77 Gedung SD di Kota Medan Diduga Jadi Ajang Korupsi

Minggu, 20 Mei 2018 08:41
Dibaca: 862 kali
drberita
Gedung SD di Jalan Jermal 1 Medan Denai.
DINAMIKARAKYAT - Sebanyak 77 gedung Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan, diduga jadi ajang korupsi oknum Dinas Pendidikan dan petinggi Pemko Medan, dengan total anggarannya sebanyak Rp 15,027 miliar.

Dugaan korupsi ini memiliki dasar kuat untuk diselidiki dengan bukti yang ada dari pekerjaan rehab gedung SD seperti di Jalan Jermal 1 Medan.

Rehab gedung tersebut sepertinya tidak sesuai dengan nilai yang ditetapkan dalam DPA (Daftar Penggunaan Anggaran).

Aktivis '98 Acil Lubis menilai ada permainan kotor dalam anggaran pendidikan di Kota Medan yang perlu diusut oleh penegak hukum.

"Proyek itu judulnya rehab sedang berat gedung SD di Kota Medan, ada 77 gedung SD yang mendapat anggaran rehab dengan kode rekening 1.01.1.01.16.41. Kita menemukan adanya dugaan korupsi dalam proyek rehab itu, dan kita meminta penegak hukum untuk mengusutnya," ujar Acil kepada wartawan di kawasan lobang di Jalan Denai Ujung, Medan, Minggu 20 Mei 2018.

Menurut Acil, SD Negeri 067241 di Jalan Jermal 1 Medan itu memiliki nilai anggaran rehab sebesar Rp 189.500.620,00. "Itu masuk dalam APBD 2017," cetusnya.

Dari pengakuan pihak sekolah, lanjut Acil, rehab gedung yang dilakukan pada SD 067241 hanya pada pintu pagar masuk ke sekolah.

"Kalau dilihat dari proyek tidak habis anggaran untuk rehab pintu pagar itu lebih dari 1/3 anggaran, jadi sisa lebihnya kemana dibuat. Ini yang perlu diselidiki dan disidik tipikor maupun jaksa," terangnya.

Acil berharap, Komisi A segera memanggil penegak hukum agar kebocoran APBD Medan dapat diketahui penyebabnya dari penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan kepolisian dan kejaksaan.

"Kita tantang Komisi A memanggil polisi dan jaksa untuk mengusut dugaan kebocoran APBD Medan tahun 2017 di Dinas Pendidikan itu," serunya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:acil lubisapbd medandinas pendidikan medandprd medanhasan basriKejari Medankorupsi apbdpkpi medantipikor
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jul 2019 02:17

    Pemkab Batubara Biayai Pembangunan Gedung Tahanan Polres

    Padahal diketahui, kepolisian adalah lembaga vertikal yang pembiayaan operasional dan pembangunan gedungnya mulai tingkat Polsek, Polres hingga Polda bersumber dari APBN.

  • Selasa, 16 Jul 2019 23:57

    LIPAN RI Laporkan PT Persaoran ke Kejati Sumut

    Massa DPP LIPAN RI memita Kejati SUmut agar mengusut tuntas dugaan pengkondisian pemenang tender PT Persaoran sebagai kontraktor pelaksana pembangunan jalan di Moara Soma.

  • Sabtu, 13 Jul 2019 18:00

    Fikri Ngaku Belum Ada Diperiksa Kejati Sumut

    Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Fikri ketika dikonfirmasi mengaku dirinya belum ada diperiksa oleh pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, terkait proyek drainase melewati tahun berjalan.

  • Sabtu, 13 Jul 2019 13:01

    Kerja KPK Sia-sia di Asahan, Ini Daftarnya

    KPK, kata Indra, 20 Februari 2019, lalu kembali datang ke Kabupaten Asahan bersama tim ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB), untuk proses pengambilan sampel material fisik bangunan RSUD HAMS Kisaran di antaranya melakukan pemeriksaan material dindin

  • Jumat, 12 Jul 2019 22:09

    PPGMTH Minta Kapolda Sumut Usut Korupsi Jalan di Padang Lawas Utara

    Mereka sangat mengharapkan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto ringan tangan untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan dugaan korupsi Kadis Pekerjaan Umum dan Pertambangan Energi Ramlan Nasution.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir