• Home
  • Ekonomi
  • Program Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Petani Panen Desa Biting Jember

Program Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Petani Panen Desa Biting Jember

Sabtu, 29 Jun 2019 16:26
Dibaca: 22 kali
drberita/istimewa
Babinsa dampingi panen petani di desa biting jember.
DINAMIKARAKYAT - Program ketahanan pangan merupakan program kerjasama antara Kementrian Pertanian dan TNI AD dengan melaksanakan pendampingan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) kepada petani dari proses pengolahan lahan, penanaman, perawatan hingga saat pasca panen.

Serda Yunus Babinsa Biting Koramil Arjasa Kodim 0824/Jember bersama PPL Nurhasyim melaksanakan pendampingan panen padi milik Yudianto anggota Kelompok Tani Makmur Dusun Tegallo Desa Biting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, seluas 1,2 hektare.

Padi komoditas cibogo tersebut mampu berproduksi 6,5 ton per hektar dari hasil ubinan yang dilakukan sebelumnya. Pada kesempatan tersebut Babinsa bersama PPL menyampaikan himbauannya agar hasil panen dijual kepada Bulog Sub Divre XI Jember dalam rangka memperkuat stock gabah pemerintah dalam memelihara stabilitas harga pasaran.

Babinsa Serda Yunus juga menghimbau agar pasca panen ini dilaukan percepatan tanam dalam rangka meningkatkan luas tambah tanam, dengan memanfaatkan alat mesin pertanian dalam pengolahan lahan dan tanam, sehingga lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya, yang sangat menguntungkan petani.

Komandan Koramil 0824/02 Arjasa Lettu Caj Agus Teguh Yuwono mengapresiasi kegiatan Babinsa jajarannya, sebagai bagian dari tugas pendampingan yang harus dilaksanakan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional dalam mewujudkan swa sembada pangan, khususnya gabah atau beras, sebagai makanan pokok.

Hal yang sama juga disampaikan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar. Program pendampingan ketahanan pangan yang dilaksanakan Babinsa jajarnnya sebagai bagian dari tugas
kewilayahan.

Tugas pendampingan terebut merupakan tugas mulia yang berkaitan langsung dengan ketahanan nasional, swa sembada pangan berkaitan langsung dengan kedaulatan pangan. "Dengan stock pangan yang mencukupi kebutuhan dalam negeri, akan memantapkan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (ril/drc)

Editor: admin

T#g:babinsaketahanan pangankoramil arjasapanen paditni
Berita Terkait
  • Sabtu, 13 Jul 2019 17:18

    Kompi Markas "Macan" Juara Nembak Antar Kompi Yonif Para Raider 433/JS

    Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 433/JS Mayor Inf Yudy Ardiyan Saputro mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka melatih kemapuan dan kemahiran menembak senapan yang diikuti Perwira, Bintara dan Tamtama.

  • Selasa, 09 Jul 2019 17:16

    Dianggap Sebarkan Hoax, Kivlan Zein Laporkan Petinggi Polri

    Tiga polisi yang dilaporkan adalah Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M. Iqbal, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary, dan Kompol Pratomo Widodo.

  • Selasa, 09 Jul 2019 16:42

    Alasan Kurang Bukti, Bareskrim Tolak Laporan Mantan Komandan Tim Mawar

    Bareskrim Mabes Polri menolak laporan soal Majalah Tempo yang diajukan oleh Mantan Komandan Tim Mawar Mayjen (Purn) Chairawan Nusyirwan, karena alasan kurang barang bukti.

  • Sabtu, 06 Jul 2019 16:44

    Pangdam dan Wagubsu Hadiri Sertijab Danlantamal Belawan

    Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam sambutannya mengatakan serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak maju.

  • Sabtu, 29 Jun 2019 15:57

    Pangdam dan Kapolda Sumut Hadiri Simponi Religi dan Kebangsaan

    Ikatan Alumni Pesantren Darul Arafah Raya adakan simponi riligi dan kebangsaan peduli yatim dan dhuafa di Lapangan Merdeka, Jalan Pulau Pinang, Medan, Jumat 28 Juni 2019, dengan thema santri peduli negeri, harapan yatim dhuafa membangun bangsa.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir