• Home
  • Jalan Jalan
  • Silangit Jadi Bandara Internasional Tepat Pada Hari Sumpah Pemuda

Silangit Jadi Bandara Internasional Tepat Pada Hari Sumpah Pemuda

Minggu, 29 Okt 2017 02:01
Dibaca: 170 kali
drberita/istimewa
Peresmian Silangit jadi bandara internasional.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan agar pemerintah daerah dan masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba mempersiapkan diri seiring dibukanya pintu gerbang pariwisata di Bandara Silangit, mulai didarati penerbangan internasional dari Singapura. Catatan penting untuk itu adalah peningkatan SDM melayani wisatawan.

"Ini sangat bersejarah, pertama Silangit menjadi Bandara Internasional. Kedua adalah, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Karena untuk mengembangkan destinasi wisata, harus punya bandara internasional," ujar Arief pada penandaan penerbangan perdana atau Inaugural Flight Singapore-Silangit, di ruang pertemuan Bandara Internasional Silangit, Tapanuli Utara, Sabtu 28 Oktober 2017.

Untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba sebagai ikon Sumatera Utara, Arief menyebutkan keberadaan bandara internasional saja tidak cukup tanpa dukungan lainnya yakni amenitas (fasilitas) dan atraksi setelah syarat aksesibilitas yang terus dibangun.

Selain itu, pemerintah pusat juga memiliki target memasukkan Geopark Kaldera Toba menjadi situs yang diakui UNESCO. Karenanya proses penelitian hingga pengolahan limbah juga diminta secepatnya dilakukan.

"Untuk pemasaran, kita targetnya satu juta wisman (wisatawan mancanegara) di 2019. Dua tahun lagi itu tidak lama, jadi harus cepat. Karena bukan hanya Danau Toba, tetapi Sumatera Utara dengan ikonnya Danau Toba," katanya.

Jika jumlah wisatawan nusantara bisa naik empat kali lipat dari semester pertama 2016 sebanyak 30 ribu bertambah menjadi 120 ribu pada semester satu 2017, lanjut Arief, maka kemungkinan untuk wisman juga bisa ditambah.

"Kepada Bupati (se-kawasan Danau Toba), mari jadikan Singapura itu hub port kita. Buatlah seolah tidak ada administrasi (urusan yang berliku) untuk masuk ke daerah ini," sebut Arief.

Selanjutnya Arief juga mengatakan yang paling penting adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Pihaknya bahkan merencanakan akan mensertifikasi seribu orang dalam rangka menjadikan pelayanan kepada wisatawan lebih baik dan profesional. Begitu juga dengan kelompok-kelompok/komunitas serta masyarakat itu sendiri.

"Saran saya, buka dulu usaha-usaha kreatif sebelum kita bangun resort di kawasan otoritatif di Sibisa seluas 602 Hektar. Karena social cost akan tinggi kalau kita tidak memperhatikan masyarakat. Itu menjadi tugas para bupati," ujar Menpar. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bandara internasional silangitdanau tobasumpah pemuda
Berita Terkait
  • Jumat, 23 Mar 2018 01:54

    Indonesia Bukan Hanya Bali: Gubernur Sumut Tawarkan Penerbangan India - Kualanamu

    Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengatakan sangat tertarik dengan Indonesia, selain hubungan yang telah lama terjalin dan jarak yang tidak begitu jauh, juga potensi yang cukup banyak untuk kerjasama.

  • Senin, 19 Mar 2018 18:43

    Erry: Terima kasih 33 kabupaten kota yang ikut PRSU

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan even PRSU merupakan even yang membanggakan karena dihadiri seluruh kepala daerah atau wakil kepala daerah 33 kabupaten/kota. Apalagi Pemprov Sumut yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta rakyat.

  • Senin, 19 Mar 2018 18:11

    Kementerian Pariwisata Apresiasi Acara PRSU di Tapian Daya Medan

    Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI mengapresiasi kinerja Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi yang meramaikan dan memajukan dunia pariwisata dan investasi selama menjabat.

  • Jumat, 16 Mar 2018 18:18

    Erry Tawarkan Danau Toba ke Investor Australia

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bertemu Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk negara bagian Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa di Kota Melbourne, Australia.

  • Sabtu, 03 Mar 2018 02:14

    Gubernur Sumut Buka Pameran Wisata Indonesia di Hongaria

    Pameran ini merupakan even tahunan yang diselenggarakan Budapest dan difasilitasi oleh KBRI di Hongaria. Diikuti oleh ratusan tour operator dari Eropa, Asia dan Amerika.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir