Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Terdakwa Pemalsu Merek Federal Oil Dituntut Ganti Rp15 Juta

Terdakwa Pemalsu Merek Federal Oil Dituntut Ganti Rp15 Juta

Rabu, 25 Apr 2018 23:59
Dibaca: 354 kali
ilustrasi
Federal Oil.
DINAMIKARAKYAT - Tuntutan ringan diberikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Febrina Sebayang dan Maria Tarigan kepada terdakwa Andy alias A Siang.

Meski terdakwa dinyatakan terbukti melakukan perdagangan dan pemalsuan hak merek serta materai federal oil, Andy 'cuma' dituntut untuk membayar denda sebesar Rp15 juta.

"Apabila denda tidak dibayar, maka diganti dengan kurungan penjara selama 3 bulan," ujar JPU Maria di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (25/4) siang.

Di hadapam majelis hakim yang diketuai oleh Syafril Batubara, JPU menilai terdakwa Andy terbukti melanggar Pasal 62 (1) UU RI No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Bukan cuma tuntutan ringan, sidang kali ini terbilang cepat karena pada hari itu juga dilanjutkan dengan agenda pembelaan (pledoi) dari terdakwa Andy. Setelah itu, majelis hakim menunda sidang hingga Rabu (2/5/2018) dengan agenda putusan.

Usai sidang, JPU Febrina Sebayang menjelaskan soal tuntutan yang tidak ada hukuman penjara itu.

"Dia (Andy alias A Siang) tidak memproduksi dan hanya membeli dari online. Oli nya juga belum diedarkan dan baru di simpan di gudang," jelas JPU dari Kejatisu tersebut.

Saat ditanya, apakah tuntutan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Febrina mengaku kalau tuntutan itu yang memberikan adalah pimpinannya.

Dalam dakwaan terendusnya usaha ilegal terdakwa berawal saat petugas Ditreskrimsus Polda Sumut melakukan penggrebekan sebuah gudang di Jalan Padang No. 5 Kecamatan Medan Tembung.

Di dalam gudang ditemukan ratusan botol oli merk federal. Setelah dicek kepada distributor tunggal di Sumut, produksi PT Federal Karyatama diketahui ternyata tidak ada menyimpan oli Federal di gudang tersebut.

"Petugas melakukan pengecekan botol oli. Hasil yang diperoleh seperti tidak memperlihatkan Security Ink (tulisan FEDERAL OIL warna putih) pada label botol kemasan bila disinari dengan alat berupa senter ultraviolet," tandas JPU.

Sedangkan, oli produksi PT Federal Karyatama bila disinari akan memunculkan tulisan FEDERAL OIL warna putih. Kemudian, saat diraba pada sudut kanan bawah botol tidak memiliki tanda gelombang. (art/drc)

Editor: admin

T#g:federal oilkejati sumutpemalsu merek federal oilpengadilan negeri medan
Berita Terkait
  • Minggu, 05 Agu 2018 00:53

    Buron Sejak 2007, Kejati Sumut Tangkap Buronan Maling Uang Rakyat di Perumahan Johor

    Buronan tersebut adalah Syahroni Hidayat. Ia ditangkap di kediamanya, Perumahan Johor Indah Permai 2, Blok A, No. 54, Linkungan 10, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

  • Senin, 30 Jul 2018 09:12

    Intelijen Kejati Sumut Tangkap DPO Maling Uang Rakyat di Banten

    Tim Intelijen Kejati Sumut yang dipimpin langsing Asintel Kejati Sumut Leo Simanjuntak menangkap DPO terpidana korupsi dari Kejari Langkat dan juga Kejari Pematangsiantar.

  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:44

    KPK Pantau Sidang Mafia Tanah Tamin Sukardi

    Giliran KPK yang memantau jalannya persidangan lanjutan atas kasus dugaan penjualan lahan milik negara seluas 74 hektare di Pasar 2, Desa Helvitia, Deliserdang, Sumatera Utara, dengan terdakwa mafia tanah Tamin Sukardi.

  • Kamis, 31 Mei 2018 02:47

    Dugaan Korupsi APBD Sergai, Agus Tripriyono Mangkir dari Panggilan Kejaksaan

    Keempat terduga yang dipanggil masing-masing mantan Sekda Haris Fadillah, mantan Kepala BPKAD Agus Tripriyono, mantan Bendahara Koko dan Kepala BPKAD Sergai Gustian.

  • Kamis, 24 Mei 2018 23:41

    Pemilik Showroom Mobil di Medan Dituntut Hukuman Mati

    Kedua terdakwa dalam amar tuntutan JPU dinilai terbukti bersalah melanggar ‎Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir