Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Rabu, 06 Des 2017 00:59
Dibaca: 141 kali
drberita/istimewa
Peresmian pameran bursa kerja 2017.
DINAMIKARAKYAT - Pemprov Sumut meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada acara bursa kerja 2017 di Lapangan Lanud Soewondo, Polonia, Medan, 5-6 Desember 2017.

Pemprov Sumut menghadirkan 500 perusahaan terkemuka yang membuka lowongan pekerjaan bagi 5.000-an pelamar yang memacahkan rekor partisipasi perusahaan terbanyak.

"Ini rekor MURI yang kesekian kalinya diraih Sumatera Utara. Sebelumnya juga pernah (November 2017) kita (Pemprov Sumut) raih rekor penandatanganan MoU (kerjasama) terbanyak antara 700 SMK dengan dunia usaha. Apalagi ketika saya menuju ke sini, masih banyak yang datang ke lokasi kegiatan," ujar Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya, Selasa 5 Desember 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan Disnaker Sumut bekerjasama dengan STIM Sukma dan Kanwil BPJS Ketenagakerjaan ini tidak kurang dari 3.000-an pelamar yang mamadati lokasi even hingga siang hari. Diperkirakan sekitar 20-50 ribu pelamar bursa kerja yang digelar dua hari (5-6 Desember).

"Jadi Kadisnaker itu jangan hanya ngurusi UMP/UMK saja, tetapi juga harus bisa membuka peluang kerja seperti ini. Karena itu kami apresiasi Kepada Disnaker Sumut, BPJS Ketengakerjaan sebagai penggagas kegiatan dan sponsor, di mana banyak sekali meja dan tempat disediakan untuk memudahkan pencari kerja mendapatkan informasi peluang kerja," sebut Erry.

Pameran bursa kerja ini sebagai upaya Pemprov Sumut menciptakan peluang kerja. Diketahui saat ini sekitar 6,7 juta angka kerja yang ada di Sumut, di antaranya 6,3 juta adalah penduduk yang bekerja. Sehingga dengan banyaknya peluang kerja, maka angka pengangguran terbuka sebesar 400 ribuan orang.

"Jadi dari (sekitar) 10 ribu perusahaan yang ada (di Sumut), ada 500 perusahaan yang ikut pameran bursa kerja ini. Kita harapkan ini bisa terus dilakukan dan ditingkatkan lagi. Tentunya dengan mengedepankan azas transparansi, akuntabilitas, independensi dan fairness atau keadilan," jelasnya.

Saat ini pembangunan infrastruktur terus digalakkan pemerintah baik pusat hingga kabupaten/kota bahkan tingkat desa melalui anggaran dana desa. Dengan demkian peluang industri dan usaha juga akan meningkat. Secara otomatis pula akan diikuti bertambahnya kesempatan kerja.

"Karena itu dunia usaha akan mudah mendapatkan pekerja dengan dilakukannya pameran kesempatan kerja ini," tambahnya.

Selain urusan UMP dan UMK, peemerintah juga terus memperhatikan sisi pengawasan termasuk hubungan kerja, mengingat banyaknya keluhan pekerja kepada perusahaan yang dinilai tidak adil.

"Saya yakin ini akan dipenuhi pencari kerja sesuai bidangnya masing-masing. Kami pemerintah akan terus mendorong berkembangnya perusahaan dan dunia usaha di Sumut," ucap Erry. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bursa kerjaPemprov Sumuttenaga kerja
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Feb 2018 17:14

    Baru Dilantik, 77 Kades Dapat 105 Unit Motor dari Pemprov Sumut

    Didampingi Kadis PMD Aspan Sofian, Erry berpesan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Deliserdang tetap mengedapankan netralitas dan tetap menjaga kekondusifan dalam agenda Pilkada serentak 2018.

  • Selasa, 13 Feb 2018 02:23

    Dua PNS Pemprov Sumut Dituntut 15 Bulan Penjara

    Dua terdakwa kasus pungutan liar (pungli) ‎Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut dituntut masing-masing hukuman selama 15 bulan penjara di Pengadilan Tipikor Medan, Senin 12 Februari 2018.

  • Selasa, 13 Feb 2018 02:10

    Tengku Erry Akan Terbitkan Pergub JKN

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi akan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang regulasi dalam rangka meningkatkan kepesertaan masyarakat pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

  • Sabtu, 10 Feb 2018 01:00

    Pemprov Sumut Siapkan Lahan 5 Hektar Untuk Islamic Center, Pembangunan Tidak Lama Lagi

    Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan LIPIA dalam rangka menindaklanjuti rencana pembangunan pendidikan tinggi Islam di Sumatera Utara, Jumat 9 Februari 2018.

  • Sabtu, 27 Jan 2018 00:31

    Gedung Baru Inspektorat Sumut Bernama Tengku Erry Nuradi

    Peresmian gedung baru ini ditandai dengan penyerahan santunan anak yatim piatu dan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir