• Home
  • Jalan Jalan
  • Kerjasama Provinsi Kembar, Pengelolaan Danau Toba Akan Dipelajari dari Danau Balaton

Kerjasama Provinsi Kembar, Pengelolaan Danau Toba Akan Dipelajari dari Danau Balaton

Rabu, 18 Okt 2017 02:06
Dibaca: 224 kali
drberita/istimewa
Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama Budapest Hungaria, H.E Wening Esthyprobo.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Awal Desember tahun 2017, Pemprov Sumut dan salah satu provinsi di Hungaria (Hongaria), Bekes County direncanakan memperbaharui kerjasama sister province (Provinsi Kembar).

Kesepakatan akan menandatangani kerjasama baru sister province saat Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Budapest Hungaria, H.E Wening Esthyprobo bertemu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi di Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa 17 Oktober 2017.

Kunjungan Wening ke Sumut dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Gubsu ke Hungaria pada November tahun lalu untuk melanjutkan kerjasama sister province antara Sumut dan Bekes County.

Gubernur Sumut menyambut gembira rencana kunjungan balasan General Assembly Bekes County, Mihály Zalai pada awal Desember nanti.

"Kami tentunya sangat gembira dan menerima dengan tangan terbuka. Terlebih lagi nantinya akan dilakukan penandatanganan kerjasama sister province yang baru," ujar Tengku Erry didampingi Kepala Bappeda Sumut Irman dan Kepala Biro Otda dan Kerjasama Basarin Tanjung.

Dalam pertemuan itu, Erry mengungkapkan harapannya agar kerjasama sister province antara Sumut dan Bekes County nantinya bisa lebih ditingkatkan lagi dengan lebih banyak bidang kerjasama.

Seperti diketahui, kerjasama sister province antara Sumut dan Bekes County dilakukan sejak tahun 2010 dan oleh karenanya perlu diperbaharui.

Tengku Erry juga mengungkapkan keinginannya agar kerjasama Sumut bisa diperluas dengan wilayah lain. Secara khusus Tengku Erry mengungkapkan keinginan agar Sumut bisa bekerjasama dalam hal pengelolaan danau.

"Kita memiliki Danau Toba yang terbesar di Asia Tenggara, dengan panjang 100 km dan lebar 30 km, sementara itu di sana ada Danau Balaton yang terluas di Eropa Timur dengan panjang 77 km dan lebar 13 km. Kita berharap bisa digagas kerjasama, agar Sumut bisa belajar dalam hal pengelolaan kawasan danau," ungkap Tengku Erry.

Banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dan dikembangkan dengan Hungaria. "Kita miliki Danau Toba di sana ada Danau Balaton, kita bisa menjajaki kerjasama dan Ibu Dubes diharapkan bisa menjadi jembatan Sumut dengan Hungaria," harap Erry.

Menanggapi itu Wening mengatakan pihaknya akan menjajaki kerjasama dengan kawasan Danau Balaton sebagaimana yang diharapkan Gubernur Tengku Erry. "Nanti saya akan membantu untuk menindaklanjuti kemungkinan kerjasama, apalagi sudah ada mandat dari Pak Gubernur," ujar Wening.

Diakui Wening bahwa manajemen pengelolaan Danau Balaton sudah cukup baik dan bisa dijadikan pembelajaran. "Kita bisa belajar manajemen pengelolaan danau yang dikaitkan dengan pengembangan pariwisata, ekonomi, pelestarian lingkungan hidup. Di sana ada festival setiap musim panas dimana digelar disetiap desa secara bergantian," kata Wening. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bekes countrydanau balatondanau tobaPemprov Sumut
Berita Terkait
  • Senin, 09 Apr 2018 21:09

    Pejabat Eselon 3 Pemprov Sumut yang Dilantik dari 24 OPD

    Pelantikan tersebut turut dihadiri Plt Sekdaprovsu Ibnu S. Hutomo, para asisten dan staf ahli gubernur, pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemprov Sumut.

  • Senin, 09 Apr 2018 20:50

    Gubernur Sumut Lantik 99 Pejabat Eselon 3

    Selain itu mutasi juga dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi perubahan nomenklatur karena ada beberapa OPD yang berubah nomenklaturnya dan juga ada nomenklatur baru, terutama UPT-UPT yang baru.

  • Selasa, 27 Mar 2018 01:33

    Evi Diana Terima Kunjungan Tim Verifikasi PKK Pusat

    Tim Verifikasi PKK Pusat datang ke Provinsi Sumut dalam rangka Lomba Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

  • Jumat, 23 Mar 2018 01:54

    Indonesia Bukan Hanya Bali: Gubernur Sumut Tawarkan Penerbangan India - Kualanamu

    Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengatakan sangat tertarik dengan Indonesia, selain hubungan yang telah lama terjalin dan jarak yang tidak begitu jauh, juga potensi yang cukup banyak untuk kerjasama.

  • Kamis, 22 Mar 2018 01:23

    76 Diplomat Muda Luar Negeri Diharapkan Dapat Promosikan Potensi Sumut

    Para diplomat muda yang akan bertugas di berbagai daerah di Amerika, Eropa, Asia Fasifik dan Afrika diharapkan dapat menginformasikan dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir