Bank Sumut

KPK Cekal Makte, Saksi Kasus Suap Walikota Medan

Jumat, 29 Nov 2019 15:28
Dibaca: 344 kali
drberita/istimewa
Gedung Merah Putih KPK.
Bobby Nasution Center
DRberita | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, menyekal seorang saksi kasus suap proyek dan jabatan Walikota Medan Dzulmi Eldin ke luar negeri.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan penyekalan atau pelarangan ke luar negeri tersebut ditujukan kepada seorang pengusaha swasta yang menjadi saksi dalam kasus suap Walikota Medan, atas nama Farius Fendra alias Makte.

"Pelarangan ke luar negeri selama 6 bulan ke depan terhitung sejak 28 November 2019," ujar Febri, Jumat 29 November 2019.

Pelarangan ke luar negeri tersebut dilakukan untuk kebutuhan penyidikan Walikota Medan Dzulmi Eldin, agar sewaktu-waktu dipanggil sebagai saksi Makte tidak berada di luar negeri.

Sejauh ini KPK sudah menyekal dua orang saksi, setelah sebelumnya anggota DPRD Sumatra Utara dari Faksi Partai Golkar Akbar Himawan Buchari, sejak 5 November 2019 lalu.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan Walikota Medan Dzulmi Eldin, Kadis PU Medan Isa Ansyari dan Kasubbag Protokoler Pemko Medan Syamsul Fitri Siregar sebagai tersangka.

KPK juga berencana akan memanggil seluruh anggota DPRD Medan periode 2014-2019 untuk penyidikan kasus suap Walikota Medan Dzulmi Eldin. (art/drc)

Editor: admin

T#g:dzulmi eldinkpkott walikota medansuap walikota medan
Berita Terkait
  • Jumat, 17 Jan 2020 19:19

    Pertama Sejak Berdiri, KPK Gelar Rekonstruksi Kasus OTT di Medan

    Rekonstruksi KPK ini bertujuan untuk melengkapi berkas perkara dan mengetahui gambaran peristiwa Operasi Tangkap Tangan (OTT) suap Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Kadis PU Isa Ansyari.

  • Jumat, 17 Jan 2020 18:52

    Kata Jokowi KPK Tidak Lemah

    Bagi Jokowi, dua operasi tangkap tangan (OTT) pada awal tahun ini terhadap Bupati Sidoarjo Saeful Ilah dan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, menjadi bukti KPK masih bekerja sebagaimana mestinya.

  • Jumat, 17 Jan 2020 12:28

    Syamsul Fitri Bersikukuh Diperintah Walikota Medan

    Mendengar itu, Ketua Majelis Hakim Abdul Azis maupun Jaksa KPK menanyakan, kalau bersisa sebesar Rp180 juta kenapa membengkak sampai Rp900 juta, lalu uang yang digunakan itu apakah berasal dari Dinas Perhubungan dan BP2RD sajakah?

  • Jumat, 17 Jan 2020 12:13

    Ayah Saksi, Mahyudi Terkejut Ada Transfer Rp200 Juta Masuk Rekening dari Isa Ansyari

    Dalam menutupi proses penyetoran uang untuk biaya perjalanan dinas tersangka Walikota Medan Dzulmi Eldin ke Jepang yang berasal dari Kadis PU Isa Ansyari, saksi menggunakan rekening orang tuanya.

  • Jumat, 17 Jan 2020 11:25

    Pengkuan Iswar, Suherman dan Emilia di Pengadilan Tipikor Medan

    Saksi di antaranya Kadis Perhubungan Iswar Lubis, Kadis BP2RD Suherman dan Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis bersama sembilan orang saksi lainnya yang hadir dalam persidangan terdakwa Kedis PU Isa Ansyari.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir