Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • PT SRB Dukung Indonesia Jadi Pusat Logistik di Asia Pasifik

PT SRB Dukung Indonesia Jadi Pusat Logistik di Asia Pasifik

Kamis, 20 Jun 2019 15:51
Dibaca: 192 kali
drberita/istimewa
Grand Opening Pusat Logistik Berikat (PLB)
DINAMIKARAKYAT - Pusat Logistik Berikat (PLB) telah berdiri di Kota Medan, Sumatera Utara, yang akan dijadikan pusat kegiatan bahan impor baku dan telah mendapat izin dari pihak Dirjen Bea Cukai.

Direktur PT Samudera Raya Berjaya (SRB) Hery Susanra mengatakan latar belakang pengajuan izin PLB salah satunya adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah melalui Kebijakan Ekonomi Volume II.

"Yaitu menjadikan Indonesia sebagai pusat logistik di kawasan Asia Pasifik," ujar Hery di acara Grand Opening Pusat Logistik Berikat (PLB), di Jalan MG Manurung Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, Rabu 19 Juni 2019.

Acara grand opening tersebut dihadiri perwakilan Bea Cukai, Pemprov Sumut, pengurus PT SRB dan ratusan undangan. 

PLB, kata Hery, merupakan salah satu fasilitas kepabeanan yang diberikan oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai yang mendapat penangguhan bea masuk (BM) dan tidak dipungut pajak pertambahan nilai (PPN) selama paling lama tiga tahun.

Hal itu diberikan pada barang impor yang ditimbun di PLB sebelum nantinya didistribusikan ke dalam daerah pabean atau diekspor kembali ke luar negeri.

Dengan adanya PLB maka perusahaan industri, lanjut Hery, khususnya industri manufaktur yang menggunakan bahan baku impor, dapat melakukan impor bahan bakunya melalui PLB.

"Selain itu, impor bahan baku melalui PLB diharapkan juga dapat mempercepat proses penyelesaian kepabeanannya," jelasnya.

Pihak Bea Cukai, kata Hery, menyampaikan pesan agar PLB dapat berkontribusi bagi percepatan perkembangan perekonomian di Sumatera Utara, kemudian dapat memenuhi segala kewajiban dan larangan yang berlaku bagi pengusaha PLB.

"Kita berharap izin PLB ini tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain atau melanggar kepabeanan maupun perpajakan," kata Hery. (bem/drc)

Editor: admin

T#g:bea cukaiPemprov Sumutpt samudera raya berjayapt srbpusat logistik berikat
Berita Terkait
  • Selasa, 15 Okt 2019 10:33

    Siap-siap, Eselon 3 di 26 OPD Pemprovsu Akan Dirotasi

    Para pejabat eselon tiga Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), agar bersiap-siap terkena rotasi dalam waktu dekat. Ada 26 OPD yang akan dirotasi.

  • Kamis, 03 Okt 2019 22:23

    Lelang Ulang OPD Pemprovsu, Sabrina: Yang lain nyusul

    Satu dari 9 OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dilakukan lelang ulang. Delapan OPD lainnya akan menyusul. OPD yang dilelang ulang yaitu Direktur Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Muhammad Ildrem.

  • Selasa, 17 Sep 2019 00:24

    Pemprovsu Laksanakan Bimtek Perda di Cambridge Hotel Medan

    Peraturan Daerah (Perda) menjadi acuan dan dasar penyelenggaraan pemerintahan daerah. Produk hukum ini sangat dibutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memperkuat penyelenggaraan pemerintah daerah di kabupaten kota.

  • Selasa, 17 Sep 2019 00:02

    Pelantikan 100 Anggota DPRD Sumut: Mengabdilah Untuk Kepentingan Rakyat

    Sebanyak 100 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024 resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa pengucapan sumpah atau janji di Gedung Dewan, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin 16 September 2019.

  • Senin, 09 Sep 2019 12:14

    TPP ASN BP2RD Sumut Belum Dibayar: Plt Kaban Bantah

    Sudah delapan bulan ASN di Badan Pengelolaan Pajak & Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Sumatera Utara, belum menerima Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP). Namun insentip dari upah pungut (UP) sudah dua kali diterima ASN.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir