Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Pengadilan Makin Tidak Jelas, Laurentius Divonis 97 Hari Penjara

Pengadilan Makin Tidak Jelas, Laurentius Divonis 97 Hari Penjara

Rabu, 04 Apr 2018 22:55
Dibaca: 522 kali
drberita/istimewa
Terdakwa Laurentius.
DINAMIKARAKYAT - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan memvonis ringan ‎Laurentius, terdakwa penganiyaan Achmad Husin Siregar yang dipaksa menghentikan musik saat adzan berlangsung dengan hukuman 97 hari penjara.

Meski dinyatakan bersalah ‎terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana dakwaan. Namun, hukuman dinilai rendah oleh kuasa hukum korban.

"Menimbang memutuskan dan mengadili terdakwa terbukti turutserta melakukan tindak pidana, sebagaimana diatur dalam pasal 351 ayat 1 KUHPIDANA. Dengan ini, menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Laurentius selama 3 bulan dan 7 hari penjara, " ungkap majelis hakim diketuai oleh Erintuah Damanik, Rabu 4 April 2018.

Dalam amar putusan majelis hakim, terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana diatur dalam pasal 170 ayat 1 KUHPidana (dakwaan primer).

"Terjadinya penganiayaan diakibatkan oleh sikap korban yang terlalu kasar, bahkan dengan suara tinggi melabrak terdakwa, sehingga terdakwa emosi dan memukuli korban," jelas Erintuah.

Namun pertimbangan hukum lainnya, Erintuah yang menyebutkan tindakan penganiayaan dilakukan terdakwa secara bersama-sama sebagaimana disebutkan dalam pasal 351 jo pasal 55 ayat 1 ke - 1 KUHPidana, namun tidak menyebutkan adanya terdakwa lain sebagai pelaku utama.

Menyikapi putusan tersebut, JPU Amir Harahap maupun terdakwa kompak mengatakan menerima putusan itu. Sementara itu, Laurentius hanya dituntut lima bulan oleh JPU, pada sidang sebelumnya.

Usai sidang Syamsul Huda Johan kuasa hukum korban Achmad Husein Siregar kepada wartawan mengatakan kasus ini penganiayaan berat sesuai pasal 170 subsidair 351. Harusnya hakim menilai berdasarkan pasal tersebut, jangan hanya secara kasat mata. Tapi juga harus mengedepankan rasa keadilan masyarakat.

"Hasil visum juga jelas secara nyata bahwa akibat penganiayaan terhadap korban, mengakibatkan wajah lebam dan bibir pecah, seharusnya masuklah pasal 170 itu, pasal 351 saja minimal ancaman hukumannya 2 tahun 8 bulan. Darimana dasar Jaksa menuntut 5 bulan penjara, dan hakim memutus di bawah itu lagi," ungkap Syamsul.

Anehnya lagi, lanjutnya, bila memang terdakwa  dinyatakan terbukti turutserta, lantas di mana pelaku utamanya dan kenapa tidak disebutkan dalam persidangan.

"Pengadilan ini makin tidak adil lagi dan berpihak. Ini tidak wajar, harusnya JPU banding. Ini terima saja," cetus Syamsul. (art/drc)

Editor: admin

T#g:adzan masjidpengadilan negeri medanumat islam
Berita Terkait
  • Minggu, 01 Sep 2019 00:37

    Amazing Muharram di Kota Medan

    Setiap tahunnya kegiatan amazing muharram ini menghadirkan tokoh-tokoh islam inspiratif untuk menebar inspirasi dan memotivasi umat islam dalam meningkatkan keimanan.

  • Minggu, 01 Sep 2019 00:07

    Sambut 1 Muharram, Warga Tanah 600 Marelan Baca Yasin

    Kekompakan warga semakin menjadi erat, tak mudah termakan isu yang bisa merusak kerukunan. Apalagi sekarang ini masih terjadi kerusuhan di ujung timur nusantara, tepatnya di Papua.

  • Senin, 26 Agu 2019 20:51

    Road Show UAS di Sumut: Mulai di Medan, Asahan dan Deliserdang

    Senin 26 Agustus 2019, road show tabligh akbar UAS di Masjid An Nur Jalan M. Yusuf Jintan, Bagan Percut, Dusun 16, Desa Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang dan Masjid Agung As Sakinah, Komplek Ruko Citra Garden, Jalan Jamin Ginting, M

  • Senin, 26 Agu 2019 19:38

    Marwan Dasopang Pastikan RUU Pesantren Disahkan Sebelum Pelantikan DPR Priode Baru

    Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan ditargetkan selesai sebelum anggota DPR periode baru 2019-2024 dilantik awal Oktober mendatang.

  • Jumat, 23 Agu 2019 00:59

    Tabligh Akbar 'Membangun Rumah di Surga' Terkumpul Rp 2 Miliar

    Selain penyampaian tausiyah oleh Ustaz Fatih Karim, juga dilakukan penggalangan dana untuk merampungkan pembangunan Masjid Agung Medan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir