Pilgubsu 2018

KPK Diminta Sadap Proses Pengadaan Logistik Pilgubsu

Oleh: Muhammad Artam
Rabu, 17 Jan 2018 04:27
Dibaca: 464 kali
drberita/istimewa
Gedung KPK
DINAMIKARAKYAT - Ketua Umum DPP Gerakan Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara (GAMSU) Ali Muksin meminta KPK melakukan penyadapan terhadap proses pengadaan logistik pelaksanaan pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) tahun 2018.

"Baik itu pengadaan alat peraga, kertas suara, baliho, spanduk, kota suara dan lain sebagainya harus disikapi, KPK harus menyadap proses pengadaannya mulai dari rencana sampai selesai tendernya," ujar Ali kepada wartawan di kawasan MMTC, Medan, Selasa 16 Janurai 2018.

Diketahui, pelaksanaan pilgubsu 2018 mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Sumut sebesar Rp1,2 triliun, untuk KPU, Bawaslu dan tim keamanan.

Penyelenggara pilgubsu khususnya KPU harus mampu bersikap jujur melaksakan tugas yang telah diamanatkan oleh undang-undang. Namun demikian, Ali masih mencurigai adanya oknum-oknum tertentu yang ingin mencari keuntungan pribadi dalam proses pengadaan logistik pilgubsu.

"Istilah ada proyek ada korupsi, sudah rahasia umum. Proses tender pengadaan barang dan jasa memang sudah menggunakan sistem online, tetapi kita berharap KPK tetap melaksanakan penyadapan pada proses pengadaan logistik pilgubsu, kita ingin pilgubsu tidak tercedarai oleh perbuatan-perbuatan melawan hukum yang merugikan rakyat Sumatera Utara," terangnya.

Ali menyarankan agar KPK menyadap oknum-oknum yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa di KPU Sumut, khususnya pengguna anggaran (PA) atau kuasa pengguna anggaran (KPA), serta kelompok kerja (pokja) pengadaan barang dan jasa logistik pilgubsu.

"Anggaran yang besar bisa membuat orang berubah fikiran. Kita bukan menuduh, kita hanya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Permain fee sudah kita ketahui selalu kerap terjadi pada proyek pengadaan barang dan jasa, mulai anggaran yang kecil apalagi anggaran yang besar," tandasnya.

Dengan penyadapan yang dilakukan KPK, Ali menyakini oknum-oknum yang berniat mencari keuntungan pribadi dalam proses pengadaan barang dan jasa logistik pilgubsu tidak akan berani.

"Harapan kita KPK mau melakukan penyadapan demi pelaksaan pilgubsu yang jujur," serunya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:apbd sumutBawaslu Sumutkorupsi apbdkpkKPU Sumutpilgubsu 2018
Berita Terkait
  • Minggu, 20 Mei 2018 08:41

    77 Gedung SD di Kota Medan Diduga Jadi Ajang Korupsi

    Sebanyak 77 gedung Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan, diduga jadi ajang korupsi oknum Dinas Pendidikan dan petinggi Pemko Medan, dengan total anggarannya sebanyak Rp 15,027 miliar.

  • Minggu, 20 Mei 2018 07:41

    Sihar dan Ondim Hadir Dipembukaan Kejuaraan Catur Piala Gubernur Sumut

    Hadir Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto, Walikota Medan Dzulmi Eldin, anggota DPR RI Sofyan Tan, Sihar Sitorus, Syah Affandi alias Ondim, para pecatur Sumut dan nasional serta undangan.

  • Minggu, 20 Mei 2018 07:09

    Untuk SKPD dan BUMD, KPK Periksa Orang Dekat Mantan Gubsu

    Pemeriksaan JAS akan dilakukan di Mako Brimob Sumut, Jalan Wahid Hasyim, Medan, mulai pukul 09.00 WIB, dengan surat panggilan bernomor: SPGL/3139/DIK.01/00/23/05/2018.

  • Minggu, 20 Mei 2018 06:25

    Para Mantan Petinggi Pemkab Sergai Diperiksa Jaksa

    Para mantan petinggi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai), Senin 21 Mei 2018, dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

  • Sabtu, 19 Mei 2018 00:34

    Polda Sumut Tetapkan Mantan Bupati Tapteng Jadi Tersangka

    Penetapan tersangka tersebut berdasarkan laporan Joshua Maruduttua Habeahan pada 30 april 2018. Joshua melaporkan Sukran dan Amirsyah Tanjung yang merupakan saudara kandung.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir