Bank Sumut

ITW: Menhub Jangan Seperti Juragan Takon

Kamis, 15 Agu 2019 15:15
Dibaca: 61 kali
drberita/istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
DRBerita | Indonesia Traffic Watch (ITW) mengingatkan Menteri Perhubungan (Menhub) agar tidak bersikap seperti juragan taksi online (takon). Semua mobil berpelat pribadi atau hitam harus taat pada ketentuan ganjil-genap (gage).

"ITW menyayangkan keinginan Menhub Budi Karya Sumadi yang meminta agar taksi online mendapat pengecualian dari kebijakan Gage," ujar Ketua Presidium ITW Edison Siahaan dikutip fnn.co.id, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019.

"Posisi Menhub sudah seperti juragan taksi online. Menhub ingin memperkeruh kondisi lalu lintas ibukota Jakarta. Sekaligus upaya Menhub untuk menutupi kegagalannya mengurus angkutan umum berbasis aplikasi," sambungnya.

Edison menghimbau Menhub agar membaca dan mempelajari dulu Undang Undang No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Supaya Menhub paham apa itu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh kendaraan bermotor yang digunakan sebagai angkutan umum.

ITW memastikan bahwa kesemrautan, kemacetan lalu lintas khususnya di Ibukota Jakarta juga dipicu akibat kegagalan Menhub. Karena Menhub membiarkan.

Kendaraan pribadi beroperasi sebagai angkutan umum. Akibatnya jumlahnya kini semakin membludak dan tak terkendali.

"ITW menuntut tanggung jawab Menhub terkait dengan pelaksanaan Permenhub No. 32 tahun 2016 dan Permenhub No. 26 tahun 2017 serta Permenhub No. 108 tahun 2017, tentang angkutan umum dengan kendaraan bermotor roda empat berbasis aplikasi," ujar Edison Siahaan.

Ketiga Permenhub tersebut tidak mempunyai efek yang signifikan untuk menyelesaikan masalah angkutan umum berbasis aplikasi. Ribuan kendaraan bermotor belum memenuhi syarat sebagai angkutan umum. Namun sekarang bebas beroperasi. Bahkan jumlahnya terus bertambah, sehingga membuat ruas jalan ibukota dan sekitarnya semakin sesak.

"Belakangan Menhub juga kembali membuat kebijakan yang melanggar aturan. Lewat kebijakan Permenhub No. 12 tahun 2019 tentang keselamatan sepeda motor yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat," kata Edison Siahaan.

Padahal Mahkamah Konstitusi (MK) lewat putusannya Nomor: 41/PUU-XVI/2018 menolak permohonan judicial riview yang diajukan oleh puluhan pengemudi Ojek Online (Ojol) ke MK agar Undang Undang No. 22 tahun 2009 mengakomudir sepeda motor sebagai angkutan umum.

"Sebaiknya Menhub menyampaikan data dan informasi yang akurat. Berapa jumlah angkutan umum berbasis aplikasi yang sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku. Jangan langsung menuntut equality, tetapi keberadaannya illegal," pinta Edison Siahaan. (art/drc)

Editor: admin

T#g:budi karya sumadigojekgrabbmenteri perhubungantaksi onlinetransportasi online
Berita Terkait
  • Sabtu, 17 Agu 2019 13:26

    Kuala Tanjung Pelabuhan Hub Internasional, Belawan Fokus Melayani Domestik

    Di mana Pelabuhan Hub Internasional Kuala Tanjung dan Kawasan Industri Kuala Tanjung merupakan 2 Proyek Strategis Nasional, dan akan dikembangkan secara terintegrasi sesuai hasil studi yang telah dilakukan.

  • Kamis, 18 Jan 2018 11:37

    Menteri Budi: Pelabuhan Kuala Tanjung Beroperasi April 2018

    Pelabuhan ini juga didukung dengan moda kereta api yang terintegrasi dan ditargetkan untuk jalur kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung akan tuntas akhir tahun ini.

  • Rabu, 20 Des 2017 00:03

    Kasus KPUM, Rayana Simanjuntak Divonis 28 Bulan Penjara

    Dalam amar putusan, terdakwa ‎Rayana Simanjuntak terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penggelapan berupa uang Down Payment (DP) pembelian 179 unit mobil.

  • Senin, 20 Nov 2017 19:40

    Tengku Erry Ajak Pemuda Muhammadiyah Bijak Manfaatkan Teknologi Digital

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan teknologi digital saat ini sudah mendunia dan membawa kemudahan bagi masyarakat, seperti taksi online, belanja online dan segala sesuatu yang bersifat online.

  • Kamis, 16 Nov 2017 20:52

    Gubernur Sumut Ingatkan Pengemudi Kenderaan Online Jaga Sikap

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengingatkan agar para pengemudi kenderaan online menjaga sikap dan mentaati semua peraturan lalu lintas, serta memenuhi persyaratan sebagai penyedia jasa angkutan sewa khusus (ASK).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir