Bank Sumut
  • Home
  • Kerah Putih
  • Jaksa Curiga Anggaran Swakelola Dinas Pendidikan Tapsel Jadi Ajang Korupsi

Jaksa Curiga Anggaran Swakelola Dinas Pendidikan Tapsel Jadi Ajang Korupsi

Minggu, 27 Okt 2019 16:46
Dibaca: 448 kali
ilustrasi
Anggran swakelola Dinas Pendidikan Tapsel.
Bobby Nasution Center
DRberita | Sebanyak 262 kegiatan swakelola di Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) diduga menjadi ajang korupsi berjemaah. Jumlah anggaran swakelola tersebut sebesar Rp 26,8 miliar bersumber dari APBD tahun 2019.

Demikian disampaikan Ketua LSM Jaringan Keadilan Nusantara (Jaksa) Syawal Harahap dalam keterangan persnya kepada wartawan di Medan, Minggu 27 Oktober 2019.

"Jumlahnya ini berbanding terbalik untuk kegiatan penyediaan pada APBD Dinas Penidikan Tapsel, sebesar Rp 4,4 miliar. Dugaan korupsi sangat mungkin terjadi," ungkap Syawal Harahap.

Kadis Pendidikan Tapsel Amros Karangmatua dan mantan kadis Ahmad Ibrahim Lubis, lanjut Syawal, sepertinya tidak memahami tufoksinya dalam mengelola anggaran. Besarnya jumlah anggaran swakelola yang dikerjakan oleh ASN akan cendrung akan terjadi tindak pidana korupsi.

"Jika kadis dan mantan kadisnya pro antikorupsi, semaksimalnya harus dilakukannya kegiatan penyedia lebih besar anggarannya. Sebaliknya, anggaran kegaiatan swakelola yang dibuatnya sangat besar. Ini patut dicurigai ada niat perbuatan dugaan korupsi," papar Syawal.

Total anggaran untuk kegiatan penyedia sebesar Rp 4.496.000.000 dengan jumlah kegiatan 120, untuk kegiatan swakelola sebesar Rp 26.893.000.000 dengan jumlah kegiatan 142. Keseluruhan kegiatan ada 262 dengan total anggaran Rp 31.389.000.000.

"Harapan kita Polda dan Polres setempat segera menyelidiki kegiatan swakelola yang ada di Dinas Pendidikan Tapsel. Dugaan tindak pidana korupsi sangan berpotensi terjadi pada kegiatan swakelola," tandasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:anggaran swakelolaapbd tapselDinas Pendidikandinas pendidikan tapseldisdik tapsel
Berita Terkait
  • Jumat, 07 Feb 2020 11:30

    Angka Putus Sekolah di Medan Utara Tergolong Tinggi

    Kegiatan yang digagas tokoh muda Kota Medan Bobby Nasution ini mengangkat tema 'Meneropong Pendidikan Anak Nelayan Tradisional' di Kota Medan.

  • Minggu, 02 Feb 2020 23:23

    Gubsu Baiknya Copot Jabatan Plt Arsyad Lubis di Dinas Pendidikan Sumut

    Sejak Agustus 2019, pascapelantikan 7 pejabat eselon 2, Pemprovsu sampai saat belum ada lagi membuka lelang. Dimana Komite Aparatur Sipil Negeri (KASN) dikabarkan tidak memberikan izin lelang sampai batas waktu tidak ditentukan.

  • Kamis, 23 Jan 2020 01:11

    Langgar Permendikbud & Pergub: Kepala SMA Negeri 8 Medan Terancam Sanksi

    LAHP tersebut diserahkan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar dan diterima langsung Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Arsyad Lubis, Rabu 22 Januari 2020, di ruang rapat Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

  • Rabu, 20 Nov 2019 01:01

    Ilyas Sitorus: Guru Sangat Perlu Miliki Pemahaman Pendekatan Potensi Siswa

    Salah satu tujuan penting pembelajaran adalah untuk mengembangkan potensi siswa. Dari sekian banyak potensi, kreativitas merupakan potensi yang sangat penting dalam hidup mereka kelak.

  • Jumat, 01 Nov 2019 01:16

    FMA Minta Polda Sumut Usut Tuntas Kegiatan Swakelola Dinas Kesehatan Asahan

    Kegiatan swakelola puluhan miliar di Dinas Kesehatan Asahan kini menjadi sorotan sejumlah elemen masyarakat. Ada dugaan kegiatan tersebut mejadi ajang korupsi berjemaah yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir