Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Program Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Petani Panen Desa Biting Jember

Program Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Petani Panen Desa Biting Jember

Sabtu, 29 Jun 2019 16:26
Dibaca: 67 kali
drberita/istimewa
Babinsa dampingi panen petani di desa biting jember.
DINAMIKARAKYAT - Program ketahanan pangan merupakan program kerjasama antara Kementrian Pertanian dan TNI AD dengan melaksanakan pendampingan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) kepada petani dari proses pengolahan lahan, penanaman, perawatan hingga saat pasca panen.

Serda Yunus Babinsa Biting Koramil Arjasa Kodim 0824/Jember bersama PPL Nurhasyim melaksanakan pendampingan panen padi milik Yudianto anggota Kelompok Tani Makmur Dusun Tegallo Desa Biting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, seluas 1,2 hektare.

Padi komoditas cibogo tersebut mampu berproduksi 6,5 ton per hektar dari hasil ubinan yang dilakukan sebelumnya. Pada kesempatan tersebut Babinsa bersama PPL menyampaikan himbauannya agar hasil panen dijual kepada Bulog Sub Divre XI Jember dalam rangka memperkuat stock gabah pemerintah dalam memelihara stabilitas harga pasaran.

Babinsa Serda Yunus juga menghimbau agar pasca panen ini dilaukan percepatan tanam dalam rangka meningkatkan luas tambah tanam, dengan memanfaatkan alat mesin pertanian dalam pengolahan lahan dan tanam, sehingga lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya, yang sangat menguntungkan petani.

Komandan Koramil 0824/02 Arjasa Lettu Caj Agus Teguh Yuwono mengapresiasi kegiatan Babinsa jajarannya, sebagai bagian dari tugas pendampingan yang harus dilaksanakan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional dalam mewujudkan swa sembada pangan, khususnya gabah atau beras, sebagai makanan pokok.

Hal yang sama juga disampaikan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar. Program pendampingan ketahanan pangan yang dilaksanakan Babinsa jajarnnya sebagai bagian dari tugas
kewilayahan.

Tugas pendampingan terebut merupakan tugas mulia yang berkaitan langsung dengan ketahanan nasional, swa sembada pangan berkaitan langsung dengan kedaulatan pangan. "Dengan stock pangan yang mencukupi kebutuhan dalam negeri, akan memantapkan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (ril/drc)

Editor: admin

T#g:babinsaketahanan pangankoramil arjasapanen paditni
Berita Terkait
  • Senin, 23 Sep 2019 12:13

    Pesan Edy di HUT ke 54 Yonif Raider 100/PS

    Wilayah Sumatera Utara yang cukup luas dan sumber daya alam yang besar, namun infrastrukturnya yang masih terbatas serta sumber daya manusianya yang masih perlu ditingkatkan kualitasnya merupakan tantangan khusus bagi aparatur di daerah, termasuk prajurit

  • Sabtu, 07 Sep 2019 14:37

    Imbas Festival Multi Etnis, 2 Anggota DPRD Medan Minta Eldin Copot Kadis Kebudayaan

    Hendra dan anggota Fraksi Golkar Ilhamsyah menganggap Dinas Kebudayaan tidak mampu menyajikan kesenian yang berkualitas. Tidak sekedar kesenian bersifat hiburan, akan tetapi memiliki fungsi pembinaan pada kesenian itu sendiri.

  • Jumat, 06 Sep 2019 20:22

    Masyarakat Belawan Dapat MCK dan Sumur Bor dari Persit KCK PD I Bukit Barisan

    MCK dan Sumur Bor dalam rangka bakti sosial Persit Kartika Chandra Kirana PD I Bukit Barisan, telah diresmikan di Jalan Taman Makan Pahlawan, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

  • Selasa, 03 Sep 2019 22:26

    Dewan Kesenian Medan Protes Festival Multi Etnis

    Anggaran kegiatan yang tergolong lumayan besar ini, jika dibandingkan dengan kondisi di lapangan tidak terlalu mewah. Sebaliknya, kegiatan kelihatan biasa-biasa saja.

  • Sabtu, 24 Agu 2019 00:01

    Melihat Latihan Nembak Senjata Berat TNI AD 2019

    Latihan menembak senjata berat terintegrasi yang melibatkan rudal-rudal canggih kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD, untuk menguji kemampuan alutsista terbaru yang akan diikutkan dalam latihan gabungan TNI 2019.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir