Bank Sumut
  • Home
  • Jalan Jalan
  • Petani di Kawasan Danau Toba Dapat Pelatihan Metode Organik

Petani di Kawasan Danau Toba Dapat Pelatihan Metode Organik

Sabtu, 23 Des 2017 01:33
Dibaca: 580 kali
drberita/istimewa
Para petani mengkuti pelatihan langsung di lapangan.
DINAMIKARAKYAT - Sebanyak 50 orang petani di kawasan Danau Toba, mengikuti pelatihan metode pertanian organik dan ramah lingkungan, yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara, di Hotel Duma Sari, Tuktuk, Samosir, selama dua hari 5-6 Desember 2017.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai Undang Undangn Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) dengan peran serta masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara diwakili Kepala Seksi Pengembangan Data dan Informasi UPT Pengelolaan Kualitas Air Danau Toba Dinas Lingkungan, Muslim mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Kegiatan ini kita laksanakan sesuai amanat Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang PPLH Pasal 70 ayat 3 butir a," kata Muslim kepada wartawan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Jalan Tengku Daut, Medan, Jumat 22 Desember 2017.

Kegiatan menghadirkan narasumber Indra Buana Tanjung, aktivis lingkungan dari Komite Integritas Anak Bangsa (KIRAB), yang menyampaikan tentang kebijakan pemberdayaan masyarakat dalam PPLH khususnya di kawasan Danau Toba, sesuai Peraturan Perundang-undangan dan pengoposan dengan metode takakura.

Penyuluh Pertanian dari Kementerian Pertanian RI Efendi Ritonga sekaligus penggiat lingkungan dari Petra dengan materi hama penyakit tanaman dan solusi penanggulangan berbasis ramah lingkungan.

Penggiat Pertanian Organik Erwin landy dengan materi pembuatan pupuk organik cair dan biochar yang disampaikan langsung dengan praktek lapangan.

"Kegiatan ini melibatkan 50 orang petani dari berbagai kabuapten di kawasan Danau Toba yaitu Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbanghasundutan dan Kabupaten Simalungun dari desa berbeda-beda," sebut Muslim.

Menurutnya, sektor pertanian merupakan mata pencaharian masyarakat di kawasan Danau Toba yang menjadi salah satu penyumbang pencemaran dari sekian banyak faktor pencemar lainnya terhadap kualitas air.

"Danau Toba adalah salah satu danau vulkanik air tawar terbesar di dunia, dan merupakan yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, memiliki luas perairan sepanjang 100 km dan lebar 30 km terletak di provinsi Sumatera Utara. Di tengah danau ini terdapat pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir," terangnya.

Muslim berharap, melalui pelatihan metode pertanian organik dan ramah lingkungan, masyarakat batak di kawasan Danau Toba ke depannya menjadi trigger dan contoh bagi petani lainnya di Kawasan Strategi Nasional.

"Kegiatan ini menjadi wujud nyata Pemprov Sumut dalam upaya PPLH kepada masyarakat di Tahun 2017," serunya.

Dalam kegiatan ini juga setiap peserta mendapatkan cairan organik dalam kemasan botol satu liter untuk pemicu percepatan proses komposting yang dilakukan oleh para petani di daerahnya masing-masing. Para petani juga mendapatkan sertifikat pelatihan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara. (art/drc)

Editor: admin

T#g:danau tobadinas lingkungan hidup sumutpetani
Berita Terkait
  • Sabtu, 28 Jul 2018 23:32

    RSCC Rekomendasikan Presiden Pimpin Langsung Evakuasi Korban KM Sinar Bangun

    Dasar rekomendasi, kata Saharuddin, meliputi aspek hukum, sosial budaya, kemanusiaan dan lingkungan hidup, teknologi dan akademik, serta aspek geografis dan filosofis.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:46

    John M Situngkir "Diam" Soal Pinjaman Rp 4,16 triliun dari Bank Dunia Untuk Danau Toba

    Perkembangan Danau Toba menjadi destinasi wisata internasional, bukan tugas Pemerintah Pusat. Namun tugas bersama antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumut serta kalangan masyarakat sendirinya.

  • Kamis, 31 Mei 2018 00:53

    Ryan Novandi Promosikan Potensi Sumut di Konferensi Pemuda Asia Pasific

    Presiden JCI Medan, Ryan Novandi mengatakan telah berhasil menyelenggarakan kampanye Perdamaian Dunia #peaceispossible di Pantai Bulbul, Kabupaten Balige, pada 2017 lalu, yang dihadiri lebih dari 11.000 orang.

  • Jumat, 23 Mar 2018 01:54

    Indonesia Bukan Hanya Bali: Gubernur Sumut Tawarkan Penerbangan India - Kualanamu

    Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengatakan sangat tertarik dengan Indonesia, selain hubungan yang telah lama terjalin dan jarak yang tidak begitu jauh, juga potensi yang cukup banyak untuk kerjasama.

  • Senin, 19 Mar 2018 18:43

    Erry: Terima kasih 33 kabupaten kota yang ikut PRSU

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan even PRSU merupakan even yang membanggakan karena dihadiri seluruh kepala daerah atau wakil kepala daerah 33 kabupaten/kota. Apalagi Pemprov Sumut yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta rakyat.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir