UMKM Background Perekonomian Nasional

Kamis, 16 Nov 2017 00:14
Dibaca: 272 kali
drberita/istimewa
Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara.
DINAMIKARAKYAT - Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara mengatakan kekuatan ekonomi Indonesia ada pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Baginya, ini backbound perekonomian nasional.

"Kita harus menguatkan pemahaman para UMKM hingga di daerah-daerah dengan bersosialisasi, agar UMKM sebagai tulang punggungnya perekonomian bangsa bisa bangkit," tegas Ivan kepada wartawan di Medan, Rabu 15 November 2017.

Berdasarkan data LIPI, hanya 25 persen masyarakat mengetahui MEA dan pengusaha hanya 27 persen. Kadin bersama pemerintah harus sering turun ke daerah untuk menumbuhkembangkan UMKM tersebut. Bagi pengusaha pemula dan UMKM diharapkan untuk terus memperluas pasar.

"Kita harus mengubah cara pandang dan cara berpikir untuk mempromosikan produk. Promosi dan perluasan pasar tak lagi memerlukan biaya besar dan harus turun langsung ke negara yang dituju. Cara berpikir seperti inilah yang membuat para pengusaha hanya fokus memasarkan produk mereka di dalam negeri. Ini harus diubah agar kita maju," tandas Ivan.

Kerjasama yang dilakukan Kadin dan Japan Externa Trade Organization (Jetro) menjadi contoh, para pengusaha Sumut dapat membuka peluang baru melalui situs Trade Tie-Up Promotion Program (TTPP).

"TTPP ini membantu menjembatani produk para pengusaha dengan pembeli dari Jepang. Prosesnya menjadi lebih mudah. Selama ini para pengusaha daerah lain sudah memanfaatkan TTPP dan cukup berhasil. Mereka sudah 'go international'," papar Ivan.

Ivan menyimpulkan jika ekonomi ingin kuat, maka majukanlah UMKM. "Ini jugalah yang kami sampaikan dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada 26 Oktober lalu," katanya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:ivan batubarakadin sumutUMKM
Berita Terkait
  • Senin, 18 Des 2017 00:03

    Pilgubsu 2018: Setelah Orangtua, Ivan Batubara Jumpai Wartawan

    Ivan Iskandar Batubara mengakui setelah orangtuanya, dirinya menjumpai wartawan untuk mendapat dukungan menjadi Wakil Gubernur, mendampingi Tengku Erry Nuradi memimpin Sumatera Utara periode 2018-2023.

  • Jumat, 08 Des 2017 23:51

    Tengku Erry Terima Penghargaan dari Wapres

    Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan penghargaan produktivitas 'Paramakarya 2017'.

  • Rabu, 01 Nov 2017 23:47

    Pelaku Dunia Usaha Apresiasi Kinerja Tengku Erry

    Saat ini kita tinggal merawat apa yang sudah dibuat, makanya kami siap bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk mengatasi masalah industri perdagangan yang terjadi, sebab cukup banyak hal yang harus diselesaikan Gubsu.

  • Rabu, 18 Okt 2017 18:28

    Jamkrindo Hadir di Tabagsel Bantu UMKM

    Kantor Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) hadir di kawasan Tapanuli Bagian Selatan. Kantor unit pelayanan berada di Pasar Lama Penyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Rabu 18 Oktober 2017.

  • Minggu, 17 Sep 2017 22:27

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro Berinovasi Produk Menembus Pasar Modern

    Peran strategis usaha mikro tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro untuk mempertahankan usahanya meskipun dalam kondisi krisis ekonomi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir