Bank Sumut

Festival Gordang Sembilan Dimulai, Ayo Tonton...

Oleh: Fauzan Helmi
Rabu, 27 Sep 2017 22:35
Dibaca: 293 kali
drberita
Pembukaan festival gordang sembilan dan tor tor Kabupaten Madina.
DINAMIKARAKYAT - Pembukaan Festival Gordang Sambilan dan Tor-Tor tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dimulai Rabu 27 September 2017.

Festivak dilaksanakan di Taman Raja Batu, Panyabungan, diikuti oleh utusan-utusan kecamatan dari wilayah Mandailing Godang dan Mandailing Julu. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Madina M. Ja'far Sukhairi Nasution.

Hadir segenap SKPD Pemkab Madina, tokoh masyarakat, dan para guru di lingkungan Dinas Pendidikan Madina. Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Aliakbar Harahap, dilanjutkan dengan pembacaan laporan panitia oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Jamila.

Dalam laporannya, Plt Kadis Pendidikan menyebutkan bahwa festival gordang sembilan dan tor-tor diikuti oleh 10 group dan 10 kelompok. Kegiatan tersebut penting untuk mewariskan nilai-nilai budaya bagi peserta didik dan anak bangsa.

Wakil Bupati Madina M. Ja'far Sukhairi Nasution menyambut baik kegiatan tersebut. Beliau mengatakan penguatan entitas kebudayaan daerah tidak bisa dilakukan sepihak saja, tetapi harus melibatkan pelbagai elemen masyarakat. Pemkab Madina sangat membuka ruang bagi pengembangan berbagai jenis kesenian daerah yang dimiliki.

"Gordang sambilan adalah kesenian asli daerah kita yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya Mandailing Natal. Karena itu, alangkah naifnya jika kita tidak bisa melestarikan dan mengembangkannya, baik untuk lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat," katanya.

"Gordang sambilan merupakan ensembel musik etnis terbesar kedua di dunia setelah musik tradisi lain di belahan Benua Afrika. Irama yang dibunyikan erat kaitannya dengan sendi-sendi filosofi kebudayaan Mandailing. Berbagai permainan musik ritmis seluruhnya merupakan simbol-simbol kehidupan, apalagi dengan berbagai jenis komposisi yang kita kenal selama ini. Dengan begitu, gordang sambilan bukan sekedar ensembel bunyi saja, tetapi merupakan bagian dari fisosofi kehidupan sosial masyarakat adat Mandailing," sambung Ja'far.

Wakil Bupati Madina kemudian memukul Gordang Sambilan sebagai tanda dimulainya festival.

Acara festival ini digelar selama dua hari. Para juri terdiri dari Emil Sulaiman Nasution, Sutan Bugis dan Ali Rachman Nasution sudah menetapkan kriteria penilaian, baik menyangkut durasi maupun kaidah-kaidah lainnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:gordang sembilanpemkab madinator tor
Berita Terkait
  • Sabtu, 23 Des 2017 02:22

    Erry Tandatangani Pembangunan Bandara Bukit Malintang di Madina

    Bandara rencananya diberina Bandara Jenderal TNI (Purn) Abdul Haris Nasution, yang diharapkan dapat mendorong kemajuan dan pengembangan wilayah Madina dan Sumut pada umumnya.

  • Selasa, 28 Nov 2017 00:20

    343 Guru Honor di Madina Belum Terima Gaji dari Pemprov Sumut

    Dinas Pendidikan Mandailing Natal (Madina) akan memfasilitasi 343 guru honor TKS SMA/SMK untuk mempertanyakan gaji yang belum di bayarkan selama 11 bulan ke Dinas Pendidikan Sumut.

  • Rabu, 15 Nov 2017 11:29

    Pemkab dan Polres Madina MoU Dana Desa

    Pemkab Mandailing Natal (Madina) mengikat nota kesepahaman bersama dengan Polres Madina dalam rangka pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa.

  • Rabu, 01 Nov 2017 17:46

    Pemkab Madina Hibahkan Lahan dan Bangunan Untuk STAIM Menjadi Negeri

    Dalam upaya penegerian Sekolah Tinggi Agama Islam Mandailing Natal (STAIM), Pemkab Madina menghibahkan sarana dan prasarana pendidikan sebagai salah satu persyaratan pendirian Perguruan Tinggi Agama Negeri.

  • Rabu, 18 Okt 2017 18:28

    Jamkrindo Hadir di Tabagsel Bantu UMKM

    Kantor Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) hadir di kawasan Tapanuli Bagian Selatan. Kantor unit pelayanan berada di Pasar Lama Penyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Rabu 18 Oktober 2017.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir