• Home
  • Ekonomi
  • PT SRB Dukung Indonesia Jadi Pusat Logistik di Asia Pasifik

PT SRB Dukung Indonesia Jadi Pusat Logistik di Asia Pasifik

Kamis, 20 Jun 2019 15:51
Dibaca: 101 kali
drberita/istimewa
Grand Opening Pusat Logistik Berikat (PLB)
DINAMIKARAKYAT - Pusat Logistik Berikat (PLB) telah berdiri di Kota Medan, Sumatera Utara, yang akan dijadikan pusat kegiatan bahan impor baku dan telah mendapat izin dari pihak Dirjen Bea Cukai.

Direktur PT Samudera Raya Berjaya (SRB) Hery Susanra mengatakan latar belakang pengajuan izin PLB salah satunya adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah melalui Kebijakan Ekonomi Volume II.

"Yaitu menjadikan Indonesia sebagai pusat logistik di kawasan Asia Pasifik," ujar Hery di acara Grand Opening Pusat Logistik Berikat (PLB), di Jalan MG Manurung Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, Rabu 19 Juni 2019.

Acara grand opening tersebut dihadiri perwakilan Bea Cukai, Pemprov Sumut, pengurus PT SRB dan ratusan undangan. 

PLB, kata Hery, merupakan salah satu fasilitas kepabeanan yang diberikan oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai yang mendapat penangguhan bea masuk (BM) dan tidak dipungut pajak pertambahan nilai (PPN) selama paling lama tiga tahun.

Hal itu diberikan pada barang impor yang ditimbun di PLB sebelum nantinya didistribusikan ke dalam daerah pabean atau diekspor kembali ke luar negeri.

Dengan adanya PLB maka perusahaan industri, lanjut Hery, khususnya industri manufaktur yang menggunakan bahan baku impor, dapat melakukan impor bahan bakunya melalui PLB.

"Selain itu, impor bahan baku melalui PLB diharapkan juga dapat mempercepat proses penyelesaian kepabeanannya," jelasnya.

Pihak Bea Cukai, kata Hery, menyampaikan pesan agar PLB dapat berkontribusi bagi percepatan perkembangan perekonomian di Sumatera Utara, kemudian dapat memenuhi segala kewajiban dan larangan yang berlaku bagi pengusaha PLB.

"Kita berharap izin PLB ini tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain atau melanggar kepabeanan maupun perpajakan," kata Hery. (bem/drc)

Editor: admin

T#g:bea cukaiPemprov Sumutpt samudera raya berjayapt srbpusat logistik berikat
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Jul 2019 00:07

    Rapat "Kilat" KUA PPAS APBD Sumut 2020 Dihadiri Tiga Anggota Dewan

    Rapit "kilat" yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, itu hanya dihadiri oleh dua orang anggota dewan Aripay Tambunan dan Yantoni Purba, selebihnya tak kelihatan.

  • Jumat, 12 Jul 2019 01:04

    Edy Pimpin Kick Off Kebersihan dan Mitigasi Banjir Kota Medan

    Selain itu, Edy mengaku telah berkordinasi dengan Menteri Agraria untuk pembebasan lahan di daerah pinggiran sungai dan diharapkan BPN Kota Medan untuk segera menindaklanjutinya.

  • Selasa, 09 Jul 2019 20:04

    Balitbang Sumut Siapkan 5 Daerah Percontohan KAT

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Utara Irman mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan finalisasi KAT dibeberapa daerah sebagai percontohan.

  • Minggu, 07 Jul 2019 16:52

    366 Penerima Hibah Bansos 2018 dari Pemprov Sumut Jadi Temuan

    Di antaranya adalah Yayasan Kanker Indonesia (YKI) sebesar Rp 750 juta, Yayasan Kemakmuran Masjid Al Huda Gaperta Medan, Jalan Balai Desa/Beringin V, No. 116 Kelurahan Helvetia, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, sebesar Rp 500 juta.

  • Kamis, 04 Jul 2019 18:42

    Edy Rahmayadi Buka Pelatihan SKPDB di Rindam

    Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuka kegiatan pelatihan Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) bagi pimpinan Sekretariat Daerah dan Kepala BPBD kabupaten kota di Markas Resimen Induk Daerah Militer (Rindam).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir