Bank Sumut

Dana Hibah KNPI Tebingtinggi 2018 Terindikasi Korupsi

Kamis, 15 Agu 2019 14:27
Dibaca: 291 kali
ilustrasi
Pemko Tebingtinggi.
DRBerita | Sangat kuat dugaan praktik KKN pengunaan dana Hibah KNPI 2018 senilai 500 juta dilakukan oleh pihak KNPI versi saudara MHH. Dana tersebut diambil dan laporan pertangung jawabannya terindikasi di manipulasi demi mendapat keuntungan pribadi dan kelompok.

"Saya yakin dan percaya penegak hukum bisa membuktikan hal tersebut jika menyelusuri setiap nota bon kegiatan dan menggunakan tenaga ahli IT untuk mengungkap foto-foto kegiatan yang terindikasi palsu. Dan pasti akan terlihat jelas data-data waktu kapan foto kegiatan yang dijadikan LPJ tersebut diambil, termaksud tahun dan bulannya. Sekarang persoalannya apakah penegak hukum mau bertindak atau tidak untuk mengusut dugaan indikasi praktik KKN dana hibah KNPI tahun 2018 dan melakukan investigasi kemana dana tersebut mengalir," ungkap Rudi, pengamat dan pengiat anti korupsi di kota Tebing Tinggi dalam keterangan persnya diterima DRBerita.com, Kamis 15 Agustus 2019.

"Kalau hal tersebut bisa dibuktikan, maka ada beberapa tindak pidana yang patut dilakukan oleh pihak yang bertangung jawab dalam penggunaan dana hibah tersebut. Pertama tindak pidana korupsi dan selanjutnya adalah penipuan dan atau pemalsuan dokumen. Pasti penegak hukum lebih paham untuk mendudukan pasal apa untuk menjeratnya. Juga kuat dugaan keterlibatan pihak internal Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Tebingtinggi dalam praktik KKN dana hibah KNPI tersebut. Maka penegak hukum juga harus mengejar kearah tersebut untuk membuktikan opini-opini yang berkembang di masyarakat," sambungnya.

Dugaan terjadinya indikasi praktik KKN dana hibah KNPI Kota Tebingtinggi tahun 2018 menjadi perhatian dan pembahasan di kalangan aktivis Kota Tebingtinggi. Aksi unjuk rasa yang dilakukakan generasi muda Kota Tebingtinggi kerap gencar dilakukan untuk mendesak penegak hukum melakukan penyelidikan dan penyidikan serta menangkap oknum yang bertangung jawab sebagai pengguna dana hibah tersebut.

Sampai saat ini dugaan korupsi dana KNPI Tebingtinggi tahun 2018 itu masih hangat diperbincangkan oleh kalangan aktivis, LSM dan penggiat anti korupsi Kota Tebingtinggi. Malah tahun 2019 sebesar Rp 250 juta kembali dicairkan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Tebingtinggi kepada KNPI Kota Tebingtinggi yang diketuai MHH.

Kepala Bidang Pemuda, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kota Tebingtinggi M. Hafril Fadli pernah mengatakan bahwa dana tersebut sudah disalurkan ke rekening KNPI versi MHH sekitar Bulan Mei, sebelum Hafri menjabat Kabid Pemuda.

"Dana hibah tahun 2018 sangat kuat dugaan KKN nya, karena faktanya di tahun 2018 tidak ada kegiatan kepemudaan yang menyentuh pemuda di Kota Tebingtinggi. Nah sekarang itu (tahun 2019) kembali lagi sudah dicairkan. Ada apa sebenarnya ini? Harusnya Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kota Tebingtinggi, seharusnya mengevaluasi penyaluran dana hibah tahun 2018, karena banyak isu yang berkembang dana 2019 bisa distop atau ditunda. Dispora bisa memfasilitasi dan berkomunikasi kepada seluruh OKP dan komunitas muda di Kota Tebingtinggi untuk duduk bersama terkait evaluasi kegiatan kepemudaan. Apakah kegiatan dana hibah KNPI tahun 2018 sudah benar-benar menyentuh pemuda Kota Tebingtinggi dalam hal untuk menunjang kreativitas dan peningkatan SDM kepemudaan atau hanya sekedar seremonial belaka. Bukan sebaliknya ujuk-ujuk mencairkan dana tahun 2019 kepada KNPI versi MHH," ucap R. Lubis, tokoh organisasi kepemudaan dan mahasiswa.

"Wajar saya jadi curiga, jangan-jangan memang ada praktik KKN dilakukan pihak Dispora bersama KNPI versi MHH, dengan membagi-bagi dana tersebut yang harusnya menjadi hak untuk kegiatan kepemudaan di Kota Tebingtinggi," tambahnya.

Sementara itu, KNPI Kota Tebingtinggi versi Ketua Muhammad Syahri Damanik (MSD) terkait dana hibah KNPI Kota Tebingtinggi merasa kecewa.

"Kita kecewa atas isu-isu yang berkembang di Kota Tebingtinggi terkait masalah kepemudaan, khususnya kepada Dinas Pemuda Olah Raga. Dinas ini kesannya terlalu berpihak kepada KNPI versi MHH, seharusnya Dispora lebih bijaksana dalam menanggapin persoalan kepemudaan di Kota Tebingtinggi, bukan sebaliknya terkesan berpihak kepada versi tertentu. Kesan keberpihakan yang dilakukan ini akhirnya jadi opini liar di publik yang mungkin saja kita jadi menduga ada kesepakatan-kesepakatan nakal. Rp 500 juta itu bukan sedikit, kalau dimanfaatkan dengan baik dan bijak sangat berguna bagi elemen kepemudaan di Kota Tebingtinggi untuk menunjang kegiatan kreativitas kepemudaan dan kegiatan peningkatan SDM kepemudaan yang hari ini hal itu dikeluhkan kalangan pemuda di kota ini. Kegiatan yang bukan hanya sekedar seremonial, tapi benar-benar menyentuh pemuda dan bermanfaat kepada generasi penerus," ucap Wakil Sekretaris KNPI Tebingtinggi versi MSD, J. Meidianda.

"Kami juga saat ini masih mencari bukti-bukti kuat dan saksi untuk membuat laporan terkait ada isu-isu pencemaran nama baik Ketua Syahri dilakukan oknum tertentu yang mengatakan Ketua Syahri ikut menerima dana hibah KNPI tahun 2018. Ini fitnah keji dan mencemarkan nama baik Ketua Syahri Damanik. KNPI versi ketua Syahri Damanik tidak tahu menahu kemana dana tersebut, kapan disalurkan dana tersebut, malah Ketua Syahri dituduh juga ikut menikmati dana tersebut. KNPI kami mendukunglah organisasi pemuda yang desak penegak hukum untuk ungkap praktik KKN dana hibah KNPI tahun 2018 kalau sudah dilakukan pemeriksaan nanti pasti kelihatan kemana dana-dana itu mengalir," tambah Meidianda. (art/drc)

Editor: admin

T#g:apbd tebingtinggidana hibah knpiknpi sumutknpi tebingtinggi
Berita Terkait
  • Rabu, 07 Agu 2019 12:12

    Direktur PIB: Ikbal Hanafi Cocok Pimpin KNPI Sumut

    Ikbal Hanafi Hasibuan mendapat dukungan untuk maju sebagai calon ketua di Musda KNPI Sumut, berdasarkan rekam jejak serta kesiapannya. Dia dinilai sangat siap dan ideal memimpin KNPI Sumut tiga tahun mendatang.

  • Sabtu, 22 Jun 2019 01:45

    Samsir Pohan Pantas Pimpin KNPI Sumut

    Ada beberapa nama yang dianjurkan maju dalam pertarungan dan merebut kepemimpinan induk organisasi kepemudaan di Sumut tersebut. Salahsatu nama yang didorong maju dalam Musda KNPI Sumut 2019 adalah Samsir Pohan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir