Bank Sumut

Populasi Harimau Sumatera Kategori Kritis di Dunia

Senin, 10 Agu 2015 16:05
Dibaca: 1.002 kali
istimewa/drc
Kampanye Global Tiger Day.

DINAMIKARAKYATCOM, Medan - Berkurangnya luas hutan mempengaruhi populasi Harimau Sumtera di Indonesia. Untuk itu, masyarakat harus ambil bagian untuk menyelmatkan hutan yang menjadi habitat Harimau Sumatera.

Data yang dirilis Internationak Union for Conservation of Nature (IUCN) menyebutkan, populasi Harimau Sumatera di dunia hanya tinggal 400-600 ekor dan dikategorikan kritis dalam kepunahan daftar merah.

"Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah berkurangnya luasan hutan sebagai habitat harimau," jelas Ketua Forum Hasimau Kita, Yoan Dinata di sela-sela kampanye peringatan Global Tiger Day di Lapangan Merdeka, Medan, kemarin (9/8/2015).

Dikatakannya, periode tahun 2000-2012 setidaknya ada sekitar 2,8 juta hektare (Ha) hutan yang hilang. Ini setara dengan dengan 590 Ha atau sama dengan 900 kali lapangan sepakbola. Berkurangnya luas hutan karena konversi menjadi perkebunan kelapa sawit, hutan tanaman industri untuk bahan baku kertas, meubel dan juga perambahan liar.

"Harimau Sumatera merupakan jenis harimau terakhir yang masih tersisa di Indonesia setelah punahnya harimau Jawa dan harimau Bali pada tahun 1940-an dan 1980an. Hewan yang terancam punah ini juga dilindungi pemerintah melalui Undang-Undang (UU) RI No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya," urainya.

Sementara, Koordinator Tiger Heart Medan, Siska Handayani mengatakan, kegiatan sama  juga dilaksanakan serentak di enam kota lainnya di Indonesia, yakni Jakarta, Jambi, Palembang, Pekanbaru, Padang dan Purwokerto.

Untuk peringatan di Medan sendiri, kata Siska, banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti senam menggunakan atribut Harimau Sumatera, konvoi, kampanye face painting, photobooth dan kontes poto, pertunjukan seni, aksi simpatik, dukungan cap jempol dan flashmob.

Berbagai elemen masyarakat juga ikut meramaikan kegiatan ini seperti Disney, KLHK, FHK, WCS-IP, BBTNGL, BBKSDA, YLI, FFI, TigerHeart, Biopalas, Himabio USU, Herpetologer Mania, Medan Skateboarding, Labosude, Kopa, Sanggar Perkasa, dan MESTOWN061.

"Peringatan ini awalnya ditetapkan pada Tiger Summit di St Petersburg, Rusia pasa 29 Juli 2010 dan mulai dilaksanakan di Indonesia sejak 2013 oleh Forum HarimauKita dan TigerHeart yang merupakan jaringan relawan FHK," tukasnya. (aries)

T#g:BPJSGolkarMoUdemo
Berita Terkait
  • Rabu, 21 Agu 2019 22:45

    Buruh Demo Walikota dan DPRD Medan Pertanyakan Kantor DPC KSPSI

    Massa FSP LEM-SPSI juga meminta Pemko Medan untuk menjelaskan status Kantor DPC KSPSI yang berada di Jalan Ahmad Yani VII No. 29 Medan, atau segera diberikan penggantinya.

  • Sabtu, 17 Agu 2019 01:25

    IJTI Kecam Intimidasi Oknum Aparat Kepada Jurnalis di Demo Buruh

    Kali ini menimpa sejumlah jurnalis dari media online dan TV, yang tengah meliput elemen buruh yang akan menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, pada Jumat 16 Agustus 2019.

  • Sabtu, 17 Agu 2019 01:12

    AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi Terhadap Jurnalis di Demo Buruh

    Sejumlah jurnalis mengalami kekerasan dan intimidasi oleh aparat kepolisian saat meliput massa pengunjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019. Sedikitnya enam jurnalis mengalami kekerasan.

  • Jumat, 02 Agu 2019 22:51

    Kader PMII Kena DO dari STMIK Triguna Dharma Gara-gara Demo Akriditasi

    Ari Gusti Syahputra (22) warga Jalan Garu I Gang Cempedak, No. 72C, Medan Amplas, kena DO dengan surat keputusan No. 3.4.008/STMIK-TGD/WK-I/I/2019 ditandatangani olek Wakil Ketua I Bidang Akademik Zulfian Azmi ST, M.Kom tertanggal 30 Januari 2019.

  • Jumat, 26 Jul 2019 18:29

    GMKI Desak Jokowi Cabut Izin 5 Perusahaan Perusak Danau Toba

    Puluhan massa kelompok mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan, mendesak Presiden Joko Widodo mencabut izin lima perusahaan yang diduga merusak ekosistem kawasan Danau Toba.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir