Bank Sumut

Bahasa Indonesia Mendapat Tempat di Rusia

Jumat, 07 Agu 2015 09:05
Dibaca: 683 kali
istimewa/drc
Warga Rusia belajar bahasa Indonedia.

DINAMIKARAKYATCOM, Bahasa Indoensia kini mulai mendapat tempat di warga Rusia. KBRI di Moskow membuka kelas Bahasa Indonesia untuk para pecinta nusantara di negeri beruang merah tersebut.

Kelas Bahasa Indonesia sudah dibuka sejak tahun 2012, meski belum terdapat kurikulum secara  sistematis, demikian keterangan tertulis dari KBRI Moskow, Jumat (7/8/2015).

Data primer yang dikumpulkan menunjukkan bahwa 60% dari peminat Bahasa Indonesia di Rusia adalah karena pernah ke Indonesia dan ingin kembali, kemudian 40% lainnya tertarik dengan keunikan sosial budaya dan alam Indonesia.

Tak sedikit dari mereka yang belajar Bahasa Indonesia, sangat ingin mendapatkan beasiswa ke nusantara. Ada pula yang ingin mengembangkan bisnis, jalan-jalan, dan berbagai alasan lainnya.

KBRI Moskow juga menganggap bahwa dengan membuka kelas ini, maka sekaligus dapat mengembangkan soft diplomacy dengan Rusia. Sehingga citra positif dari Indonesia kemudian tersampaikan dan tercapai kepentingan nasional di bidang pengembangan sosial budaya.

Tenaga pengajar dari kelas ini merupakan sukarelawan yang berasal dari KBRI Moskow, atau pun warga Rusia yang telah mahir berbahasa Indonesia.

Kelas yang berlokasi di Sekolah Indonesia Moskow ini sempat kekurangan tenaga pengajar sehingga ditutup sementara pada tahun 2013, kemudian dibuka kembali pada 2014.

Saat ini kursus memiliki tenaga pengajar warga Rusia, Ms Elena Korchyagina, volunteer alumnus program Darmasiswa tahun 2012.

Para peserta didik tak hanya belajar Bahasa Indonesia, tetapi juga pengetahuan umum tentang Indonesia seperti tradisi dan seni budaya. Kesempatan ini sekaligus untuk mempromosikan keragaman nusantara kepada khalayak di Rusia. (ila/drc)

T#g:BuruhMoUdemo
Berita Terkait
  • Rabu, 21 Agu 2019 22:45

    Buruh Demo Walikota dan DPRD Medan Pertanyakan Kantor DPC KSPSI

    Massa FSP LEM-SPSI juga meminta Pemko Medan untuk menjelaskan status Kantor DPC KSPSI yang berada di Jalan Ahmad Yani VII No. 29 Medan, atau segera diberikan penggantinya.

  • Sabtu, 17 Agu 2019 01:25

    IJTI Kecam Intimidasi Oknum Aparat Kepada Jurnalis di Demo Buruh

    Kali ini menimpa sejumlah jurnalis dari media online dan TV, yang tengah meliput elemen buruh yang akan menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, pada Jumat 16 Agustus 2019.

  • Sabtu, 17 Agu 2019 01:12

    AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi Terhadap Jurnalis di Demo Buruh

    Sejumlah jurnalis mengalami kekerasan dan intimidasi oleh aparat kepolisian saat meliput massa pengunjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019. Sedikitnya enam jurnalis mengalami kekerasan.

  • Jumat, 02 Agu 2019 22:51

    Kader PMII Kena DO dari STMIK Triguna Dharma Gara-gara Demo Akriditasi

    Ari Gusti Syahputra (22) warga Jalan Garu I Gang Cempedak, No. 72C, Medan Amplas, kena DO dengan surat keputusan No. 3.4.008/STMIK-TGD/WK-I/I/2019 ditandatangani olek Wakil Ketua I Bidang Akademik Zulfian Azmi ST, M.Kom tertanggal 30 Januari 2019.

  • Jumat, 26 Jul 2019 18:29

    GMKI Desak Jokowi Cabut Izin 5 Perusahaan Perusak Danau Toba

    Puluhan massa kelompok mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan, mendesak Presiden Joko Widodo mencabut izin lima perusahaan yang diduga merusak ekosistem kawasan Danau Toba.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir