• Home
  • Ekonomi
  • Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Rabu, 06 Des 2017 00:59
Dibaca: 244 kali
drberita/istimewa
Peresmian pameran bursa kerja 2017.
Perindo
DINAMIKARAKYAT - Pemprov Sumut meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada acara bursa kerja 2017 di Lapangan Lanud Soewondo, Polonia, Medan, 5-6 Desember 2017.

Pemprov Sumut menghadirkan 500 perusahaan terkemuka yang membuka lowongan pekerjaan bagi 5.000-an pelamar yang memacahkan rekor partisipasi perusahaan terbanyak.

"Ini rekor MURI yang kesekian kalinya diraih Sumatera Utara. Sebelumnya juga pernah (November 2017) kita (Pemprov Sumut) raih rekor penandatanganan MoU (kerjasama) terbanyak antara 700 SMK dengan dunia usaha. Apalagi ketika saya menuju ke sini, masih banyak yang datang ke lokasi kegiatan," ujar Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya, Selasa 5 Desember 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan Disnaker Sumut bekerjasama dengan STIM Sukma dan Kanwil BPJS Ketenagakerjaan ini tidak kurang dari 3.000-an pelamar yang mamadati lokasi even hingga siang hari. Diperkirakan sekitar 20-50 ribu pelamar bursa kerja yang digelar dua hari (5-6 Desember).

"Jadi Kadisnaker itu jangan hanya ngurusi UMP/UMK saja, tetapi juga harus bisa membuka peluang kerja seperti ini. Karena itu kami apresiasi Kepada Disnaker Sumut, BPJS Ketengakerjaan sebagai penggagas kegiatan dan sponsor, di mana banyak sekali meja dan tempat disediakan untuk memudahkan pencari kerja mendapatkan informasi peluang kerja," sebut Erry.

Pameran bursa kerja ini sebagai upaya Pemprov Sumut menciptakan peluang kerja. Diketahui saat ini sekitar 6,7 juta angka kerja yang ada di Sumut, di antaranya 6,3 juta adalah penduduk yang bekerja. Sehingga dengan banyaknya peluang kerja, maka angka pengangguran terbuka sebesar 400 ribuan orang.

"Jadi dari (sekitar) 10 ribu perusahaan yang ada (di Sumut), ada 500 perusahaan yang ikut pameran bursa kerja ini. Kita harapkan ini bisa terus dilakukan dan ditingkatkan lagi. Tentunya dengan mengedepankan azas transparansi, akuntabilitas, independensi dan fairness atau keadilan," jelasnya.

Saat ini pembangunan infrastruktur terus digalakkan pemerintah baik pusat hingga kabupaten/kota bahkan tingkat desa melalui anggaran dana desa. Dengan demkian peluang industri dan usaha juga akan meningkat. Secara otomatis pula akan diikuti bertambahnya kesempatan kerja.

"Karena itu dunia usaha akan mudah mendapatkan pekerja dengan dilakukannya pameran kesempatan kerja ini," tambahnya.

Selain urusan UMP dan UMK, peemerintah juga terus memperhatikan sisi pengawasan termasuk hubungan kerja, mengingat banyaknya keluhan pekerja kepada perusahaan yang dinilai tidak adil.

"Saya yakin ini akan dipenuhi pencari kerja sesuai bidangnya masing-masing. Kami pemerintah akan terus mendorong berkembangnya perusahaan dan dunia usaha di Sumut," ucap Erry. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bursa kerjaPemprov Sumuttenaga kerja
Berita Terkait
  • Senin, 09 Apr 2018 21:09

    Pejabat Eselon 3 Pemprov Sumut yang Dilantik dari 24 OPD

    Pelantikan tersebut turut dihadiri Plt Sekdaprovsu Ibnu S. Hutomo, para asisten dan staf ahli gubernur, pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemprov Sumut.

  • Senin, 09 Apr 2018 20:50

    Gubernur Sumut Lantik 99 Pejabat Eselon 3

    Selain itu mutasi juga dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi perubahan nomenklatur karena ada beberapa OPD yang berubah nomenklaturnya dan juga ada nomenklatur baru, terutama UPT-UPT yang baru.

  • Selasa, 27 Mar 2018 01:33

    Evi Diana Terima Kunjungan Tim Verifikasi PKK Pusat

    Tim Verifikasi PKK Pusat datang ke Provinsi Sumut dalam rangka Lomba Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

  • Kamis, 22 Mar 2018 01:23

    76 Diplomat Muda Luar Negeri Diharapkan Dapat Promosikan Potensi Sumut

    Para diplomat muda yang akan bertugas di berbagai daerah di Amerika, Eropa, Asia Fasifik dan Afrika diharapkan dapat menginformasikan dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di Sumatera Utara.

  • Rabu, 07 Mar 2018 23:58

    Bertemu Tim Pengkaji Lemhanas, Erry Sampaikan Kondisi Persoalan Sumut

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menyambut kedatangan Tim Pengkaji Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) di Gubernuran, Jalan Sudirman, Medan, Selasa 6 Maret 2018.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir