Bank Sumut
  • Home
  • Jalan Jalan
  • Yayasan Daun Sirih Gelar Napak Tilas Kejayaan Kesultanan Langkat

Yayasan Daun Sirih Gelar Napak Tilas Kejayaan Kesultanan Langkat

Selasa, 20 Agu 2019 22:19
Dibaca: 99 kali
drberita/istimewa
Magtab Madrasah Tsanawiyah Jami'ah Mahmudiyah Tanjung Pura yang dibangun Sultan Langkat pada tahun 1892.
DRBerita | Yayasan Daun Sirih berencana akan menggelar dialog histori napak tilas Kejayaan Kesultanan Langkat dan menguak tabir kekejaman PKI, Oktober 2019 mendatang.

Ketua Yayasan Daun Sirih Azhari AM Sinik mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengingat dan memperingati hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 dan kejadian revoluasi sosial di Sumatera Timur dalam menguak tabir runtuhnya Kesultanan Langkat dan kesultanan lainnya di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

"Dialog sejarah ini akan diselenggarakan di Kota Raja, Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara, pada bulan Oktober 2019 mendatang, di Gedung Aula Serba Guna Tanjung Pura," ujar Azhari, Selasa 20 Agustus 2019.

Kegiatan ini kali kedua dilaksanakan Yayasan Daun Sirih, setelah sebelumnya dialog histori tentang napak tilas Kesultanan Bahrain, Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (labusel) yang digelar tahun lalu.

"Dialog histori ini merupakan napak tilas kerajaan-kerajaan Kesultanan Melayu yang ada di Indonesia," jelasnya.

Azhari mengharapkan peran maksimal Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan kabupaten kota. Semua harus bangkit dan bergerak mengangkat kembali peradaban-peradaban di Sumut, terkait dengan Undang Undang Cagar Budaya.

Dalam Undang Undang Cagar Budaya, kata Azhari, disebutkan bahwa pemerintah daerah berkewajiban merawat dan memelihara bangunan-bangunan yang mengandung nilai-nilai heritage. Lahirnya kota-kota di Sumut meninggalkan jejak sejarah berupa bangunan-bangunan yang bernilai sangat tinggi.

Acara nantinya akan menghadirkan ahli-ahli sejarah, budayawan, pemerintah, tokoh-tokoh Kesultanan Melayu Langkat dan tokoh-tokoh kesultanan lainnya.

"Kita juga berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumut termasuk kabupaten kota agar berpartisifasi dalam acara, karena acara tersebut dari kita, oleh kita dan untuk kita, dalam rangka mewujudkan Sumatera utara yang bermartabat," ucapnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bangunan sejarahcagar budayaheritagekesultanan langkatyayasan daun sirih
Berita Terkait
  • Senin, 02 Sep 2019 15:06

    Melihat Jejak Sejarah Kesultanan Langkat

    Sis lalu berjalan ke belakang kawasan magtab, menyusuri sejumlah rumah warga yang ada di kawasan itu. Sekira seratus langkah Sis berhenti. Terlihat lahan terbentang di belakang Masjid Azizi yang dipenuhi rerumputan dan ilalang.

  • Senin, 02 Sep 2019 11:06

    LIPPSU Dampingi Sabrina Tinjau Jejak Sejarah dan Kawasan Religi di Langkat

    Jejak sejarah Kesultanan Langkat kini menjadi perhatian. Pemeritah Provinsi Sumatera Utara menemukan 113 situs peninggalan sejarah. Langkah awal yang diambil dengan meninjau ke situs sejarah.

  • Kamis, 29 Agu 2019 09:49

    350 Hektare Tanah di Kota Medan Milik De Mayer, Ahli Waris Jenderal Bintang 1

    Seluas 350 hektare tanah di Kota Medan atas nama MS Patmawijaya alias Piter Mayer Bin Samuel De Mayer. Di atas tanah-tanah tersebut kini berdiri bangunan-bangunan megah, dan sebagian masih berdiri kantor-kantor pemerintahan serta gedung bersejarah.

  • Jumat, 23 Agu 2019 00:22

    Keturunan Raja Bilah ke 10 Segera Dinobatkan

    Penabalan Tengku Muhammad Risfansyah akan dikukuhkan oleh Dewan Kerapatan Adat Kesultanan Bilah, Raja-raja yang berada di wilayah Kesultanan Negeri Bilah, Lembaga Kerapatan Adat Kesultanan Negeri Bilah dan orang-orang besar bergelar di Kesultanan Negeri B

  • Rabu, 21 Agu 2019 22:45

    Buruh Demo Walikota dan DPRD Medan Pertanyakan Kantor DPC KSPSI

    Massa FSP LEM-SPSI juga meminta Pemko Medan untuk menjelaskan status Kantor DPC KSPSI yang berada di Jalan Ahmad Yani VII No. 29 Medan, atau segera diberikan penggantinya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir