum mereka masih sebagai terperiksa.

"Kalau belum keluar dari KPK, maka kami berhati-hati karena berkaitan dengan nama baik. Kalau sudah konpers, kita langsung (berhentikan) tanpa menunggu inkrah. Ada 2 proses pemberhentiannya. Kami menerapkan pakta integritas sama untuk semua kader," tutup Johnny. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: Detik

T#g:bupati mesujikpkpartai nasdem
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Agu 2019 00:33

    Jika Bandit Berhasil Merebut KPK, Dipastikan Badan Antikorupsi Ini Akan Hancur

    Kali ini, entah mengapa, banyak orang kuat yang mengincar posisi komisioner di KPK. Kelihatannya, ada pihak yang sedang bekerja keras untuk menggiring agar pimpinan KPK jatuh ke tangan mereka.

  • Senin, 12 Agu 2019 23:37

    Rompi Oranye KPK Menanti Loe Joe Eng

    Menteri Perdagangan ini sudah tiga kali mangkir dari pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Panggilan terakhir 18 Juli lalu. KPK seakan tidak berdaya.

  • Jumat, 09 Agu 2019 17:07

    Untuk Efek Jera Tindak Pidana Korupsi Hukuman Mati Harus Diperluas

    Perbuatan korupsi tidak menunjukkan angkat penurunan baik dari segi jumlah orang atau pelaku yang melakukan perbuatan perbuatan korupsi, maupun dari segi nilai rupiahnya.

  • Kamis, 08 Agu 2019 11:55

    KPK Tangkap 11 Orang Terkait Impor Bawang Putih, Seorang Kepercayaan Anggota DPR

    Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp 2 miliar. Selain itu dari orang kepercayaan Anggota DPR-RI ditemukan sejumlah mata uang asing berupa USD yang masih dalam proses perhitungan dan penelusuran.

  • Rabu, 07 Agu 2019 16:14

    Demo di Kejati Sumut, PMII Minta KPK Periksa Kapoldasu dan Lapangan Barosokai Medan

    Puluhan massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) berunjukrasaa di depan Kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Rabu 7 Agustus 2019, yang meminta KPK mengambil semua dugaan korupsi yang terjadi di Kota Medan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir