Bank Sumut

GMPB Demo Dugaan Korupsi Lukmanul Hakim ke Kejatisu

Selasa, 13 Feb 2018 00:34
Dibaca: 627 kali
drberita/istimewa
GMPB aksi depan kantor Kejatisu
DINAMIKARAKYAT - Kepala Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Lukmanul Hakim diduga terlibat berbagai pusaran kasus korupsi yang menelan biaya anggaran mencapai miliran rupiah.

"Aparat hukum harus segera memanggil dan memeriksa Kadis SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Sumut tersebut," ujar Ketua Gerakan Mahasiswa Peduli Birokrasi (GMPB) Muhammad khoiruddin Hasibuan dalam orasinya depan kantor Kejatisu, Medan, Senin 12 Februari 2018.

Menurutnya, pada 9 Agustus 2016 lalu, anggota DPRD Sumut menemukan sejumlah proyek bermasalah di Sungai Mencirim dan Sungai Bingei yang nilainya mencapai Rp1,4 miliar lebih, diduga tidak tepat sasaran dan bermasalah.

"Ini harus diusut tuntas sampai keakar-akarnya. Pada proyek di Sei Bingei dinilai bermasalah dan tidak sesuai dengan spek dan fungsinya, jauh dari ekspektasi masyarakat. Sehingga Kejatisu harus segera menindaklanjutinya, apalagi hal tersebut adalah merupakan temuan wakil rakyat," tegas Khoruddin

Selain itu ada juga anggaran perkuatan tebing sungai guna pengendalian banjir dan pengamanan sungai pada Sungai Bingei di Kota Binjai sepanjang 100 meter, dengan realisasi biaya sebesar Rp 844.122.000.

Kedua proyek tersebut jika dari total anggaran di Dinas SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Sumut sepertinya anggaran untuk pengamanan dan pengendalian banjir melalui penguatan benteng sungai di Kota Binjai ini masih jauh dari harapan.

"Karena itu, dengan banyaknya persoalan Lukmanul Hakim, kami meminta Gubsu Erry Nuradi segera mencopot Lukman, karena dikhawatirkan nantinya bisa membuat malu Gubsu," ujar Khoruddin.

Massa GMPB mendesak agar dugaan korupsi di Dinas SDA Cipta Karya dan Tata Ruang Sumut segera diusut tuntas oleh kejaksaan.

Ada lagi proyek yang diduga dikorupsi dan merugikan negara tahun 2016 di antaranya prouek pada Wilayah Sungai Nias dengan PT Alles Klar Prima pelaksana senilai Rp 914.375.000 dan proyek  SID peningkatan infrastruktur irigasi pada D.I Padang Garugur kiri/kanan di Kabupaten Padang Lawas Utara seluas 1.050 hektar dengan memakai PT Prima Rancang Kosulindo senilai Rp 425.260.000.

Aksi GMPB akhirnya diterima perwakilan Humas Kejatisu Yesarnold Tarigan dan berjanji akan menyampaikan tuntutan massa kepada atasannya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:apbd sumutdemo kejatisudinas sda cipta karya dan tata ruang sumutkorupsi apbdlukmanul hakim
Berita Terkait
  • Senin, 24 Sep 2018 23:59

    Hati-hati, Aktivis Soroti KUA-PPAS APBD-P Pemprov Sumut

    Kalangan aktivis menengarai rencana penyampaian Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan TA 2018, yang terlambat serta kesepakatannya harus ditandatangani dalam waktu sangat singkat, merupakan salah satu

  • Selasa, 31 Jul 2018 07:07

    Dugaan Kolusi Proyek Pendopo Rumdis Gubsu, MFH: Ok Henry dan Eric Aruan Harus Jujur

    Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz (MFH) meminta OK Henry selaku Kepala Inspektorat dan Eric Aruan selaku Kepala Biro Administrasi Pembangunan, harus jujur dan turut bertanggungjawab.

  • Senin, 30 Jul 2018 10:35

    DPRD Sumut Minta KPK Usut Proyek Pendopo Rumah Dinas Gubernur

    Aroma kolusi itu begitu kentara, saat proses lelang pekerjaan dengan harga penawaran sendiri (HPS) sebesar Rp 6.695.740.000,00 dan pagu Rp 6.696.000.000,00. KPK harus mengusut proyek ini.

  • Senin, 30 Jul 2018 09:12

    Intelijen Kejati Sumut Tangkap DPO Maling Uang Rakyat di Banten

    Tim Intelijen Kejati Sumut yang dipimpin langsing Asintel Kejati Sumut Leo Simanjuntak menangkap DPO terpidana korupsi dari Kejari Langkat dan juga Kejari Pematangsiantar.

  • Jumat, 08 Jun 2018 07:12

    Habis Lebaran Agus Tripriyono Dipanggil Kembali

    Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai Doni Harahap memastikan mantan Kepala BPKAD Pemkab Sergai Agus Tripriyono dipanggil kembali sehabis lebaran idul fitri.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir