Bank Sumut
  • Home
  • Kerah Putih
  • Kadis Kesehatan Sergai Diduga Pecah Paket Untuk Hindari Lelang

Kadis Kesehatan Sergai Diduga Pecah Paket Untuk Hindari Lelang

Oleh: Yudi Lubis
Rabu, 07 Agu 2019 16:55
Dibaca: 353 kali
drberita/istimewa
Kantor Dinas Kesehatan Sergai.
DINAMIKARAKYAT - Kepala Dinas Kesehatan Serdang Bedagai (Sergai) Dr. Bulan Simanungkalit diduga melanggar peraturan pengadaan barang dan jasa terkait pemecahan paket proyek kegiatan kontruksi pemeliharaan gedung dengan tujuan untuk menghindari lelang/tender.

Hal ini ditegaskan Eko Setia Putra Aktifis Pemerhati Kebijakan Pengadaan Umum, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). "Dilarang memecah paket dengan tujuan menghindari lelang," ujar Eko.

Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam hal ini Dr. Bulan Simanungkalit tidak berwenang mencampuri kegiatan pengadaan barang dan jasa. Sebab Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sudah membagi-bagi tugas kewenangan dalam pengadaan.

"Dalam pengadaan, KPA atau PA tugasnya hanya sampai menetapkan ULP (Unit Layanan Pengadaan), dia tidak ada lagi campur tangan proses. Apabila dia ikut (terlibat memerintahkan pemecahan paket), dia ikut bertanggung jawab kalau terjadi kesalahan," sambung Eko.

Menurutnya, untuk mengetahui adanya penyimpangan pada pelaksanaan pengadaan dapat dilakukan dengan melihat kerangka acuan kerja (KAK). "Dalam KAK dipaparkan rencana mengenai paket kegiatan pengadaan," tandasnya.

Diketahui, Dinas Kesehatan Sergai diduga melakukan pemecahan paket proyek kegiatan kontruksi pemeliharaan dedung dengan tujuan untuk menghindari lelang/tender dengan pagu anggaran Rp 500.000.000,- di lokasi yang sama.

Seperti kegitan pemeliharaan Ipal Puskesmas Tanjung Beringin dengan pagu anggaran Rp 198.000.000, renovasi pagar Puskesmas Tanjung Beringin senilai Rp 112.000.000,- dan pemasangan Paving Block serta penimbunan lahan Puskesmas Tanjung Beringin senilai Rp 190.000.000.

Kepala Dinas Kesehatan Sergai Dr. Bulan Simanungkalit sampai saat ini belum bisa terkonfirmasi. Pesan yang dikirim via WhatsApp juga belum dijawab. Ketika didatangi ke kantornya, Dr. Bulan juga sedang berada di luar.

Terpisah Sekretaris Dinas Kesehatan Sergai Dr. Helmi yang dikonfirmasi belum mau menjelaskan. Ia mengaku sedang berada di Kota Siantar. "Sedang berada di Siantar adinda, nanti abang hubungi lagi," jawabnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:apbd sergaibulan simanungkalitdinas kesehatan sergaikantor dinas kesehatan sergaikorupsi apbd
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Agu 2019 19:26

    Sujamrat Amro Tak Sendiri Lagi, Sudah Ada 1 Teman

    Setelah melakukan proses penyidikan yang panjang, Tipikor Polda Sumut menahan Direktur PT Rian Makmur Jaya (RMJ) Junaedi, Senin 19 Agustus 2019 malam.

  • Minggu, 18 Agu 2019 21:09

    Dinas Kesehatan Sergai Rawan Korupsi, Anggaran Swakelola Lebih Besar

    Anggaran swakelola Dinas Kesehatan Sergai tahun 2019 lebih besar dibandingkan dengan anggaran penyedia. Perbedaan jumlahnya dua kali lipat lebih besar dari penyedia.

  • Kamis, 15 Agu 2019 18:29

    Anggaran Rp 32 Miliar, Pintu Toilet DPRD Sergai Jebol

    DPRD Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2019 ini mendapatkan alokasi anggaran dari APBD sebesar Rp 32 miliar. Anggaran sebanyak itu sepertinya tidak cukup. Terbukti pintu toilet gedung jebol tidak juga diperbaiki.

  • Jumat, 09 Agu 2019 15:50

    2 Paket Proyek PUPR Jadi Korban Dinas Kesehatan Sergai

    Proyek pembangunan gudang Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Serdang Bedagai (Sergai) terkesan dipaksakan. Karena proyek tersebut mengorbankan dua aset yang dibangun pada tahun 2017.

  • Rabu, 07 Agu 2019 17:40

    Dinas Perikanan Asahan Banyak Proyek PL, Tak Ada Tender

    Total kegiatan di Dinas Perikanan Asahan, untuk penyedia ada sebanyak 197 di antaranya 98 pengadaan langsung (PL), 3 E-Perchusing dan untuk swakelola sebanyak 96.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir