Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Lima Terdakwa Pembakar Rumah Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup

Lima Terdakwa Pembakar Rumah Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup

Selasa, 09 Jan 2018 23:45
Dibaca: 310 kali
drberita/ilustrasi
Sidang pembakaran rumah.
DINAMIKARAKYAT - Lima terdakwa kasus pembakaran rumah dengan korban meninggal dunia 4 orang dituntut hukuman penjara seumur hidup di Pengadilan Negeri Medan, Selasa 9 Januari 2018.

Kelima terdakwa dituntut hukuman pejara seumur hidup masing-masing Cari Muli br Ginting, Jaya Mita br Ginting, Maju Suranta Siallagan alias Maju Ginting, serta Rudi Suranta Ginting dan Zulpan Nitra Purba.

"Meminta kepada majelis hakim mengadili dan memeriksa perkara ini, untuk menjatuhkan hukuman kepada 5 terdakwa dengan hukuman seumur hidup,"‎ ucap JPU Sindu Utomo di hadapan majelis hakim diketuai Richard Silalahi.

Dalam ama‎r tuntutan JPU, kelima terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembakaran rumah di Jalan Pertanian/Milala, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Rabu 5 April 2017, mengakibatkan 4 orang penghuni rumah tewas terbakar.

Keempat korban tewas masing-masing bernama ‎Marita br Sinuhaji, Frenki Riza Ginting, Kristin br Ginting dan Selvi br Ginting. Peristiwa pembakaran dilakukan para terdakwa dari luar dengan menggunakan BBM (bensin).

Korban meninggal menghirup CO2. Hasil autopsi, tenggorokan sampai paru-paru korban penuh CO2 dan mengalami luka bakar derajat 1 dan 2. Penyebab peristiwa itu dilatarbelakangi persoalan jual-beli tanah dan rumah.

"Meminta majelis hakim untuk menetapkan penahanan terhadap para terdakwa untuk ditahan dan dipotong masa tahanannya. Kemudian menetap seluruh barang bukti disita untuk dimusnahkan," tutur JPU.

Para terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 187 KUHPidana ayat 3 Jo Pasal 55 ayat 1 ke (1).

Usai mendengari tuntutan JPU, majelis hakim menunda sidang sampai pekan depan dengan agenda pembelaan (pledoi) yang akan disampaikan kelima terdakwa. (art/drc)

Editor: admin

T#g:hukuman penjara seumur hiduppembakaran rumahpengadilan medan
Berita Terkait
  • Rabu, 07 Feb 2018 00:36

    Tiga Terdakwa Sabu 2 Kilogram Dituntut 19 Tahun Penjara dan Rp1 Miliar

    Tiga terdakwa kasus sabu 2 kilogram masing-masing dituntut hukuman selama 19 tahun penjara di Pengadilan Negeri Medan, Selasa 6 Februari 2018.

  • Selasa, 23 Jan 2018 02:27

    Terdakwa Sabu 30 Kilogram Divonis 20 Tahun Penjara

    Pria asal ‎Desa Geulanggang Teungoh, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, ini terbukti bersalah menguasai dan mengendalikan narkotika jenis sabu seberat 30 kilogram.

  • Selasa, 23 Jan 2018 00:37

    JPU Ikut Banding Vonis Mati Andi Lala

    Jaksa penuntut umum (JPU) ikut menyatakan banding atas kasus pembunuhan sadis satu keluarga di Mabar, Kota Medan dan kasus pembunuhan di Lubuk Pakam, Deliserdang, Sumatera Utara.

  • Kamis, 18 Jan 2018 23:54

    Ditangkap di Jet Pline, Penembak Mobil CRV Divonis 5 Tahun Penjara

    Dalam dakwaan JPU, terdakwa Heriawan ditangkap oleh petugas Polrestabes Medan pada Selasa 1 Agustus 2017 Pukul 03.00 WIB di tempat hiburan malam, Jet Plane, di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Baru.

  • Kamis, 18 Jan 2018 12:41

    Andi Lala Banding Vonis Matinya

    Vonis mati Andi Lala atas dua kasus pembunuhan sadis yang dilakukan‎, yaitu pembunuhan sadis satu keluarga di Mabar, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan dan Lubuk Pakam, Deliserdang.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir