Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Ruangan Tahanan Sementara Pengadilan Negeri Medan Harus Steril dari Pengunjung

Ruangan Tahanan Sementara Pengadilan Negeri Medan Harus Steril dari Pengunjung

Kamis, 30 Nov 2017 00:06
Dibaca: 442 kali
drberita/istimewa
Kasi Pidum Kejari Medan Parada Situmorang periksa ruang tahanan sementara Pengadilan Negeri Medan.
DINAMIKARAKYAT - Untuk mencegah kaburnya tahanan dari Pengadilan Negeri Medan, Kejaksaan Negeri setempat melakukan pengamanan secara ketat, termasuk tidak mengizinkan keluarga bertemu dengan tahanan di ruangan tunggu.

Saat ini Pengadilan Negeri Medan tengah dilakukan renovasi, salah satunya ruangan tunggu tahanan.

‎Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Medan Parada Situmorang melakukan pengecekan langsung di ruang tunggu tahanan di Pengadilan Negeri Medan, Rabu 29 November 2017.

Parada melihat kondisi tahanan dan sempat berbincang dengan seorang pengawal tahanan yang bertugas di Pengadilan Negeri Medan. Ia sempat menegur seorang pengunjung memberikan rokok kepada tahanan.

Dari pantauan wartawan setiap hari aktivitas di ruang tunggu tahanan tampak semberaut dengan kunjungan tahanan terebut.

Kemudian, Parada pun masuk ke dalam ruangan sel sementara dan memberikan arahan kepada seluruh petugas pengawal tahanan. Ia meminta seluruh petugas pengawal tahanan bekerja sesuai dengan peraturan dan melakukan pengamanan ketat.

"Saya minta SOP nya seperti tadi. Mobil tahanan harus masuk ke dalam baru selanjutnya tahanan diturunkan dan dihitung satu per satu," tutur Parada.

Ia juga menegaskan agar ruang sel sementara harus steril dari pengunjung. Setiap pengunjung dilarang memberikan langsung kepada tahanan berupa bungkusan ataupun makanan.

"Ruang tahanan sementara ini harus steril dari pengunjung. Ini bukan rutan. Tidak bisa sembarang orang bisa masuk. Tidak ada lagi keluarga yang bisa langsung berikan makanan ke tahanan. Harus periksa semua barang yang masuk, kita harus antisipasi barang yang bisa menimbulman tindak pidana," ucapnya.

Selanjutnya, Parada mengaku akan terus mengevaluasi proses kedatangan dan kembalinya para tahanan dari Pengadilan Negeri Medan ke Rutan Tanjung Gusta. Kondisi yang amburadul bisa memicu tahanan kabur dan mencoba melarikan diri.

"Tahanan ini tanggung jawab kita. Jadi jangan ada miss komunikasi dan miss koordinasi lagi. Pak polisi ini tugasnya hanya melakukan pengawasan," tandasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:Kejari Medanpengadilan medanpengadilan negeri medantahanan kabur
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:44

    KPK Pantau Sidang Mafia Tanah Tamin Sukardi

    Giliran KPK yang memantau jalannya persidangan lanjutan atas kasus dugaan penjualan lahan milik negara seluas 74 hektare di Pasar 2, Desa Helvitia, Deliserdang, Sumatera Utara, dengan terdakwa mafia tanah Tamin Sukardi.

  • Sabtu, 26 Mei 2018 02:33

    Mantan Striker PSMS Dijebloskan ke Rutan Tanjung Gusta Medan

    Eks pemain tim nasional, ‎Andika Yudhistira Lubis, terjerat kasus penganiayaan terhadap seorang wanita berinsial ABS. Andika pun langsung dicebloskan ke Rutan Kelas IA Tanjunggusta Medan, Sumatera Utara.

  • Kamis, 24 Mei 2018 23:41

    Pemilik Showroom Mobil di Medan Dituntut Hukuman Mati

    Kedua terdakwa dalam amar tuntutan JPU dinilai terbukti bersalah melanggar ‎Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

  • Minggu, 20 Mei 2018 08:41

    77 Gedung SD di Kota Medan Diduga Jadi Ajang Korupsi

    Sebanyak 77 gedung Sekolah Dasar (SD) di Kota Medan, diduga jadi ajang korupsi oknum Dinas Pendidikan dan petinggi Pemko Medan, dengan total anggarannya sebanyak Rp 15,027 miliar.

  • Rabu, 25 Apr 2018 23:59

    Terdakwa Pemalsu Merek Federal Oil Dituntut Ganti Rp15 Juta

    Meski terdakwa dinyatakan terbukti melakukan perdagangan dan pemalsuan hak merek serta materai federal oil, Andy 'cuma' dituntut untuk membayar denda sebesar Rp15 juta.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir