Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Thailand Selatan jadi Potensi Produk asal Indonesia

Thailand Selatan jadi Potensi Produk asal Indonesia

Oleh: armand
Jumat, 02 Agu 2019 21:16
Dibaca: 513 kali
istimewa
Konsul Ekonomi, Konsulat Indonesia di Songkhla, Gamma Arifian Siddik saat memaparkan Hapex 2019.
DINAMIKARAKYAT | World Halal Product Expo (HAPEX) 2019 di Hatyai, Thailand Selatan sukses menghadirkan pengunjung ribuan dari Songkhla dan sekitarnya. 11 perusahaan asal Indonesia ambil bagian dalam peluang baik berbisnis dan menguntungkan perekonomian

Konsul Ekonomi, Konsulat Indonesia di Songkhla, Gamma Arifian Siddik menyatakan, pasca pameran halal terbesar di Thailand itu diharapkan mampu meningkatkan transaksi produk asal Indonesia masuk dan sebaliknya. 

"Jawa dikenal penghasil batik, pakaian Muslim maupun sentra Industri banyak di sana. Hapex ini merupakan salah satu sarana pembukaan akses pasar masuknya produk2 Indonesia ke Thailand melalui wilayah Selatan. Dengan banyaknya populasi Melayu Muslim di Thailand Selatan sangat potensial untuk memperkenalkan produk Indonesia karena secara selera hampir menyerupai dengan Indonesia sekaligus mengedukasi mereka akan produk dan wisata Indonesia,"ujar Gamma.

Hal ini penting lainnya adalah untuk membuka konektivitas dan mewujudkan komitmen ketiga pemimpin dalam IMT GT (Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangla) Summit di Singapura April 2018. Guna mewujudkan one single destination of IMT GT yang paling potensial, melalui jalur segitiga Songkhla-Medan-Penang yang memiliki kemiripan dari pengaruh kebudayaan Melayu, Tiongkok, Timur Tengah dan Eropa.

"Tiga daerah ini adalah bagian dari jaringan Old Town dan membuka pasar wisata antar negara. Pertemuan dua gubernur nantinya akan memperkuat hubungan ekonomi baik dari sisi wisata maupun perdagangan, dan mendesak menghadirkan kembali rute penerbangan Medan-Hatyai,"ungkap Gamma, Jumat (2/8).

Kemudian, kata Gamma, banyak juga mahasiswa asal Thailand yang menuntut ilmu di Indonesia seperti di Pulau Jawa dan Sumatera. Dalam momen ini, sebagian dari mereka membantu pengusaha asal Indonesia berkomunikasi dengan masyarakat Thailand. 

"Mereka tentunya jadi jembatan komunikasi dan membuka peluang Ekonomi mereka membawa produk dan membantu promosi untuk teman dan keluarganya. 

Karena salah satu sarana promosi yg masih menonjol di Thailand Selatan adalah word of mouth. 

Harapannya dengan Hapex ini Makin meningkat ekspor Indonesia ke Thailand Selatan, Makin banyak produk Indonesia yg dikenal Dan masuk ke Thailand Selatan dan Makin banyak turis asal Thailand Selatan ke Indonesia,"kata Gamma.
T#g:produk halalproduk indonesiathailand
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Agu 2019 21:30

    Meriahkan HUT RI, Ini Kado KRI di Songkhla

    Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, Konsulat Republik Indonesia Songkhla menyelenggarakan bazar Sisan Indonesia, 13-15 Agustus 2019 di Thailand Selatan. Kegiatan ini adalah kado dari Indonesia untuk seluruh rakyat.

  • Jumat, 26 Jul 2019 09:45

    Pengusaha Sumut Ikut Pameran Halal di Thailand

    World Halal Product Expo (HAPEX) 2019, Pameran halal terbesar di Hatyai, Thailand Selatan melibatkan 11 perusahaan di Indonesia. Tak ketinggal Dua perusahaan turut ambil bagian dari Sumatera Utara, CV Berkah Amanah Sejahtera dan Lovely Holidays Tour, Kami

  • Sabtu, 08 Jun 2019 10:34

    Mahasiswa di Thailand Selatan Lebaran di Konsulat

    Sejumlah mahasiswa dan guru praktik di Thailand Selatan asal Indonesia terpaksa batal merayakan lebaran di tanah air. Pasalnya, jarak dan tanggungjawab menjadikan Konsultan RI Songkhla jadi tempat berlabuh.

  • Rabu, 03 Jan 2018 23:42

    Pencuri Ikan di Perairan ZEE Indonesia Dihukum Denda Rp200 Juta

    JPU ‎menyebutkan Kitiphob Chiangsi dinilai terbukti bersalah melakukan pencurian ikan dengan barang bukti ikan seberat 1.115 kilogram di perairan ZEE Indonesia, tepatnya di kawasan Perairan Belawan.

  • Sabtu, 07 Jan 2017 16:25

    Lagi, 14 PSK Cina, 3 PSK Vietnam, 3 PSK Thailand Terjaring Imigrasi

    Para PSK WNA yang terjerat tinggal di kawasan Mangga Besar dan mereka bekerja di empat tempat hiburan di wilayah Grogol dan Kota.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir