Zero Weste itu Konsep Peduli Lingkungan

Oleh: armand
Selasa, 16 Apr 2019 18:20
Dibaca: 146 kali
istimewa
Seminar Zero Waste.
DINAMIKARAKYAT, MEDAN | Ada yang unik dari kegiatan seminar dan sharing yang digelar jurusan PMI (Pengembangan Masyarakat Islam) FDK (Fakultas Dakwah dan Komunikasi) UIN SU. Pasalnya kegiatan yang berlangsung di gedung dua FDK tersebut, mengusung konsep zero waste atau bebas sampah. Sabtu, (13/4) kemarin.

Rilis yang diterima, Selasa (16/4), Zero Waste atau bebas sampah adalah sebuah konsep peduli lingkungan yang bertujuan mengurangi limbah material demi memulihkan sumber daya dan melestarikan lingkungan. Zero weste mengacu pada pengelolaan sampah dan pendekatan perencanaan yang menekankan pencegahan.

Melalui kegitan ini panitia ingin mengkampanyekan pola hidup yang lebih bijak terhadap lingkungan. 

"Kita buat begini karena kita miris belakangan mendapati fakta ada hewan laut yang mati karena didalam perutnya banyak sampah. Jadi ini upaya kita untuk mengajak sekitar kita supaya lebih bijak terhadap lingkungan, salah satunya dengan tidak menggunakan sampah plastik pada kegiatan ini", ungkap Dwinta Ayu Widyastuti selaku sekretaris panitia. 

Lelinawati Siregar S.Sos alumni PMI, founder Sekolah Mata Air Tobasa, yang juga merupakan pemateri menyampaikan apresiasi atas konsep yang diusung panitia. 

"Saya memuji apa yang hari ini adik-adik PMI lakukan, artinya ini sebagai suatu upaya buat kita memperkenalkan kegiatan itu bisa tidak meninggalkan sampah. Contohnya hari ini, kita disuruh bawa tumblr atau tempat minum sendiri", tuturnya. 

"Mahasiswa PMI itu harus menjadi fasilitator di tengah masyarakat, maka harus menjadi contoh yang baik. Salah satunya seperti ini. Saya kira ini pertama di kampus,  kegiatan yang tidak meninggalkam sampah. Bukan tidak mungkin, anak-anak PMI yang nantinya memperkenalkan konsep zero waste ini secara berkelanjutan", jelas Leli lagi.

(raden/ril)
T#g:uinsuzerowaste
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Apr 2019 18:23

    Siapkan Diri Hadapi Era Millenial

    DINAMIKARAKYAT, MEDAN | Melalui kegiatan seminar dan sharing bersama alumni, jurusan PMI (Pengembangan Masyarakat Islam) FDK (Fakultas Dakwah dan Komunikasi) UIN SU mengajak mahasiswa mempersiapkan di

  • Jumat, 07 Apr 2017 22:15

    Studium General: Syariat Islam Lebih Berkembang di Eropa dan Australia

    Sementara Inggris sudah mengklaim London sebagai pusat keuangan syariah di dunia, yang mengimbangi Dumay di Persia.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir