Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Penukaran Uang Pecahan Kecil Jelang Idul Fitri Cukup Tunjukkan KTP Elektronik

Penukaran Uang Pecahan Kecil Jelang Idul Fitri Cukup Tunjukkan KTP Elektronik

Jumat, 08 Jun 2018 08:16
Dibaca: 160 kali
drberita/istimewa
Kepala ‎BI Kantor Perwakilan Sumut Arief Budi Santoso saat meninjau penukaran uang di Lapangan Benteng, Medan.
DINAMIKARAKYAT - Bank‎ Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumut mencatat ‎transaksi penukaran uang hingga Rabu 6 Juni 2018, sudah mencapai Rp 14,1 miliar. Kebutuhan uang pecahan kecil itu untuk memenuhi kebutuhan lebaran Idul Fitri 1439 hijriyah.

Untuk penukaran uang kecil juga dilakukan BI Sumut melalui loket mobile disejumlah pasar tradisional di Kota Medan mencapai Rp 1,1 miliar dan di loket-loket bank umum sebesar Rp 215,6 miliar.

"Kemudian juga penukaran uang pecahan kecil tersebut di Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
sudah mencapai Rp 3,5 miliar," ungkap Kepala BI Kantor Perwakilan Sumut Arief Budi Santoso kepada wartawan di Lapangan Benteng, Medan, Kamis 7 Juni 2018.

Sementara untuk penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan di beberapa instansi dengan menggunakan mobil khas keliling sudah mencapai Rp 2 miliar. BI sendiri menggunakan khas keliling di Lapangan Benteng, Medan.

"Respon masyarakat untuk penukaran uang pecahan tahun ini memang terbilang stabil atau sama dari tahun lalu. Tahun ini diberikan per orang Rp 5,6 juta, memang tidak semuanya akan menukarkan sebanyak itu," tuturnya.

Penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan BI di Lapangan Benteng akan berlangsung sampai 7 Juni dengan syarat penukaran menunjukkan KTP Elektronik.

"Dengan persyaratan yang diminta seperti KTP Elektronik, memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu repot melakukan penukaran di tempat lain," terangnya.

Masyarakat membutuhkan dan menyukai penukaran Rp 2 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu. "Ini menjadi satu rangkaian dari kegiatan-kegiatan penukaran uang yang sudah dilakukan Bank Indonesia sejak awal. Di awal sudah saya sampaikan di ramadhan dan lebaran tahun ini Bank Indonesia dan perbankan sepenuhnya membantu kebutuhan masyarakat akan kebutuhan uang pecahan," katanya.

Bank Indonesia sudah menyiapkan total Rp 4,1 triliun naik 15 persen dari tahun sebelumnya yaitu Rp 3,7 triliun. Rp 3 miliar di antaranya untuk keperluan uang pecahan kecil untuk Lebaran.

Arief menjelaskan uang pecahan kecil yang disediakan Bank Indonesia mulai dari pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000. Jika masyarakat menukarkan sebanyak jumlah yang ditentukan, yaitu Rp 5,6 juta, maka akan mendapatkan uang pecahan kecil Rp 20.000 satu pack, Rp 10.000 dua pack, Rp 5.000 satupack, dan Rp 2.000 tiga pack. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bank indonesialapangan benteng medanlebaran idul fitriuang pecahan kecil
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Senin, 11 Jun 2018 03:07

    TPHP Sumut Klaim Harga Kebutuhan Pangan Stabil Jelang Idul Fitri

    Tim Pemantau Harga Pangan (TPHP) Sumut mengklaim harga kebutuhan pangan masih tergolong stabil ‎menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H. Namun masih ada sejumlah komoditi pangan mengalami kenaikan.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:18

    5 Maskapai Tambah Penerbangan Arus Mudik Lebaran di Bandara Kualanamu

    Pihak Bandara Kualanamu Internasional Airport, Deliserdang, Sumatera Utara, sudah menerima tambahan jadwal penerbangan (Ekstra Filght) dari 5 maskapai penerbangan untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2018.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:48

    KPPU Medan Warning Para Agen Penjual Daging Ayam dan Sapi

    Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan mewarning para agen penjual daging ayam. Karena harga daging ayam di pasaran masih mengalami kenaikan saat Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1439 H.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 02:51

    Jelang Idul Fitri, Bulog Sumut Impor 130 Ton Daging Kerbau Beku dari India

    Untuk memenuhi kebutuhan pasokan daging yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumut, ‎kembali mengimpor daging kerbau beku asal India sebanyak 130 ton.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir