Bank Sumut
  • Home
  • Kerah Putih
  • Dugaan Korupsi Wakil Bupati Langkat Dilaporkan ke Polda Sumut

Dugaan Korupsi Wakil Bupati Langkat Dilaporkan ke Polda Sumut

Jumat, 03 Mar 2017 01:13
Dibaca: 2.545 kali
drberita/int
Demo dugaan korupsi Wakil Bupati Langkat di Polda Sumut.
DINAMIKARAKYAT - Wakil Bupati (Wabup) Langkat Sulistianto digoyang kasus dugaan korupsi. Dia dituding terlibat kasus dugaan korupsi dana pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Pemkab Langkat tahun anggaran (TA) 2009 lalu.

Forum Diskusi Mahasiswa Sumatera Utara (Fordismasu) membeberkan dugaan korupsi tersebut di depan kantor Polda Sumut, Kamis 2 Maret 2017. Sulistianto diduga terlibat dua kasus miliaran rupiah itu ketika masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Kadisdikjar) Langkat.

"Lemahnya hukum di negara ini semakin membuat koruptor merajalela menggerogoti uang negara. Bahkan, orang yang diduga telah melakukan korupsi saat menjabat kepala dinas, sekarang dengan nyamannya melenggang menjabat wakil bupati. Ini sangat miris, di mana penegakan hukum itu?" ungkap Iqbal Amierhan Sanie, Koordinator Aksi Fordismasu dalam orasinya.


Fordismasu secara tegas mendesak Polda Sumut untuk segera mengusut kedua kasus yang diduga melibatkan orang nomor dua di Pemkab Langkat tersebut.

"Kepolisian menggembar-gemborkan akan menuntaskan semua kasus-kasus yang ada, maka kami meminta Polda Sumut membuktikan itu. Usut ulang kasus dugaan korupsi dana pengadaan ATK dan DAK Disdikjar Langkat tahun 2009, merugikan miliaran rupiah uang negara yang pada saat itu Sulistianto menjabat sebagai kepala dinas," imbuhnya.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menyatakan menampung semua aspirasi dan laporan masyarakat. Tuntutan massa akan dilaporkan ke pimpinan Polda Sumut. "Ya kita tampunglah, akan kita salurkan tuntutannya ke pimpinan," katanya.


Diketahui, kasus dugaan korupsi di Pemkab Langkat bukan itu saja. Kamis 23 Februari 2017 lalu, massa Aliansi Pemuda Mahasiswa Langkat (APMALA) dan Koalisi Masyarakat Pemantau Korupsi (KOMPAK) juga menggeruduk Polda Sumut.

Dalam aksinya, massa meminta Polda Sumut untuk mengusut dugaan mark-up pengadaan buku perpustakaan desa di selurug desa se Kabupaten Langkat sebesar Rp10 juta perdesa, dengan total Rp2,4 miliar.

Selain itu, dugaan korupsi pelatihan pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)/Simpanan Keuangan Desa (Simkeudes) di semua desa di Langkat sebesar Rp15 juta dengan total Rp3,6 miliar.

Kedua dugaan korupsi tersebut bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran (TA) 2015-2016. (art/drc)

Editor: admin

T#g:korupsi apbdkorupsi pendidikanpemkab langkatpolda sumut
Berita Terkait
  • Senin, 07 Okt 2019 12:01

    Apresiasi Polda Sumut: PIB Akan Diskusi Publik Korupsi DBH PBB Labusel & Labura

    Hasil audit BPKP yang telah diterima Polda Sumut semestinya sudah bisa menjadi tolak ukur dan landasan bagi Polda Sumut untuk menetapkan status tersangka Bupati Labusel Wildan Tanjung dan Bupati Labura Khairuddin Syah alias Haji Buyung.

  • Jumat, 13 Sep 2019 00:19

    Pema Sumut Laporkan Dugaan Korupsi Labuhanbatu, Medan dan Sergai

    Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Mahasiswa Sumatera Utara (DPW Pema Sumut) membawa dugaan korupsi yang terjadi disejumlah kabupaten kota ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

  • Rabu, 11 Sep 2019 23:01

    Dugaan Korupsi Rabat Beton Dinas PU Asahan Dibawa ke Kejati Sumut

    Dugaan korupsi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Asahan, masuk ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa 10 September 2019.

  • Kamis, 05 Sep 2019 02:16

    Bobby: Fery "Tak Mungkin" ditahan, Dia anak Sarmadan Hasibuan

    Kader PMII ini mengharapkan Polda Sumut tidak hanya sebatas menggunakan hukum teringan atas seseorang yang terjerat narkoba. Apalagi seorang wakil rakyat yang seharusnya menjadi contoh.

  • Minggu, 01 Sep 2019 21:45

    JMM Apresiasi Kapolda Agus: Dugaan Korupsi UIN Sumut Jadi Penentu

    JMM menilai selama ini Agus berhasil sebagai pengayom dan sahabat bagi seluruh masyarakat Sumatera Utara, serta berhasil dalam mengungkap kasus-kasus besar di Sumut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir