Festival Gordang Sembilan Dimulai, Ayo Tonton...

Oleh: Fauzan Helmi
Rabu, 27 Sep 2017 22:35
Dibaca: 455 kali
drberita
Pembukaan festival gordang sembilan dan tor tor Kabupaten Madina.
DINAMIKARAKYAT - Pembukaan Festival Gordang Sambilan dan Tor-Tor tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dimulai Rabu 27 September 2017.

Festivak dilaksanakan di Taman Raja Batu, Panyabungan, diikuti oleh utusan-utusan kecamatan dari wilayah Mandailing Godang dan Mandailing Julu. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Madina M. Ja'far Sukhairi Nasution.

Hadir segenap SKPD Pemkab Madina, tokoh masyarakat, dan para guru di lingkungan Dinas Pendidikan Madina. Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh Aliakbar Harahap, dilanjutkan dengan pembacaan laporan panitia oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Jamila.

Dalam laporannya, Plt Kadis Pendidikan menyebutkan bahwa festival gordang sembilan dan tor-tor diikuti oleh 10 group dan 10 kelompok. Kegiatan tersebut penting untuk mewariskan nilai-nilai budaya bagi peserta didik dan anak bangsa.

Wakil Bupati Madina M. Ja'far Sukhairi Nasution menyambut baik kegiatan tersebut. Beliau mengatakan penguatan entitas kebudayaan daerah tidak bisa dilakukan sepihak saja, tetapi harus melibatkan pelbagai elemen masyarakat. Pemkab Madina sangat membuka ruang bagi pengembangan berbagai jenis kesenian daerah yang dimiliki.

"Gordang sambilan adalah kesenian asli daerah kita yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya Mandailing Natal. Karena itu, alangkah naifnya jika kita tidak bisa melestarikan dan mengembangkannya, baik untuk lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat," katanya.

"Gordang sambilan merupakan ensembel musik etnis terbesar kedua di dunia setelah musik tradisi lain di belahan Benua Afrika. Irama yang dibunyikan erat kaitannya dengan sendi-sendi filosofi kebudayaan Mandailing. Berbagai permainan musik ritmis seluruhnya merupakan simbol-simbol kehidupan, apalagi dengan berbagai jenis komposisi yang kita kenal selama ini. Dengan begitu, gordang sambilan bukan sekedar ensembel bunyi saja, tetapi merupakan bagian dari fisosofi kehidupan sosial masyarakat adat Mandailing," sambung Ja'far.

Wakil Bupati Madina kemudian memukul Gordang Sambilan sebagai tanda dimulainya festival.

Acara festival ini digelar selama dua hari. Para juri terdiri dari Emil Sulaiman Nasution, Sutan Bugis dan Ali Rachman Nasution sudah menetapkan kriteria penilaian, baik menyangkut durasi maupun kaidah-kaidah lainnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:gordang sembilanpemkab madinator tor
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Senin, 11 Jun 2018 03:04

    Formada-Tabagsel Minta Polda Sumut Bentuk Satgasus

    Maraknya penambangan emas di Desa Lancat, Kecamatan Lingga Bayu dan Desa Ampung Siala, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, disinyalir ilegal tidak memiliki izin resmi dari Pemkab maupun Pemprovsu.

  • Kamis, 31 Mei 2018 02:01

    Pemkab Madina Temukan Sejumlah Makanan dan Minuman Kadaluarsa

    Dinas Kesehatan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Polres Madina melakukan razia makanan kadaluarsa disejumlah toko dan swalayan di Kota Panyabungan, Rabu 30 Mei 2018.

  • Sabtu, 26 Mei 2018 02:30

    Air Sungai Aek Orsik Meluap, Dahlan: Kasihan para siswa mau ujian

    Untuk mengantisipasi banjir, kata Dahlan, pihaknya akan memperlebar polongan yang di ujung dan mengorek sungai, serta memperbaiki tembok sekolah yang ambruk.

  • Senin, 14 Mei 2018 00:22

    Menko Perekonomian Dapat Gelar Sutan Kumala Sakti

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution beserta istri Salsia Ulfa Sahabi Manoppo mengikuti prosesi adat Mangupa-upa dan gelar adat kebangsawanan dari Pemkab Mandailing Natal.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir