Bank Sumut

Makam Mahligai, Jejak sejarah Islam di Barus

Sabtu, 11 Jul 2015 21:20
Dibaca: 3.404 kali
istimewa/drc
Makam Mahligai di Barus

DINAMIKARAKYATCOM, Barus - Kecamatan Barus di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, sejak lawas disebut sebagai cikal bakal masuknya agama Islam ke bumi nusantara.

Sejumlah jejak-jejak sejarah Islam tersebar di kecamatan yang menjadi salah satu empirum dan pusat perdagangan dunia pada abad 1-17 Masehi. Berbagai literatur menyebut, berbagai negara singgah dan berdagang ke daerah yang kala itu disebut sebagai 'Fansur'.

Salah satu jejak sejarah yang menguatkan analisis itu, adalah keberadaan makam-makam Syekh yang menyebarkan agama Islam kala itu. Diantaranya, Makam Mahligai di Desa Dakka yang dapat ditempuh dengan berkendara 15 menit saja.

Di Makam Mahligai, terdapat makam Syekh Rukkunuddin yang wafat di tahun 48 Hijriyah. Syekh yang memiliki andil besar menyebarkan Agama Islam.

Ratusan pengikutnya juga turut dimakamkan di komplek pemakaman seluas sekitar setengah hektar yang berada di puncak bukit itu. Terlihat, ratusan nisan tua tersusun meski tak rapi di kontur tanah yang bergelombang.

Namun, nisan-nisan itu terlihat sangat eksotis dengan berbagai ukiran bergaya arab bernuansa Islami. Sebagian lainnya, terlihat hanya merupakan nisan biasa dari batu berbentuk bulat lonjong, namun tetap terkesan kuno.

Mengunjungi Makam Mahligai, tak dikenai tarif. Namun, Anda boleh saja ber infaq untuk membantu perawatan Makam kuno itu.

Bagi para pengunjung, terdapat beberapa larangan yang tak boleh dilakukan. Yakni, larangan menggunakan sepatu atau sendal ketika memasuki areal komplek makam.

Selain itu, pengunjung dilarang untuk duduk di atas makam. Tentu, soal kebersihan lokasi juga menjadi prioritas utama, pengunjung diharap tidak membuang sampah sembarangan. (Oktaf)

T#g:barusramadhan
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:03

    PDAM Tirtanadi Bersama Wartawan Berbagi Takjil Depan Kantor

    PDAM Tirtanadi Sumut bersama dengan wartawan menggelar kegiatan membagikan takjil berbuka puasa kepada masyarakat yang berpuasa di bulan suci ramadhan, Jumat 8 Juli 2018, sekira pukul 17:00 WIB.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 02:46

    358 ASN Pemprovsu Terima Zakat, Masing-masing Rp 300 Ribu

    Sebanyak 358 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) beragama Islam Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, menerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut.

  • Jumat, 08 Jun 2018 08:19

    Rumah Sakit Haji Medan Masih Banyak yang Perlu Dibenahi

    Sebagai satu-satunya rumah sakit umum dibawah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang berstatus Badan Pelayanan Umum (BLU), Tengku Erry menyadari masih banyak yang perlu dibenahi.

  • Minggu, 03 Jun 2018 01:48

    Zakat dan Infaq ASN Kantor Gubsu Tahun 2017 Senilai Rp2,7 Miliar Lebih

    Program khusus Ramadhan Berkah ini adalah menyalurkan 15.000 paket berupa uang senilai Rp4,5 miliar yang diberikan kepada para kaum dhuafa se-Provinsi Sumut melalui Baznas kabupaten/kota.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir