Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Rutan Kabanjahe Dibakar Akibat Razia Narkoba dan HP

Rutan Kabanjahe Dibakar Akibat Razia Narkoba dan HP

Rabu, 12 Feb 2020 23:08
Dibaca: 78 kali
drberita
Rutan Kabanjaher terbakar
Bobby Nasution Center
DRberita | Kerusuhan terjadi di Rutan Kabanjahe akibat kemarahan napi (warga binaan) yang tak terima dirazia dan dibawa ke Polres Tanah Karo, Rabu 12 Februari 2020. Kebakaran pun tak terhindari dari dalam rutan yang membuat sitausi semakin panik. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Jahari Sitepu mengatakan kerusuhan bermula ketika sipir melakukan razia.

Kemudian ditemukan sejumlah ponsel dan narkoba yang langsung disita petugas. "Ada razia pegawai kita di Rutan Kabanjahe, ditemukan banyak narkoba dan HP, narkoba ditemukan diserahkan ke polisi," kata Jahari.

Sejumlah tahanan beserta barang bukti narkoba dan ponsel dibawa ke Polres Tanah Karo. Akan tetapi, razia itu menyulut emosi para warga binaan.

Mereka mengamuk dan membakar sejumlah ruangan. "Tidak terima mereka semua karena razia itu. Informasi yang saya dapat, yang terbakar itu ruangan administrasi," jelasnya.

Menurut Jahari, Rutan Kabanjahe memiliki daya tampung 145 orang. Namun, selama ini diisi oleh 410 warga binaan.

Tak hanya kelebihan daya tampung, Rutan Kabanjahe juga kekurangan sipir atau petugas. Selama ini hanya ada 24 orang sipir di rutan tersebut. "Untuk penjagaan hanya sekitar 24 sipir," tuturnya.

Petugas kepolisian bersama sejumlah personel TNI AD, kata Jahari, sudah turun ke lokasi untuk melakukan pengamanan. Lima unit pemadam kebakaran juga telah di lokasi memadamkan api.

"Kondisi di sana mulai kondusif, api memang masih berkobar, pemadam kebakaran agak susah masuk ke sana, karena rumah rapat-rapat. Semua tahanan ditarik ke Polres," jelasnya.

Kini, semua warga binaan dievakuasi ke Mapolres Tanah Karo hingga waktu yang belum ditentukan. (art/drc)

Editor: Gambrenk

Sumber: cnnindonesia.com

T#g:kemenkumham sumutnapi bakar rutanrazia narkobarutan kabanjahe
Berita Terkait
  • Minggu, 18 Agu 2019 16:59

    Kakanwil Kemenkumham Sumut Akui Kesulitan

    Dewa juga mengakui soal masalah over kapasitas penghuni lapas dan rutan di Sumut. Tertanggal 16 Agustus 2019, penghuni lapas dan rutan di Sumut, berjumlah 34.439 orang. Padahal rutan dan lapas di Sumut hanya berdaya tampung 12.785 orang.

  • Rabu, 16 Mei 2018 02:17

    Erry Berharap Kanwil Kemenkumham Sumut Jadi Nomor 1 di Indonesia

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi di bawah kepemimpinan yang baru, Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara semakin kompak agar menjadi kanwil nomor satu di Indonesia.

  • Selasa, 30 Jan 2018 01:35

    Lapas Medan Terima 58 Narapidana Pindahan dari Banda Aceh

    Para narapidana diangkut dari Banda‎ Aceh ke Medan dengan menumpang tiga mobil tahanan milik Polresta Banda Aceh dan satu unit mobil tahanan Polres Pidie.

  • Selasa, 23 Jan 2018 02:07

    Kepala Cabang Rutan Madina Dicopot

    Pencopotan Armi dikarenakan Narapidana Arifin alias Afin (41) pelesiran keluar rutan dan ditangkap aparat kepolisian saat mengkonsumsi sabu bersama wanita Fia Rahmadani (26) di hotel di Kabupaten Madina.

  • Senin, 22 Jan 2018 11:37

    Sangsi Berat Menanti Sipir Lapas Binjai, 3 Lagi Napi Belum Ditangkap

    Kanwil Kemenkuham Sumut sudah menyiapkan sangsi untuk petugas Lapas Kelas 2A Binjai yang lalai bertugas, mengakibat 7 narapidana (napi) di Lapas tersebut melarikan diri, Senin 18 Desember 2017.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir