Bank Sumut
  • Home
  • Hukum
  • Andi Faisal: Kita akan undang pihak PT AIJ dan Pemko Medan

Andi Faisal: Kita akan undang pihak PT AIJ dan Pemko Medan

Oleh: Artam
Kamis, 22 Agu 2019 21:41
Dibaca: 733 kali
drberita/istimewa
Kepala Biro Hukum Pemprov Sumut Andi Faisal.
Bobby Nasution Center
DRBerita | Kepala Biro Hukum Pemprov Sumut Andi Faisal berencana akan memanggil jajaran Direksi PT Aneka Industri dan Jasa (AIJ) untuk menindaklanjuti perbaikan BOT yang dilakukan Gubernur Edy Rahmayadi.

"Dalam waktu dekat ini kita akan undang pihak PT AIJ untuk memastikan materi BOT yang diperbaiki," ujar Andi di kantornya, Kamis 22 Agustus 2019.

Andi mengaku sudah mendapat tugas dari gubernur melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provsu Sabrina untuk mempelajari kesalahan-kesalahan yang terjadi pada BOT pada massa gubernur sebelumnya. "Printah pimpinan pelajari hal itu. Jika tidak benar pasti ada konsekuensi hukumnya," sebutnya.

Diketahui, status Build Operate Transfer (BOT) aset Kantor PT AIJ, Jalan Merak Jingga, Medan, milik BUMD Pemprov Sumut, yang bermasalah itu telah diperbaiki oleh Gubernur Edy Rahmayadi.

Edy mengambil langkah cepat setelah mendapat informasi masalah BOT tiga aset PT AIJ dengan Perusahaan Modal Asing (PMA) yang katanya berasal dari Negara Korea.

Ketiga aset yang di BOT itu antara lain Kantor PT AIJ, Jalan Merak Jingga, Kantor Dinas Pariwisata Sumut, Jalan Ahmad Yani, Medan, dan lahan di Kualasimpang, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

BOT tersebut dilakukan pasa masa Tengku Erry Nuradi sebagai Gubernur Sumut, tahun 2017. PT AIJ saat itu dipimpin Dirut Purna Irawan. Proesenya melibatkan Biro Hukum dipimpin Sulaiman Hasibuan, Biro Perekonomian dipimpin Erita dan pihak Kejatisu sebagai pengacara negara.

Pada tahun 2018, BOT yang dilakukan menjadi temuan Dirkrimsus Polda Sumut. Sulaiman Hasibuan yang sudah pensiun dari PNS itu ketika bertemui di Masjid Agung Medan, mengakui dirinya telah dimintai keterangan oleh Polda Sumut.

Dalam BOT pembangunan gedung berjumlah 9 lantai. Tapi faktanya yang dikerjakan sebanyak 14 lantai. Dalam proses IMB yang dikeluarkan Pemko Medan melalui Dinas Perizinan Satu Pintu, telah terjadi kesalahan.

"Selain pihak PT AIJ, kita juga akan menyurati pihak Pemko Medan sebegai pihak yang mengeluarkan IMB pembangunan gedung di Jalan Merak Jingga itu," cetus Andi.  

Andi berjanji pekan depan akan memberikan informasi yang sebenarnya terkait perbaikan BOT. "Senin datang ke sini lagi, nanti sudah bisa dapat keterangan yang sebenarnya soal BOT itu," jelasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:andi faisalbot asetBUMD SumutPT AIJ
Berita Terkait
  • Rabu, 05 Feb 2020 00:47

    Korupsi PDAM Tirtanadi: Vonis 5 Terdakwa Beda

    Para terdakwa yakni Achmad Askari, Bambang Kurnianto, Pahmuddin, ketiganya mantan Kepala Cabang PDAM Tirtanadi Deli Serdang tahun 2015-2017. Ketiganya divonis masing-masing 2 tahun penjara.

  • Selasa, 05 Nov 2019 11:55

    HUT ke 58 Bank Sumut: Pertambahan Usia Momentum Inovasi

    Bertambahnya usia PT Bank Sumut 58 tahun menjadi momentum bagi perusahaan milik pemerintah daerah tersebut untuk terus berinovasi dan memperbaiki kualitas pelayanan.

  • Selasa, 17 Sep 2019 00:24

    Pemprovsu Laksanakan Bimtek Perda di Cambridge Hotel Medan

    Peraturan Daerah (Perda) menjadi acuan dan dasar penyelenggaraan pemerintahan daerah. Produk hukum ini sangat dibutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memperkuat penyelenggaraan pemerintah daerah di kabupaten kota.

  • Selasa, 27 Agu 2019 23:12

    Edy Belum Bisa Jelaskan Hasil Penyelesaian Masalah 3 BUMD Sumut

    Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sampai saat ini belum bisa menjelaskan hasil penyelesaian masalah pada tiga BUMD, yang terjadi di masa kepemimpinan Tengku Erry Nuradi.

  • Senin, 26 Agu 2019 17:11

    Andy Faisal Pimpin Negoisasi Dengan Majikan TKI Asal Sumut

    Kepala Biro Hukum Pemprovsu Andy Faisal yang memimpin negoisasi. Sementara Sekda Provsu Sabrina dan tim lainnya menjenguk TKI ke rumah sakit.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir