Bank Sumut

Bahasa Indonesia Mendapat Tempat di Rusia

Jumat, 07 Agu 2015 09:05
Dibaca: 650 kali
istimewa/drc
Warga Rusia belajar bahasa Indonedia.

DINAMIKARAKYATCOM, Bahasa Indoensia kini mulai mendapat tempat di warga Rusia. KBRI di Moskow membuka kelas Bahasa Indonesia untuk para pecinta nusantara di negeri beruang merah tersebut.

Kelas Bahasa Indonesia sudah dibuka sejak tahun 2012, meski belum terdapat kurikulum secara  sistematis, demikian keterangan tertulis dari KBRI Moskow, Jumat (7/8/2015).

Data primer yang dikumpulkan menunjukkan bahwa 60% dari peminat Bahasa Indonesia di Rusia adalah karena pernah ke Indonesia dan ingin kembali, kemudian 40% lainnya tertarik dengan keunikan sosial budaya dan alam Indonesia.

Tak sedikit dari mereka yang belajar Bahasa Indonesia, sangat ingin mendapatkan beasiswa ke nusantara. Ada pula yang ingin mengembangkan bisnis, jalan-jalan, dan berbagai alasan lainnya.

KBRI Moskow juga menganggap bahwa dengan membuka kelas ini, maka sekaligus dapat mengembangkan soft diplomacy dengan Rusia. Sehingga citra positif dari Indonesia kemudian tersampaikan dan tercapai kepentingan nasional di bidang pengembangan sosial budaya.

Tenaga pengajar dari kelas ini merupakan sukarelawan yang berasal dari KBRI Moskow, atau pun warga Rusia yang telah mahir berbahasa Indonesia.

Kelas yang berlokasi di Sekolah Indonesia Moskow ini sempat kekurangan tenaga pengajar sehingga ditutup sementara pada tahun 2013, kemudian dibuka kembali pada 2014.

Saat ini kursus memiliki tenaga pengajar warga Rusia, Ms Elena Korchyagina, volunteer alumnus program Darmasiswa tahun 2012.

Para peserta didik tak hanya belajar Bahasa Indonesia, tetapi juga pengetahuan umum tentang Indonesia seperti tradisi dan seni budaya. Kesempatan ini sekaligus untuk mempromosikan keragaman nusantara kepada khalayak di Rusia. (ila/drc)

T#g:BuruhMoUdemo
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Feb 2019 00:04

    Di Singapura, SBY dan Prabowo Tidak Ada Bicara Pilpres

    Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief mengatakan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak ada bicara pilpres ketika berjumpa di Singapura.

  • Sabtu, 16 Feb 2019 23:33

    Caleg Demokrat Tantang Jokowi dan Prabowo Datang ke Bandar Pulau

    Calon legislatif DPRD Provinsi Sumatera Utara, nomor urut 7 Muhammad Arief Tampubolon SH, dapil Sumut 5, dari Partai Demokrat, menantang kedua calon presiden Jokowi dan Prabowo untuk datang ke Kantor Camat Bandar Pulau, Kabupaten Asahan.

  • Senin, 04 Feb 2019 23:30

    Andi Arif: Jokowi memebuat malu Indonesia di mata Rusia

    Andi menuding pengetahuan Jokowi terbatas karena hanya sekadar menyamakan gaya kampanye Prabowo Subianto dengan Donald Trump di Pilpres Amerika.

  • Kamis, 24 Jan 2019 16:34

    AHY: Pemerintah Jangan Kisruh Sendiri

    Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meminta pemerintah memperjelas tindak lanjut rencana pembebasan bersyarat (PB) Abu Bakar Ba'asyir (ABB).

  • Kamis, 09 Agu 2018 09:57

    Kata Fadli Zon, Bukan Mahar Tapi Logistik

    Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon membantah tudingan yang dilayangkan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief terkait mahar sebesar Rp500 miliar dari Sandiaga Uno untuk PAN dan PKS agar menjadi cawapres Prabowo Subianto.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir