Bank Sumut

JMM Minta Polda Sumut Periksa Iwan Zulhami

Rabu, 15 Jan 2020 18:20
Dibaca: 269 kali
drberita/istimewa
Demo JMM di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara
Bobby Nasution Center
DRberita | Jaringan Masyarakat Mandiri (JMM) berunjukrasa di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera utara, Rabu 15 Janauari 2020. Kehadiran massa JMM bermaksud meminta Kakanwil Kemenag Sumut Iwan Zulhami segera mundur dan muhasabah diri.

"Selain itu, JMM juga meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memeriksa dan penjarakan Iwan Zulhami yang diduga mempunyai deretas kasus korupsi dan pungutan liar di Kemenag Sumut serta sejumlah dugaan perilaku diskriminasi lainnya," kata Korlap Khaidir.

Menurut Khaidir, sangat perlu diperhatikan dan dikaji ulang persoalan dugaan korupsi, Pungli (Pungutan Liar) dan beberapa kejahatan lainnya di tubuh Kementerian Agama Wilayah Sumatera utara, yang diduga kuat dikomandoi oleh Irwan Zulhami.

Seperti yang kami sebutkan di atas, kata Khaidir, ada beberapa dugaan peristiwa "strafbaar feit" di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara yang harus dituntaskan.

Pertama, dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Kakanwil Kemenag Sumut Irwan Zulhami. Pasalnya diduga melakukan kutipan terhadap pejabat Kemenag Sumut yang ingin dirotasi posisinya dengan memberi mahar bekisar ratusan juta rupiah, yaitu dimulai Rp 150.000.000 hingga Rp 300.000.000.

"Kedua, adanya dugaan jual beli jabatan kepala sekolah. Bagaimana mungkin, mutu pendidikan islam di Sumatera Utara ini berkelangsungan dengan baik apabila dikotori dengan tindakan yang tidak terpuji dari pejabat yang mengeluarkan keputusan bukan berdasarkan kualitas namun diduga kuat dengan nominal," sambung Kordinator Aksi Imam dalam orasinta.

"Hal tersebut terjadi pada peristiwa dugaan jual beli kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan dan Madrasah Tsanawiyah Binjai," sambungnya.

Ketiga, yang sangat kontroversi terjadi pada Kementerian Agama Republik Indonesia ini terjadi pada dugaan pungli pada siswa/i Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah serta lembaga swasta islam lainnya di Sumatera utara.

"Diduga kuat Iwan Zulhami memiliki mental "buruk" yang memanfaatkan posisinya sebagai pimpinan di Kementerian Agama Wilayah Sumatera Utara. Diduga setiap kalinya rapat korwil Kemenag Sumut, Iwan Zulhami selalu melontarkan ancaman pada jajarannya yang membuat perilakunya ini terbilang diskriminasi," kata Khaidir kembali.

Dan ironisnya, kata Khaidir, Iwan Zulhami pernah menajalani hukuman penurunan pangkat, namun diangkat kembali menjadi pimpinan di instansi yang bernuansa suci ini.

"Maka dengan beberapa temuan tersebut, JMM menduga bahwa telah terjadi tindak pidana korupsi dan pungli di Kementerian Agama Wilayah Sumut," sambung Imam.

Seharusnya dugaan korupsi di Kanwil Kemenag Sumut ini sudah lama dituntaskan. Namun hingga saat ini dugaan korupsi tersebut belum menemui titik terang.

"Maka dengan itu, dengan sentuhan dingin dan ketegasan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin dapat membongkar kedok di Kementerian Agama Wilayah Sumut," pungkas Ketua Umum JMM Fahrul Harahap.

"JMM akan setia mengawal dugaan korupsi di Kanwil Kemenag Sumut ini hingga tuntas, melaporkan secara resmi dan mengutuk keras Iwan zulhami diduga telah membuat instansi agama ini menjadi ladang keuntungan. Kami Berjanji akan kembali turun pada pekan depan dengan jumlah massa yang lebih banyak sekaligus memberi laporan resmi ke Polda Sumut," sambungnya mengakhiri.

Aksi JMM di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera utara disambut staf humas yang berjanji akan menyampaikan aspirasi massa ke pimpinan. Massa JMM kemudian membubarkan diri dengan tertib setelah selesai beraksi. (art/drc)

Editor: Bornok

Sumber: Pers Rilis

T#g:iwan zulhamijmm sumutkemenag sumutkorupsi kementerian agamapolda sumut
Berita Terkait
  • Rabu, 15 Jan 2020 18:43

    Tipikor Polda Sumut Sudah Tetapkan 3 Tersangka Dugaan Korupsi DBH Labura

    Tipikor Polda Sumut menetapkan tiga tersangka berdasarkan kerugian yang telah dihitung oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatera Utara sebesar Rp 2,9 miliar.

  • Rabu, 15 Jan 2020 17:23

    Tipiter Polda Sumut Selamatkan 6 Ekor Satwa Dilindungi

    Para tersangka diamankan oleh Unit Tindak Pinada Tertentu (Tipiter) Polda Sumut, dipimpin Kompol Wira Prayatna, dari tiga lokasi berbeda, yaitu Kabupaten Deli Serdang, Langkat dan Kota Medan, berikut 6 ekor satwa dilindungi.

  • Senin, 13 Jan 2020 19:28

    Demo JMM: Tuntut Kapolda Sumut Tangkap Kepala Balai Perkeretaapian

    Sebelum bubaran, massa JMM kembali berorasi sebentar, mereka mengingatkan agar Polda Sumut jangan sampai kecolongan atas dugaan korupsi di Balai Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara.

  • Senin, 13 Jan 2020 18:07

    Berlinang Air Mata, Zuraida Ungkap Dirinya Tega Membunuh Suami

    Lokasi pertama yaitu di Warung Everyday, Jalan Arteri Ring Road, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Sunggal. Lebih lanjut, Zuraida mengaku telah meminta cerai, namun Jamaluddin menolak.

  • Kamis, 09 Jan 2020 00:03

    Di Samping Anak, Zuraida Bunuh Suami Dibantu Selingkuhan

    Jauh sebelum bertemu Jefri, yakni pada Maret 2019, Zuraida juga pernah berencana membunuh Jamaluddin, namun tak menemukan eksekutor.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir