Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Satgas Pangan Sumut Klaim Harga Stabil Jelang Idul Fitri

Satgas Pangan Sumut Klaim Harga Stabil Jelang Idul Fitri

Jumat, 08 Jun 2018 07:59
Dibaca: 143 kali
drberita/istimewa
Tim Satgas Pangan Sumut.
DINAMIKARAKYAT - Satuan Tugas (Satgas) gabungan pangan Sumatera Utara (Sumut) mengklaim harga menjelang lebaran Idul Fitri 1439 hijriyah masih tergolong stabil dengan kondisi stok aman‎. Begitu pun, tim Satgas Pangan Sumut tetap melakukan pemantauan disejumlah Pasar Tradisional di Medan.

‎"Monitoring dan pemantauan berkaitan dengan distribusi pangan yang menyangkut stok barang maupun harga barang di lapangan dan secara kontiniu sampai dengan hari ini, Kamis 7 Juli memantau berkaitan dengan stok maupun harga pangan di pasar-pasar," ucap Ketua Satgas Pangan Sumut Kompol Roman Smaradhana Elhaj kepada wartawan saat melakukan monitoring harga pangan di Medan, Kamis 7 Juni 2018.

Satgas Pangan Sumut terdiri dari Polda, Komisi Pengawas Persaingan Usaha Kantor (KPPU) Medan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut.

‎Roman mengungkapkan, mendekati lebaran satgas juga kembali melakukan rapat kordinasi dan memonitoring langsung terhadap harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional, peternakan, dan juga gudang-gudang penyimpanan sembako.

"Ada penindakan yang dilakukan oleh Satgas Pangan terhadap pengusaha-pengusaha yang masih melakukan penyimpangan di lapangan," ucap Kasubdit 1 Indag Direskrimsus Polda Sumut ini.

Untuk menghadapi hari besar keagamaan lebaran 2018, Roman terus melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk terus menjaga kestabilan harga pangan.

‎"Berkaitan dengan langkah-langkah dari Satgas Pangan, dari beberapa hari yang lalu semenjak pasca natal dan tahun baru, dari Satgas Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut telah melakukan beberapa langkah," jelas Roman.

‎Beberapa langkah yang dilakukan satgas itu dengan melibatkan pelaku usaha. Kemudian, Roman menjelaskan selama monitoring yaitu kurun waktu Januari hingga saat ini, sudah ada beberapa penyimpangan seperti gas bersubsidi, ada lima tempat kejadian perkara (TKP) yang dijumpai penyelewengan tersebut.

"Artinya gas bersubsidi tersebut dioplos untuk dijadikan gas nonsubsidi. Lalu juga terkait bawang putih dan merah sudah ada TKP. Kemungkinan masih ada penyimpangan oleh karena itu dari tim Satgas Pangan dan TPID berusaha tidak terjadi lagi penyimpangan, terangnya.

Ia berharap mendekati lebaran ini semua kondusif, stok pangan ada dan tidak terjadi lonjakan dan harga kebutuhan pokok di pasar tetap stabil. "Kita tetap menjaga dan memantau harga selanjutnya, usai lebaran nantinya," pungkasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:lebaran idul fitripasar tradisionalsatgas pangan sumutsembako
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Senin, 11 Jun 2018 03:07

    TPHP Sumut Klaim Harga Kebutuhan Pangan Stabil Jelang Idul Fitri

    Tim Pemantau Harga Pangan (TPHP) Sumut mengklaim harga kebutuhan pangan masih tergolong stabil ‎menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H. Namun masih ada sejumlah komoditi pangan mengalami kenaikan.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:18

    5 Maskapai Tambah Penerbangan Arus Mudik Lebaran di Bandara Kualanamu

    Pihak Bandara Kualanamu Internasional Airport, Deliserdang, Sumatera Utara, sudah menerima tambahan jadwal penerbangan (Ekstra Filght) dari 5 maskapai penerbangan untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2018.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:48

    KPPU Medan Warning Para Agen Penjual Daging Ayam dan Sapi

    Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan mewarning para agen penjual daging ayam. Karena harga daging ayam di pasaran masih mengalami kenaikan saat Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1439 H.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 02:51

    Jelang Idul Fitri, Bulog Sumut Impor 130 Ton Daging Kerbau Beku dari India

    Untuk memenuhi kebutuhan pasokan daging yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumut, ‎kembali mengimpor daging kerbau beku asal India sebanyak 130 ton.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir