Bank Sumut
  • Home
  • Jalan Jalan
  • Silangit Jadi Bandara Internasional Tepat Pada Hari Sumpah Pemuda

Silangit Jadi Bandara Internasional Tepat Pada Hari Sumpah Pemuda

Minggu, 29 Okt 2017 02:01
Dibaca: 92 kali
drberita/istimewa
Peresmian Silangit jadi bandara internasional.
DINAMIKARAKYAT - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan agar pemerintah daerah dan masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba mempersiapkan diri seiring dibukanya pintu gerbang pariwisata di Bandara Silangit, mulai didarati penerbangan internasional dari Singapura. Catatan penting untuk itu adalah peningkatan SDM melayani wisatawan.

"Ini sangat bersejarah, pertama Silangit menjadi Bandara Internasional. Kedua adalah, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Karena untuk mengembangkan destinasi wisata, harus punya bandara internasional," ujar Arief pada penandaan penerbangan perdana atau Inaugural Flight Singapore-Silangit, di ruang pertemuan Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara, Sabtu 28 Oktober 2017.

Untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba sebagai ikon Sumatera Utara, Arief menyebutkan keberadaan bandara internasional saja tidak cukup tanpa dukungan lainnya yakni amenitas (fasilitas) dan atraksi setelah syarat aksesibilitas yang terus dibangun.

Selain itu, pemerintah pusat juga memiliki target memasukkan Geopark Kaldera Toba menjadi situs yang diakui UNESCO. Karenanya proses penelitian hingga pengolahan limbah juga diminta secepatnya dilakukan.

"Untuk pemasaran, kita targetnya satu juta wisman (wisatawan mancanegara) di 2019. Dua tahun lagi itu tidak lama, jadi harus cepat. Karena bukan hanya Danau Toba, tetapi Sumatera Utara dengan ikonnya Danau Toba," katanya.

Jika jumlah wisatawan nusantara bisa naik empat kali lipat dari semester pertama 2016 sebanyak 30 ribu bertambah menjadi 120 ribu pada semester satu 2017, lanjut Arief, maka kemungkinan untuk wisman juga bisa ditambah.

"Kepada Bupati (se-kawasan Danau Toba), mari jadikan Singapura itu hub port kita. Buatlah seolah tidak ada administrasi (urusan yang berliku) untuk masuk ke daerah ini," sebut Arief.

Selanjutnya Arief juga mengatakan yang paling penting adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Pihaknya bahkan merencanakan akan mensertifikasi seribu orang dalam rangka menjadikan pelayanan kepada wisatawan lebih baik dan profesional. Begitu juga dengan kelompok-kelompok/komunitas serta masyarakat itu sendiri.

"Saran saya, buka dulu usaha-usaha kreatif sebelum kita bangun resort di kawasan otoritatif di Sibisa seluas 602 Hektar. Karena social cost akan tinggi kalau kita tidak memperhatikan masyarakat. Itu menjadi tugas para bupati," ujar Menpar. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bandara internasional silangitdanau tobasumpah pemuda
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Jan 2018 13:34

    Souvenir Dinas Pariwisata Sumut dari Cina Sempat Ditahan Bea Cukai, Ada Apa?

    Sesuai perpres 54 dan peraturan LKPP, disebut-sebut seharusnya pengadaan barang dan jasa sudah selesai dilakukan dan pembayaran maksimal dilakukan paling lama tanggal 23 Desember akhir tahun.

  • Selasa, 02 Jan 2018 22:49

    Status Internasional, Fasilitas Keimigrasian Bandara Silangit Dibenahi

    Divisi Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Sumut melakukan pembenahan fasilitas keimigrasian di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara secara bertahap karena berstatus bandara internasional.

  • Sabtu, 23 Des 2017 01:33

    Petani di Kawasan Danau Toba Dapat Pelatihan Metode Organik

    Kegiatan ini dilaksanakan sesuai Undang Undangn Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) dengan peran serta masyarakat.

  • Rabu, 15 Nov 2017 11:11

    Puluhan Dubes ASEAN Dan Afrika Akan Datang ke Danau Toba

    Forum of Small Medium Economic Africa Asean (FORSEAA) akan menggelar Lake Toba Forum yang akan dihadiri puluhan Dubes negara-negara Afrika dan Asean pada pertengahan Desember mendatang.

  • Minggu, 29 Okt 2017 02:12

    Luhut dan Erry Berharap Bandara Silangit Pintu Masuk 1 Juta Wisatawan Mancanegara

    Sektor pariwisata saat ini sudah mulai dijadikan tulang punggung perekonomian Indonesia, termasuk Sumatera Utara dan seluruh kabupaten/kota, khususnya se-kawasan Danau Toba.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir