Bank Sumut

Acil Lubis Tolak Utusan Rektor UIN Sumut

Rabu, 30 Okt 2019 01:20
Dibaca: 2.220 kali
drberita/istimewa
Acil Lubis
Bobby Nasution Center
DRberita | Aktivis 98 Acil Lubis mengatakan ada dua orang yang mengaku utusan dari Rektor Prof. Saidurrahman, menjumpai dirinya untuk meredam informasi kasus dugaan korupsi pembangunan gedung kuliah terpadu Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut.

"Ada dua orang yang mengaku utusan Rektor UIN Sumut Prof Saidurrahman datang menjumpai saya, mereka si Ansari dan Solah. Mengaku disuruh rektor, minta agar kasus dugaan korupsi UIN Sumut itu tidak dikembangkan di media," ucap Acil, Selasa 29 Oktober 2019.

Ia mengaku telah menolak kedua orang tersebut. "Keduanya saya tolak, ada tawaran dari mereka, minta agar tidak diributi di media kasus korupsi mereka (UIN Sumut). Katanya mereka disuruh rektor," cetusnya.

Acil mengaku akan melakukan aksi unjuk rasa di KPK agar kasus dugaan korupsi pembangunan gedung kuliah terpadu UIN Sumut segera ada tersangkanya. "Kita akan aksi di KPK, minta agar Rektor UIN Sumut Prof Saidurrahman ditangkap atas kasus dugaan korupsi dan suap," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Rektor UIN Sumut Prof Saidurrahman dan sejumlah pejabat Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan AH. Nasution. Penyidik KPK berada di Medan selama tiga hari.

Pemeriksaan itu terkait dugaan korupsi dan suap proyek pembangunan gedung kuliah terpadu di kampus UIN Sumut, Jalan Pancing Medan. Penyidik KPK yang datang ke UIN Sumut, menyita sejumlah dokumen terkait tender pembangunan gedung kuliah terpadu.

Masing-masing yang diperiksa, Marudut Kasubag Rumah Tangga, Moraluddin Kasubag BMN, Rizki Anggraini staf sekaligus ketua panitia, Syahruddin Siregar Kabag Kepegawaian sekaligus PPK dan Monca Tigabena bendahara UIN Sumut.

Kabag Kepegawain UIN Sumut Syahruddin Siregar tidak membantah adanya penyidik KPK yang datang dan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat yang terkait dugaan korupsi dan suap pemabangunan gedung kuliah terpadu tersebut. Tapi Syahruddin Siregar tidak mau berkomentar banyak. "Iya, ada mereka (KPK) datang," tutupnya.

Pembangunan gedung kuliah terpadu UIN Sumut senilai Rp 45.766.730.079,91 itu diikuti oleh 25 perusahaan. PT Multikarya Bisnis Perkasa ditetapkan sebagai pemenang lelang. Namun progres pekerjaan dengan batas waktu yang ditentukan hanya 60 persen, akan tetapi pencairan uang dilakukan 91 persen. (art/drc)

Editor: admin

T#g:acil lubiskampus uin sumutkorupsi uin sumutkpk periksa uin sumut
Berita Terkait
  • Rabu, 05 Feb 2020 09:36

    Alumni Minta KASN Beri Sanksi Rektor UINSU

    Komite Aparatur Sipil Negeri (KASN) seharusnya memberikan sanksi administrasi kepada Rektor UINSU Prof Saidurrahman, terkait perintah peminjaman uang ke bank oleh 15 ASN dengan cara menggadaikan SK Pegawai.

  • Minggu, 02 Feb 2020 09:27

    Terungkap, 2 Kali Rektor UINSU Perintahkan 15 ASN Pinjam Uang ke Bank

    Anehnya, jumlah uang yang dipinjam tidak diketahui oleh masing-masing ASN. Padahal pinjaman itu dilakukan atas nama pribadi masing-masing ASN. Setelah cair, uang pun langsung masuk ke rekening Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

  • Kamis, 30 Jan 2020 11:51

    Kas Kosong, Rektor UINSU Perintah 15 ASN Pinjam Uang ke Bank

    Informasi tersebut diketahui dari cerita seorang ASN yang menolak menggadaikan Surat Keputusan (SK) Pegawai ke bank puda artah insani atas perintah Rektor UINSU Prof Saidurrahman.

  • Selasa, 28 Jan 2020 10:10

    Terungkap, Rektor UIN Sumut Akui Sudah Diperiksa Jaksa dan KPK

    Hal itu diakui Saidurrahman kepada Anggota Komisi VIII DPR RI saat datang ke UIN Sumut, di Medan, pada Jumat 15 November 2019, dalam rangka kunjungan kerja untuk meninjau Proyek SBSN senilai Rp 90 miliar.

  • Minggu, 19 Jan 2020 23:42

    Kapolda Sumut Diminta Tuntaskan Dugaan Korupsi Gedung Mangkrak UINSU

    Sampai saat ini Polda Sumut belum juga menuntaskan kasus dugaan korupsi gedung mangkrak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Padahal, penyidik Tipikor Polda Sumut Sudah melakukan ekspos dan gelar perkara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir