Bank Sumut

Polda Aceh dan BBTNGL MoU Amankan TNGL

Jumat, 21 Agu 2015 23:33
Dibaca: 742 kali
istimewa/drc
Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi menandatangani MoU dengan BBTNGL.

DINAMIKARAKYATCOM, Medan - Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi mengatakan, terdapat beberapa titik rawan aksi kejahatan perabahan hutan di Provinsi Aceh yang masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

"Daerah titik rawan itu berada di Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Abdya," sebut Husein kepada wartawan saat penandatanganan nota kesepahaman kerjasama (MoU) dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) di Kantor BBTNGL Jalan Selamat Pulau, Medan, Jumat (21/8/2015).

Kata Husein, mengingat tingginya kejahatan illegal logging, di kawasan TNGL yang membentang mulai dari Sumut hingga Aceh, sangat tidak mungkin BBTNGL melaksanakan pengamanan tanpa dibantu pihak kepolisian.

"Karena tidak mungkinkan TNGL melaksanakan pengamanan sendiri. Tentunya harus diback up oleh Polri, khususnya dalam rangka pengamanan maupun dalam rangka pengegakan hukum," tukas jenderal bintang dua ini.

Selain penegakan hukum, sambung Husein, dalam rencana kerjasama ini akan difokuskan pada pengrusakan hutan TNGL. "Kita merencanakan ke depan, lebih giat menegakkan hukum terhadap pelaku pengrusakan TNGL," tegasnya.

Ditengarai, dalam kawasan TNGL adanya pengungsi asal Aceh mendiami. Dikhawatirkan adanya pengungsi berdampak pada perambahan hutan dan perburuan satwa dilindungi. Polda Aceh akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

"Tentunya kita tidak kerja sendiri. Harus kerja sama juga dengan aparat setempat, terutama dengan pemerintah setempat. Lebih banyak mengimbau kepada masyarakat agar tidak menebang kayu di wilayah TNGL. Selain itu, kerjasama dengan TNGL untuk melakukan patroli," imbuhnya.

Selain itu, katanya, mengenai adanya keterlibatan oknum TNI/Polri membekingi perambahan hutan di kawasan TNGL, akan ditindak tegas.

"Nanti akan kita sampaikan kepada atasannya masing-masing. Khusus anggota Polri, akan kita tindak sesuai ketentuan hukum," pungkas Husein.

Kepala BBTNGL Andi Basrul menambahkan, pengungsi aceh yang berada di kawasan TNGL, pihaknya tidak akan mengizinkan setiap apapun ke luar dari sana.

"Sudah pernah saya laporkan ke Menko Kesra. Dari lokasi hutan, kita tidak izinkan apapun ke luar dari situ. Di hutan itu ada karet sawit, kalau ada pabrik-pabrik yang menampung itu, akan kita tangkap," tegasnya. (aries)

T#g:TNGLhutanpolisi
Berita Terkait
  • Kamis, 05 Apr 2018 23:18

    Medan Tembung Geger, Wakapolres Lombok Tengah Tembak Mati Adik Ipar Depan Istri

    Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Komisaris Polisi (Kompol) Fahrizal menembak mati adik iparnya berinisial K alias I (34) di depan istri dan ibunya.

  • Selasa, 13 Feb 2018 00:31

    Rakernas Himmah Rekomendasikan Kasus Register 40 ke Jokowi

    Rapat kerja nasional (Rakernas) Himpunan Mahasiswa Alwasliyah (Himmah) merekomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menuntaskan kasus register 40 di Provinsi Sumatera Utara.

  • Selasa, 23 Jan 2018 21:42

    Diduga Ada Sponsor, Pos Polisi di Kota Medan Diprotes

    Aksi ini dilakukan karena JMM menilai adanya kejanggalan yang dilakukan oleh pihak Polrestabes Medan terkait banyaknya pos polisi yang tersebar di pinggir jalan memakai embel-embel sponsor dari pihak swasta.

  • Jumat, 01 Des 2017 15:43

    Lapor ke Ombudsman, Bupati Asahan Diduga Maladministrasi SK-HTR

    Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang diduga melakukan pelanggaran administras (maladministrasi) dalam penerbitan Suarat Keputusan (SK) Bupati Asahan Nomor: 438/HUTBUN/2010 tentang IUPHHK-HTR.

  • Rabu, 08 Nov 2017 22:30

    Sidang Polisi Pemilik 9 Paket Sabu, Hakim Nilai Terdakwa Berbohong

    AKP Hotma Sigalingging pemilik barang bukti sabu 9 paket dimahari majelis hakim Pengadilan Negeri Medan, Rabu 8 November 2017, karena memberikan keterangan berbelit.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir