• Home
  • Hukum
  • Kejati Sumut Terima Pelimpahan Berkas dan Tersangka dari Gakkum KLHK

Kejati Sumut Terima Pelimpahan Berkas dan Tersangka dari Gakkum KLHK

Kamis, 08 Mar 2018 00:40
Dibaca: 368 kali
ilustrasi
Tersangka perdagangan satwa liar yang dilindungi.
DINAMIKARAKYAT - Kejati Sumut menerima pelimpahan tersangka dan berkas perkara kasus perdagangan satwa liar dilindungi dari ‎penyidik penegakan hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Sumatera‎, Rabu 7 Maret 2018.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sumut Sumanggar Siagian mengatakan tersangka bernama M. Ilyas alias Ilyas‎ warga Jalan Veteran Pasar 4, Dusun 7, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan, Kabupaten Deliserdang.

"Iya, sudah kita terima pelimpahan tahap dua kasus perdagangan satwa liar dilindungi yang ditangani penyidik gakkum KLHK Wilayah Sumatera," ungkap Sumanggar.

Sumanggar menjelaskan barang bukti yang diserahkan berupa satu lembar kulit harimau sumatera berukuran panjang 95 cm dan lebar 35 cm. Berikutnya sebuah kalung dari kuku harimau, dua dompet dan dua tali pinggang kulit harimau, serta dua kulit harimau berbentuk tapak kaki.

Kemudian lima taring beruang. Empat taring di antaranya sudah dilengkapi ring ornamen, tiga kuku beruang dengan ornamen, empat kuku macan dahan, dan tas selempang kulit macan.

"Sudah ditangani tim Jaksa penuntut umum (JPU) yang sudah ditunjuk," tutur Sumanggar.

Atas perbuatannya, tersangka Ilyas dijerat dengan Pasal 40 ayat 2 jo pasal 21 ayat 2b Undang-undang No. 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam, hayati dan ekosistem. Dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (art/drc)

Editor: admin

T#g:kejati sumutklhkkulit harimauperdagangan satwa liarsatwa liarsiti nurbaya
Berita Terkait
  • Minggu, 05 Agu 2018 00:53

    Buron Sejak 2007, Kejati Sumut Tangkap Buronan Maling Uang Rakyat di Perumahan Johor

    Buronan tersebut adalah Syahroni Hidayat. Ia ditangkap di kediamanya, Perumahan Johor Indah Permai 2, Blok A, No. 54, Linkungan 10, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

  • Senin, 30 Jul 2018 09:12

    Intelijen Kejati Sumut Tangkap DPO Maling Uang Rakyat di Banten

    Tim Intelijen Kejati Sumut yang dipimpin langsing Asintel Kejati Sumut Leo Simanjuntak menangkap DPO terpidana korupsi dari Kejari Langkat dan juga Kejari Pematangsiantar.

  • Kamis, 31 Mei 2018 02:47

    Dugaan Korupsi APBD Sergai, Agus Tripriyono Mangkir dari Panggilan Kejaksaan

    Keempat terduga yang dipanggil masing-masing mantan Sekda Haris Fadillah, mantan Kepala BPKAD Agus Tripriyono, mantan Bendahara Koko dan Kepala BPKAD Sergai Gustian.

  • Minggu, 20 Mei 2018 06:25

    Para Mantan Petinggi Pemkab Sergai Diperiksa Jaksa

    Para mantan petinggi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai), Senin 21 Mei 2018, dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

  • Jumat, 27 Apr 2018 22:41

    Merasa Dikriminalisasi, Mujianto Mohon Perlindungan dan Kepastian Hukum dari Presiden

    Ia menduga oknum penyidik Ditreskrimum Unit I Subdit II Harda-Bangtah Poldasu tidak professional dan proporsional sehingga terjadi kekeliruan yang sangat fatal menetapkannya menjadi tersangka.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir