Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Kejati Sumut Terima Pelimpahan Berkas dan Tersangka dari Gakkum KLHK

Kejati Sumut Terima Pelimpahan Berkas dan Tersangka dari Gakkum KLHK

Kamis, 08 Mar 2018 00:40
Dibaca: 413 kali
ilustrasi
Tersangka perdagangan satwa liar yang dilindungi.
DINAMIKARAKYAT - Kejati Sumut menerima pelimpahan tersangka dan berkas perkara kasus perdagangan satwa liar dilindungi dari ‎penyidik penegakan hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Sumatera‎, Rabu 7 Maret 2018.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sumut Sumanggar Siagian mengatakan tersangka bernama M. Ilyas alias Ilyas‎ warga Jalan Veteran Pasar 4, Dusun 7, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan, Kabupaten Deliserdang.

"Iya, sudah kita terima pelimpahan tahap dua kasus perdagangan satwa liar dilindungi yang ditangani penyidik gakkum KLHK Wilayah Sumatera," ungkap Sumanggar.

Sumanggar menjelaskan barang bukti yang diserahkan berupa satu lembar kulit harimau sumatera berukuran panjang 95 cm dan lebar 35 cm. Berikutnya sebuah kalung dari kuku harimau, dua dompet dan dua tali pinggang kulit harimau, serta dua kulit harimau berbentuk tapak kaki.

Kemudian lima taring beruang. Empat taring di antaranya sudah dilengkapi ring ornamen, tiga kuku beruang dengan ornamen, empat kuku macan dahan, dan tas selempang kulit macan.

"Sudah ditangani tim Jaksa penuntut umum (JPU) yang sudah ditunjuk," tutur Sumanggar.

Atas perbuatannya, tersangka Ilyas dijerat dengan Pasal 40 ayat 2 jo pasal 21 ayat 2b Undang-undang No. 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam, hayati dan ekosistem. Dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (art/drc)

Editor: admin

T#g:kejati sumutklhkkulit harimauperdagangan satwa liarsatwa liarsiti nurbaya
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Sep 2019 00:19

    Pema Sumut Laporkan Dugaan Korupsi Labuhanbatu, Medan dan Sergai

    Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Mahasiswa Sumatera Utara (DPW Pema Sumut) membawa dugaan korupsi yang terjadi disejumlah kabupaten kota ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

  • Rabu, 11 Sep 2019 23:01

    Dugaan Korupsi Rabat Beton Dinas PU Asahan Dibawa ke Kejati Sumut

    Dugaan korupsi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Asahan, masuk ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa 10 September 2019.

  • Selasa, 03 Sep 2019 11:26

    Punya Bukti, LSM Permak Bawah Korupsi RSUD Deliserdang di Kejatisu

    Reza Fahlevi mengatakan dirinya memiliki bukti-bukti atas dugaan korupsi tersebut. Sehingga pihaknya berjanji akan menyampaikan laporan dugaan korupsi tersebut secara resmi ke Kejatisu, pada aksi lanjutan.

  • Sabtu, 31 Agu 2019 12:14

    Tak Percaya, Alumni Minta Polda Buktikan Dugaan Korupsi UIN Sumut

    Dugaan korupsi di UIN Sumut menjadi perhatian alumni. Mereka tidak percaya sudah terjadi perbuatan 'haram' dibekas kampus tempat mereka menimba ilmu. Polda pun diminta untuk membuktikan tindak pidana korupsi itu.

  • Rabu, 28 Agu 2019 13:10

    PMII Desak Kejatisu Tetapkan Tersangka Lapangan Barosokai & Minta KPK Periksa Kapoldasu

    Dipimpin Koordinator Aksi Rahmad Ritongan, PMII mengingatkan bahwa kejahatan korupsi dan pungli di Kota Medan, Sumatera Utara, sudah tidak teratasi lagi oleh kepolsian dan kejaksaan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir