• Home
  • Ekonomi
  • Kasus Rp 147 Miliar Bank Sumut, Alwi: Pemprov dan DPRD Jangan Tidur

Kasus Rp 147 Miliar Bank Sumut, Alwi: Pemprov dan DPRD Jangan Tidur

Kamis, 20 Jun 2019 16:10
Dibaca: 334 kali
drberita/istimewa
Kantor Bank Sumut
DINAMIKARAKYAT - Kerugian yang dialami Bank Sumut sebesar Rp 147 miliar akibat pembelian Medium Trem Note (MTN) atau surat utang jangka menengah milik PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP finance) belum juga menemukan titik penyelesaian.

Permintaan agar Bank Sumut segera bertanggung jawab atas kerugian tersebut terus mengalir dari masyarakat. Salah satunya dari Ketua Umum Badko HMI Sumut M. Alwi Hasbi Silalahi, Kamis 20 Juni 2019.

Sebagai salah satu BUMD milik Pemprov Sumut, kata Alwi, kehilangan uang bukanlah hal yang bisa didiamkan begitu saja. Harus ada pihak yang harus bertanggung jawab atas pengelolaan dan hasil dari Bank Sumut agar dapat mendorong pembangunan wilayah Provinsi Sumatera Utara.

"Bank Sumut itu kan BUMD, milik seluruh masyarakat dan kepengelolaannya juga untuk pembangunan Provinsi Sumatera Utara. Persoalan kehilangan ini jangan dianggap hal biasa, harus ada pihak yang bertanggung jawab. Dan itu pasti dari pihak Bank Sumut," ujar Alwi.

Dia meminta adanya desakan kepada Bank Sumut untuk segera bertanggung jawab, baik itu dari Pemerintah Provinsi, DPRD Sumut, maupun dari lembaga anti rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kasus ini sudah lama berjalan, tapi sampai hari ini belum ada juga titik terang untuk penyelesaian. Ini wajib didesak, Pemprov Sumut dan DPRD jangan tidur, harus segera ambil tindakan tegas. Jika diperlukan, KPK juga harus turun tangan karena ini termasuk kerugian uang negara," lanjut Alwi.

Selain itu, Alwi juga meminta dilakukan evaluasi internal Bank Sumut. Kelalaian dalam bentuk apapun menurutnya harus diberikan sanksi, apalagi yang merugikan hingga ratusan miliar rupiah.

"Bank Sumut harus segera di evaluasi, direktur maupun dewan pengawas ngapain kerjanya sampai terjadi kelalaian sebesar itu. Jangan bilang ini bukan kelalaian, sampai tidak bisa melihat potensi suatu perusahaan begitu. Di dalam Bank Sumut kan banyak ahli keuangan dan perbankan," tandasnya.

Diketahui PT Bank Sumut sudah membeli Medium Term Note (surat utang) PT Sunprima Nusantara Pembiayaan sebanyak tiga kali. Dimana PT Bank Sumut, pertama kali membeli MTN SNP pada 6 November 2017 senilai Rp 22 miliar, yang ditambah dengan Rp 30 miliar berupa underlying asset reksadana, sehingga total Rp 52 miliar.

Pembelian MTN SNP yang kedua oleh PT Bank Sumut terjadi pada 7 Maret 2018 sebesar Rp 75 miliar, dan terakhir kali pembelian MTN SNP adalah pada 12 April 2018 sebesar Rp 50 miliar. Sehingga total pembelian MTN SNP oleh PT Bank Sumut adalah Rp 147 miliar berupa surat hutang dan Rp 30 miliar berupa underlying asset reksadana.

Sayangnya semua uang PT Bank Sumut yang digunakan untuk membeli surat utang PT SNP tersebut belum jelas nasibnya, karena PT SNP sendiri sudah dinyatakan pailit dan dibekukan oleh OJK.

Hal ini diperparah lagi dengan keadaan bahwa PT Bank Sumut tidak bisa "mengesekusi" aset PT SNP karena pembelian surat utang yang dilakukan oleh PT Bank Sumut tidak melalui perusahan Sekuritas dengan kata lain tidak memiliki jaminan. (ril/drc)

Editor: admin

T#g:alwi hasbi silalahibank sumutBUMD Sumutdprd sumuthmi sumutPemprov Sumut
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Jul 2019 00:07

    Rapat "Kilat" KUA PPAS APBD Sumut 2020 Dihadiri Tiga Anggota Dewan

    Rapit "kilat" yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, itu hanya dihadiri oleh dua orang anggota dewan Aripay Tambunan dan Yantoni Purba, selebihnya tak kelihatan.

  • Senin, 15 Jul 2019 22:43

    Erwin Lubis: Kurang lebih Rp 400 juta yang baru mereka kembalikan

    Kunjungan kerja pimpinan dan anggota DPRD Sumut dalam daerah menjadi temuan BPK RI Perwakilan Sumatera utara sebesar Rp 2.552.400.000. Sampai hari ini baru Rp 400 juta lebih yang dikembalikan ke kas daerah.

  • Jumat, 12 Jul 2019 01:04

    Edy Pimpin Kick Off Kebersihan dan Mitigasi Banjir Kota Medan

    Selain itu, Edy mengaku telah berkordinasi dengan Menteri Agraria untuk pembebasan lahan di daerah pinggiran sungai dan diharapkan BPN Kota Medan untuk segera menindaklanjutinya.

  • Selasa, 09 Jul 2019 20:04

    Balitbang Sumut Siapkan 5 Daerah Percontohan KAT

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Utara Irman mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan finalisasi KAT dibeberapa daerah sebagai percontohan.

  • Senin, 08 Jul 2019 23:30

    Soal Jabatan Dirut Bank Sumut, Muchrid: Kalian itu salah demo

    Dalam tuntutannya, belasan mahasiswa itu meminta DPRD Sumut agar menggelar rapat dengar pendapat (RDP) terkait pengangkatan Muchammad Budi Utomo alias Tomi sebagai Dirut PT Bank Sumut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir