Bank Sumut
  • Home
  • Kerah Putih
  • FMA Minta Polda Sumut Usut Tuntas Kegiatan Swakelola Dinas Kesehatan Asahan

FMA Minta Polda Sumut Usut Tuntas Kegiatan Swakelola Dinas Kesehatan Asahan

Jumat, 01 Nov 2019 01:16
Dibaca: 227 kali
drberita/istimewa
Kantor Dinas Kesehatan Asahan.
Bobby Nasution Center
DRberita | Kegiatan swakelola puluhan miliar di Dinas Kesehatan Asahan kini menjadi sorotan sejumlah elemen masyarakat. Ada dugaan kegiatan tersebut mejadi ajang korupsi berjemaah yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

Demikian disampaikan Komandan Satgas Forum Masyarakat Asahan (FMA) Kabupaten Asahan Awi Sakila dalam keterangan persnya kepada wartawan, Kamis 31 Oktober 2019.

Awi meminta Polda Sumut segera mengusut tuntas dugaan korupsi yang terjadi pada kegiatan swakelola di Dinas Kesehatan Asahan.

"Kegiatan swakelola Dinas Kesehatan Asahan ini ada 290 kegiatan dengan total aloksi anggaran Rp 26.032.000.000 untuk tahun 2019. Kita berharap Polda Sumut mau mengusutnya dengan tuntas," katanya.
   
Awi menduga korupsi kegiatan swakelola tersebut dikordinir langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Asahan Aris Yudhariansyah.

"Jika kepala dinas (Aris Yudhariansyah) mendukung pengelolaan anggaran yang transparan, tolong jelaskan ke publik apa saja kegiatan swakelola yang dilaksanakan. Sejauh mana sudah progres kegiatan dan sudah berapa banyak anggaran yang terpakai dari jumlah total anggran Rp 26 miliar itu. Jangan hal ini jadi fitnah publik bagi masyarakat Asahan," serunya.

Polda Sumut, kata Awi, bisa langsung melakukan penyelidikan kegiatan swakelola yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Asahan. Kegiatan swakelola itu sudah jelas tertulis dalam buku APBD, baik itu kegiatan langsung maupun tidak langsung.

Anehnya, lanjut Awi, ada sejumlah kegiatan yang judulnya hampir mirip dengan tujuan kegiatan sama. Tidak itu saja, anggaran yang dipecah dengan bermacam judul kegiatan juga menambah dugaan korupsi semakin jelas terjadi.

"Makanya kita tantang Kadis Kesehatan Aris Yudhariansyah transparan untuk membeberkan. Kita juga meminta Polda Sumut menyelidiki dugaan korupsi ini jika memang terjadi. Jika terbukti, FMA sangat mendukung agar Polda Sumut menangkap siapa saja yang terlibat dalam korupsi kegiatan swakelola tersebut," tegasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:anggaran swakelolaapbd asahanaris yudhariansyahdinas kesehatan asahankegiatan swakelolakorupsi swakelola
Berita Terkait
  • Kamis, 23 Jan 2020 10:46

    Dokter Aris Pastikan Belum Ada Virus Corona di Sumut

    Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menetapkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi penyebaran Novel Corona virus (nCoV) sehubungan dengan mewabahnya penyakit pneumonia di China.

  • Sabtu, 21 Des 2019 00:55

    Bukti Temuan Dugaan Korupsi BOK Dinas Kesehatan Asahan Sampai ke Bupati

    Bukti temuan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan khusus tim Aparatur Penyidik Internal Pemerintah (APIP) Inspektorat Kabupaten Asahan, nomor: 700/01/K tertanggal 13 Maret 2019.

  • Minggu, 27 Okt 2019 16:46

    Jaksa Curiga Anggaran Swakelola Dinas Pendidikan Tapsel Jadi Ajang Korupsi

    Sebanyak 262 kegiatan swakelola di Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) diduga menjadi ajang korupsi berjemaah. Jumlah anggaran swakelola tersebut sebesar Rp 26,8 miliar bersumber dari APBD tahun 2019.

  • Selasa, 15 Okt 2019 11:35

    Faisal Arif: Karena ada 4 bidang yang ditangani

    Anggaran swakelola di APBD 2019 Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deliserdang, kini menjadi sorotan. Jumlahnya lebih besar dari anggaran penyedia.

  • Minggu, 13 Okt 2019 13:59

    Taufik Dinilai Gagal Sebagai Sekda dan Ketua TAPD Pemkab Asahan

    Anggaran swakelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan dalam APBD 2019, terbilang cukup signifikan. Nilainya berbanding terbalik dengan anggaran untuk penyedia. Jumlah anggaran swakelola mencapai ratusan miliar rupiah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir