Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • KPPU Medan Warning Para Agen Penjual Daging Ayam dan Sapi

KPPU Medan Warning Para Agen Penjual Daging Ayam dan Sapi

Sabtu, 09 Jun 2018 03:48
Dibaca: 180 kali
ilustrasi
KPPU Medan.
DINAMIKARAKYAT - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan mewarning para agen penjual daging ayam. Karena harga daging ayam di pasaran masih mengalami kenaikan saat Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1439 H.

"Seminggu menjelang Ramadan ada kenaik daging ayam dan daging sapi. Seminggu Ramadan turun harganya. Di sini KPPU menyampaikan kita memantaunya di daging ayam. Mengapa harganya sampai demikian. Kita sudah dapat agen-agen siapa yang bermain. Hati-hati siapa saja agen yang bermain itu," ucap ‎Kepala KPPU Medan, Ramli Simanjuntak, kepada wartawan, Jumat 8 Juni 2018.

Ramli menilai diduga permainan dilakukan agen-agen daging ayam memanfaatkan tinggi pembelian dan daya konsumsi untuk daging ayam dengan menaikan harga lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan besar saat Ramadan dan jelang lebaran ini.

"Hati-hati dengan agen-agen yang bermain. Kenapa? karena ayam di kandang. Dari kandang masuk ke pasar melalui agen-agen itu. Temuan kita, ditemukan Pantai Labu, Deliserdang dan Langkat tingkat petani tidak lebih Rp 20 ribu perkilonya atau perekornya," jelas Ramli.

Ramli menjelaskan dengan harga tersebut, daging ayam didistribusi agen-agen ke Pasar mengalami kenaikan harga. Ia mengungkapkan jangan sampai para agen itu, mempermainkan harga daging ayam diwaktu konsumsi tinggi ditengah masyarakat.

"Kenapa sampai segitu harganya, kita pantau agen-agen itu dan ngumpul-ngumpul dimana kita monitor terus. Mereka jangan melakukan seperti itu. Mempermainkan harga. Kalau kegitu, siap-siap juga Satga Pangan mau mengambil juga (menangkap) mereka," kata Ramli.

Untuk daging sapi sendiri, ‎Ramli menjelaskan ditingkat petani daging sapi perkilogramnya harga Rp 42 ribu sampai Rp 43 ribu. Kemudian, sampai Rumah Potong Hewan (RPH) harga daging sapi Rp 130 ribu perkilogram, setelah dipotong.

"Kalau sampai tingkat pedangang sampai Rp 150 ribu perkilogram, kita cek juga. RPH Mabar, yang bermain itu, pedagang. Kita tahu agennya cuma dua agennya yang besar. Saya kasih tahu juga siapa-siapa yang bermain pedagang‎ itu," kata Ramli.

Dengan itu, Ramli mengharapkan kepada agen daging ayam dan pedagang daging sapi‎ untuk mencari keuntungan dengan menaikan harga yang wajar saat menjual di Bulan Ramadan dan menjelang Lebaran ini.

"Kalau mencari untung, kita tidak menghalangi lah. Ambil lah untung yang sewajarnya saja. Jangan sampai merugikan masyarakat. Karena ini ibadah, kalau mencari untung yang sewajarnya saja," tandasnya. (art/drc)

Editor: admin

T#g:kppu medanlebaran idul fitripedagang daging ayampedagang daging sapirph medan
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Jun 2018 03:31

    Tengku Erry dan Mantu Jokowi Safari Ramadhan di Mandailing Natal

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan akan mampu menjaga persatuan, kesatuan serta menghempang pengaruh buruk salah satunya narkoba.

  • Senin, 11 Jun 2018 03:07

    TPHP Sumut Klaim Harga Kebutuhan Pangan Stabil Jelang Idul Fitri

    Tim Pemantau Harga Pangan (TPHP) Sumut mengklaim harga kebutuhan pangan masih tergolong stabil ‎menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H. Namun masih ada sejumlah komoditi pangan mengalami kenaikan.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:18

    5 Maskapai Tambah Penerbangan Arus Mudik Lebaran di Bandara Kualanamu

    Pihak Bandara Kualanamu Internasional Airport, Deliserdang, Sumatera Utara, sudah menerima tambahan jadwal penerbangan (Ekstra Filght) dari 5 maskapai penerbangan untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2018.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 02:51

    Jelang Idul Fitri, Bulog Sumut Impor 130 Ton Daging Kerbau Beku dari India

    Untuk memenuhi kebutuhan pasokan daging yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumut, ‎kembali mengimpor daging kerbau beku asal India sebanyak 130 ton.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 02:46

    358 ASN Pemprovsu Terima Zakat, Masing-masing Rp 300 Ribu

    Sebanyak 358 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) beragama Islam Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, menerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir