Bank Sumut
  • Home
  • Hiburan
  • Kemenpora Proses Status Warga Negara Ezra Walian Balik ke Indonesia

Kemenpora Proses Status Warga Negara Ezra Walian Balik ke Indonesia

Oleh: Admin
Senin, 02 Jan 2017 20:07
Dibaca: 606 kali
istimewa
Ezra Walina.
DINAMIKARAKYATCOM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merespon cepat keinginan striker Timnas Belanda U-19, Ezra Walian agar bisa menjadi warga Negara Indonesia.

Menpora Imam Nahrawi menyampaikan, otoritasnya sudah memberikan rekomendasi kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) agar bisa memproses cepat pergantian paspor pemain milik Ajax Amsterdam tersebut.

Dalam rekomendasi bernomor S./MENPORA/XII/2016 diterangkan, Kemenpora menyambut baik keinginan Ezra pindah kewarganegaraan dari Belanda menjadi Indonesia. Keinginan pemain 19 tahun tersebut agar bisa memperkuat skuat Timnas Garuda.
"Mohon perkenan menteri (Hukum dan HAM) untuk memproses pemberian hak kewarganegaraan bagi atlet yang dimaksud (Ezra), sesuai dengan UU 12/2006," demikian dalam surat rekomendasi yang dikeluarkan akhir Desember 2016.

Juru Bicara Kemenpora Gatot, kepada republika.co.id, Senin (2/1/2016), membenarkan surat rekomendasi percepatan pemberian kewarganegaraan tersebut.

Gatot mengatakan, Kemenpora sebagai otoritas yang berkaitan dengan keolahragaan punya kewajiban memberikan fasilitas berupa kemudahan perpindahan warga negara atau naturalisasi bagi para atlet.

"Benar, kami sudah merekomendasikan itu ke Kemenkumham akhir Desember lalu," katanya.
Saat ini, Ezra masih berkewarganegaraan Belanda. Namun, usianya memungkinkan dia memilih sendiri status kewarganegaraan.

Pilihan Ezra pindah warga negara, lantaran punya keterikatan keturunan dari leluhurnya. Ezra mengaku keinginannya menjadi warga negara Indonesia lantaran ingin memperkuat Timnas Garuda.

Ezra lahir dan besar di Negeri Kincir Angin. Namun bapaknya, asli Indonesia tulen dari Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Sedangkan, ibunya asli Belanda.

PSSI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pekan lalu, mengaku siap membantu kepindahan warga negara tersebut. (art/drc)
T#g:ezra waliankemenporankripssitimnas belandatimnas garuda
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Feb 2018 23:37

    Dollar Siregar Siap Menjadi Ketua PSSI Sumut

    Sejak menjabat Ketua PSSI Madina sudah banyak gebrakan yang dilakukan DOllar untuk memajukan persepakbolaan di antaranya melaksanakan Liga Pendidikan Indonesia yang bekerjasama dengan Pemkab Madina dan Liga 1 Madina.

  • Jumat, 12 Jan 2018 00:27

    PSSI Madina Kirim Tim Usia Dini ke Turnamen Piala Danone

    Ketua PSSI Mandailing Natal (Madina) Dollar Hafrianto didampingi Wakil Ketua Sahminan Rangkuti mengatakan Piala Danone merupakan salah satu kompetisi sepakbola tingkat Nasional untuk usia dini.

  • Jumat, 18 Agu 2017 22:42

    Ketum GIP NKRI: Kalau nanti saya berkuasa, yang pertama saya bubarkan adalah PDIP

    Ketua Umum Gerakan Islam Pengawal NKRI (GIP NKRI) DR. Masri Sitanggang mengatakan, jika dirinya yang berkuasa di republik ini, yang pertama kali dibubarkannya adala Partai Demokrai Indonesia Perjuangan (PDIP).

  • Senin, 14 Agu 2017 21:00

    Dollar Lepas Madina Jaya FC Hadapi PSDS dan PS TASBI

    Ketua PSSI Mandailing Natal (Madina) Dollar Hafryanto Siregar melepas klub Madina Jaya FC ikut bertanding di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam.

  • Minggu, 02 Jul 2017 23:40

    Ini Kata Edy Soal Penangguhan Pemain U-23

    Presiden Madura United (MU) Achsanul Qosasi menilai, pencabutan aturan tersebut, bentuk dari ketidakpastian di federasi induk sepak bola nasional.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir