Festival Gordang Sembilan Dimulai, Ayo Tonton...

Oleh: Fauzan Helmi
Rabu, 27 Sep 2017 22:35
Dibaca: 401 kali
drberita
Pembukaan festival gordang sembilan dan tor tor Kabupaten Madina.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Pembukaan Festival Gordang Sambilan dan Tor-Tor tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dimulai Rabu 27 September 2017.

Festivak dilaksanakan di Taman Raja Batu, Panyabungan, diikuti oleh utusan-utusan kecamatan dari wilayah Mandailing Godang dan Mandailing Julu. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Madina M. Ja'far Sukhairi Nasution.

Hadir segenap SKPD Pemkab Madina, tokoh masyarakat, dan para guru di lingkungan Dinas Pendidikan Madina. Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Aliakbar Harahap, dilanjutkan dengan pembacaan laporan panitia oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Jamila.

Dalam laporannya, Plt Kadis Pendidikan menyebutkan bahwa festival gordang sembilan dan tor-tor diikuti oleh 10 group dan 10 kelompok. Kegiatan tersebut penting untuk mewariskan nilai-nilai budaya bagi peserta didik dan anak bangsa.

Wakil Bupati Madina M. Ja'far Sukhairi Nasution menyambut baik kegiatan tersebut. Beliau mengatakan penguatan entitas kebudayaan daerah tidak bisa dilakukan sepihak saja, tetapi harus melibatkan pelbagai elemen masyarakat. Pemkab Madina sangat membuka ruang bagi pengembangan berbagai jenis kesenian daerah yang dimiliki.

"Gordang sambilan adalah kesenian asli daerah kita yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya Mandailing Natal. Karena itu, alangkah naifnya jika kita tidak bisa melestarikan dan mengembangkannya, baik untuk lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat," katanya.

"Gordang sambilan merupakan ensembel musik etnis terbesar kedua di dunia setelah musik tradisi lain di belahan Benua Afrika. Irama yang dibunyikan erat kaitannya dengan sendi-sendi filosofi kebudayaan Mandailing. Berbagai permainan musik ritmis seluruhnya merupakan simbol-simbol kehidupan, apalagi dengan berbagai jenis komposisi yang kita kenal selama ini. Dengan begitu, gordang sambilan bukan sekedar ensembel bunyi saja, tetapi merupakan bagian dari fisosofi kehidupan sosial masyarakat adat Mandailing," sambung Ja'far.

Wakil Bupati Madina kemudian memukul Gordang Sambilan sebagai tanda dimulainya festival.

Acara festival ini digelar selama dua hari. Para juri terdiri dari Emil Sulaiman Nasution, Sutan Bugis dan Ali Rachman Nasution sudah menetapkan kriteria penilaian, baik menyangkut durasi maupun kaidah-kaidah lainnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:gordang sembilanpemkab madinator tor
Berita Terkait
  • Kamis, 05 Apr 2018 20:32

    Truk CPO Masuk Jurang Sungai Batang Natal

    Sebuah truk tangki bermuatan CPO jatuh ke Sungai Batang Natal, tepatnya di Desa Bangkelang, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Rabu 4 April 2018.

  • Rabu, 07 Mar 2018 02:23

    Gemasu Dukung Korupsi Objek Wisata di Kabupaten Madina

    Puluhan massa berunjukrasa di depan gedung Kejati Sumut untuk‎ mempertanyakan proses hukum dugaan korupsi pembangunan objek wisata Taman Raja Batu dan Tapian Siri-siri Syariah di Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

  • Kamis, 15 Feb 2018 00:59

    Kejati Sumut dan Tim Ahli Jadwalkan Pemeriksaan Lapangan Proyek Taman Raja Batu

    Kejati Sumut sudah berkoordinasi dengan saksi ahli untuk turun ke lapangan melakukan pengecekan langsung ke objek korupsi Taman Raja Batu, di kawasan Perkantoran Paya Loting, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

  • Minggu, 04 Feb 2018 01:06

    Sejarah Sibaroar Nasution Akan Difilmkan

    Dengan tambahan sub title, dengan begitu film 'Sibaror Nasution' harus menggunakan bahasa Mandailing agar kontekstualitas ceritanya lebih kuat. Sekalian promosi bahasa sendiri.

  • Selasa, 30 Jan 2018 00:30

    Balita Tanpa Anus di Madina Butuh Bantuan Pemerintah dan Dermawan

    Anak pasangan Ilmah Hasibuan (32) dan Syarifuddin Nasution (35), warga Desa Sopo Batu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut, terlihat sangat tersiksa dengan kelainannya itu.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir