Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Dua Terdakwa Cula Badak Divonis Masing-masing 2 Tahun Penjara

Dua Terdakwa Cula Badak Divonis Masing-masing 2 Tahun Penjara

Senin, 08 Jan 2018 20:28
Dibaca: 76 kali
drberita/istimewa
Suharto dan Herman.
DINAMIKARAKYAT - Suharto dan Herman divonis masing-masing 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Medan, Senin 8 Januari 2018. Kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana perdagangan satwa liar cula badak.

"Menyatakan terdakwa Suharto dan Herman terbukti bersalah mem‎perdagangkan satwa liar dilindungi dengan barang bukti cula badak. Menjatuhkan hukuman masing-masing selama 2 tahun penjara kepada keduanya," ucap majelis hakim Erintuah Damanik.

Selain hukum penjara, amar putusan majelis hakim juga mewajibkan kedua terdakwa membayar denda sebesar Rp100 juta. "Bila mana tidak dibayarkan, digantikan dengan kurungan penjara selama 3 bulan," ungkap Erintuah Damanik.

Majelis hakim juga menetapkan barang bukti cula badak disita untuk dimusnahkan bersama satu unit mobil untuk disita negara. Kedua terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 40 ayat (2) UU RI No. 5 tahun 1990 jo pasal 55 ayat (1) ke-1e KUHP jo Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999.

Dalam persidangan digelar langsung tiga aenda, pertama pembacaan surat tuntutan oleh JPU dilanjutkan pengajuan nota pembelaan (pledoi) disampaikan kedua terdakwa secara lisan dan terakhir pembacaan surat putusan oleh majelis hakim.

Sementara vonis diterima kedua terdakwa lebih ringan dari tuntutan JPU ‎‎Septebrina Silaban yang menuntut Suharto dan Herman selama 3 tahun penjara dan denda Rp100 juta, subsider 6 bulan penjara. (art/drc)

Editor: admin

T#g:cula badakpengadilan medansatwa liar
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Jan 2018 23:54

    Ditangkap di Jet Pline, Penembak Mobil CRV Divonis 5 Tahun Penjara

    Dalam dakwaan JPU, terdakwa Heriawan ditangkap oleh petugas Polrestabes Medan pada Selasa 1 Agustus 2017 Pukul 03.00 WIB di tempat hiburan malam, Jet Plane, di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Baru.

  • Kamis, 18 Jan 2018 12:41

    Andi Lala Banding Vonis Matinya

    Vonis mati Andi Lala atas dua kasus pembunuhan sadis yang dilakukan‎, yaitu pembunuhan sadis satu keluarga di Mabar, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan dan Lubuk Pakam, Deliserdang.

  • Kamis, 18 Jan 2018 12:27

    Ando Akui Sekali Transaksi Seks Online Dapat Untung Rp300 Ribu

    Dalam persidangan dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa Ando menjelaskan untuk sekali ‎transaksi seks mendapatkan keuntungan sebesar Rp300 ribu.

  • Rabu, 17 Jan 2018 02:27

    Lima Terdakwa Pembakar Rumah Divonis 20 Tahun dan Penjara Seumur Hidup

    Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan memvonis lima terdakwa kasus pembakaran rumah yang menyebabkan 4 orang meninggal dunia dengan hukuman penjara 20 tahun dan penjara seumur hidup.

  • Rabu, 17 Jan 2018 02:25

    Anak Medan Penghina Jokowi dan Tito Divonis 18 Bulan Penjara

    Farhan Balatif terbukti bersalah melakukan penghinaan terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jendral Tito Karnavian melalui media sosial facebook dan twitter.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir