Bank Sumut
  • Home
  • Kerah Putih
  • KPK Tangkap 11 Orang Terkait Impor Bawang Putih, Seorang Kepercayaan Anggota DPR

KPK Tangkap 11 Orang Terkait Impor Bawang Putih, Seorang Kepercayaan Anggota DPR

Kamis, 08 Agu 2019 11:55
Dibaca: 281 kali
drberita/istimewa
Basaria Panjaitan.
Bobby Nasution Center
DINAMIKARAKYAT - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap 11 orang terkait rencana impor bawang putih ke Indonesia.

"Ya benar, sejak Rabu malam hingga pagi ini, KPK telah membawa total 11 orang ke Gedung KPK untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," ujar Ketua KPK Bidang Penindakan Basaria Panjaitan, Kamis 8 Agustus 2019.

Mereka diamankan kata Basaria, sebagai bagian dari kegiatan tangkap tangan di Jakarta dalam 2 hari ini. 11 orang itu terdiri dari unsur swasta pengusaha importir, supir dan orang kepercayaan Anggota DPR-RI, supir dan pihak lain.

"KPK sebelumnya menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia. Setelah kami cek di lapangan, diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan," kata Basaria.

Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp 2 miliar. Selain itu dari orang kepercayaan Anggota DPR-RI ditemukan sejumlah mata uang asing berupa USD yang masih dalam proses perhitungan dan penelusuran.

"Perkembangan penanganan perkara ini akan kami informasikan kembali melalui Konferensi Pers. KPK diberikan waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status perkara ini, apakah ditingkatkan ke penyidikan dan siapa saja yang menjadi tersangka," jelas Basaria. (art/drc)

Editor: admin

T#g:basaria panjaitanbawang putihkpk
Berita Terkait
  • Jumat, 24 Jan 2020 23:09

    Akhirnya, KPK Periksa Sekjen PDI Perjuangan

    Pemeriksaan itu terkait sumber uang Rp 400 juta yang diterima Komisioner KPU Wahyu Setiawan, terkait kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019-2024.

  • Kamis, 23 Jan 2020 16:25

    Komisi III: Kemenkumham Berpotensi Dijerat Pasal 'Obstruction of Justice'

    Yasonna berkata Harun belum berada di Indonesia hingga 16 Januari 2020. Namun, enam hari berselang, Ronny menyampaikan bahwa Harun telah tiba kembali di Indonesia sejak 7 Januari 2020 sehari setelah bertolak ke Singapura.

  • Kamis, 23 Jan 2020 09:42

    KPK Gak Mau Respon ICW: Yang Penting Kerja

    Indonesia Corruption Watch (ICW) menuding pimpinan KPK dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyebarkan hoax terkait tersangka kasus suap politikus PDI Perjuangan Harun Masiku.

  • Selasa, 21 Jan 2020 19:17

    Ketua KPK Dapat Kritikan dari Mantan Komisioner

    Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mendapat kritikan dari mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto. Ia menyebut bahwa yang seharusnya 'digoreng' bukanlah nasi, melainkan koruptor.

  • Selasa, 21 Jan 2020 18:25

    KPK Tunggu Laporan JPU Untuk Kembalikan Uang Sitaan dari Ruang Kerja Mantan Menag

    Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengaku masih menunggu laporan Jaksa Penuntut Umum KPK terkait putusan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir