Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Ketua Kadin Madina Dilantik: Ada semacam ketidakpercayaan pihak bank

Ketua Kadin Madina Dilantik: Ada semacam ketidakpercayaan pihak bank

Oleh: Fauzan Helmi
Sabtu, 28 Okt 2017 22:51
Dibaca: 73 kali
drberita
Sobar Lubis.
DINAMIKARAKYAT - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) periode 2017-2022, Sobar Lubis dilantik di Hotel Penyabungan, Rabu 25 Oktober 2017, oleh Ketua Kadin Sumut Ivan Batubara.

Pelantikan dihadiri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution, Wakil Bupati M. Ja'far Sukhairi Nasution, Kapolres AKBP Martri Sonny, ketua sebelumnya  Saparuddin Haji serta para pengusaha.

Sobir Lubis diharapkan membawa semangat baru dalam melanjutkan program-program Kadin, membangkitkan semangat perekonomian di daerah, terutama di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ketua Kadin Madina Sobir Lubis mengatakan saat ini di Kabupaten Madina masih banyak pelaku usaha berskala UKM yang terkendala memperoleh pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari pemerintah. Hal itu dikarenakan regulasi yang belum menyentuh kepada azas saling mempercayai.

Misalnya, bank penyalur KUR tidak bersedia memberika pinjaman apabila pelaku usaha tidak memiliki agunan.

"Sedangkan banyak pengusaha kecil hanya memiliki satu aset untuk diagunkan. Masalahnya, ketika aset satu-satunya itu masih berada di dalam pegangan satu bank, maka si pengusaha tidak bisa melakukan pinjaman ke bank lain," kata Sobir.

Permasalahan lain, kata Sobir, pihak bank juga tidak memberikan pinjaman kepada pengusaha kecil yang masih memiliki hutan.

"Ada semacam ketidakpercayaan pihak bank. Dalam persoalan ini yang paling menderita adalah pelaku ekonomi UKM yang masih memulai usahanya," sambungnya.

Sobar berharap ada regulasi baru agar pengusaha kecil lebih mudah melakukan pinjaman. Salah satu regulasi yang diharapkan adalah mengatur adanya peluang bagi pemerintah daerah untuk menjadi pihak penjamin.

Pemerintah harus melakukan penilaian terhadap usaha-usaha kecil yang memiliki kelayakan memperoleh pinjaman untuk nantinya berfungsi sebagai jaminan. (art/drc)

Editor: admin

T#g:kadin madinakamar dagang dan industrisobar lubis
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir