• Home
  • Ekonomi
  • Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Rabu, 06 Des 2017 00:59
Dibaca: 83 kali
drberita/istimewa
Peresmian pameran bursa kerja 2017.
DINAMIKARAKYAT - Pemprov Sumut meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada acara bursa kerja 2017 di Lapangan Lanud Soewondo, Polonia, Medan, 5-6 Desember 2017.

Pemprov Sumut menghadirkan 500 perusahaan terkemuka yang membuka lowongan pekerjaan bagi 5.000-an pelamar yang memacahkan rekor partisipasi perusahaan terbanyak.

"Ini rekor MURI yang kesekian kalinya diraih Sumatera Utara. Sebelumnya juga pernah (November 2017) kita (Pemprov Sumut) raih rekor penandatanganan MoU (kerjasama) terbanyak antara 700 SMK dengan dunia usaha. Apalagi ketika saya menuju ke sini, masih banyak yang datang ke lokasi kegiatan," ujar Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya, Selasa 5 Desember 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan Disnaker Sumut bekerjasama dengan STIM Sukma dan Kanwil BPJS Ketenagakerjaan ini tidak kurang dari 3.000-an pelamar yang mamadati lokasi even hingga siang hari. Diperkirakan sekitar 20-50 ribu pelamar bursa kerja yang digelar dua hari (5-6 Desember).

"Jadi Kadisnaker itu jangan hanya ngurusi UMP/UMK saja, tetapi juga harus bisa membuka peluang kerja seperti ini. Karena itu kami apresiasi Kepada Disnaker Sumut, BPJS Ketengakerjaan sebagai penggagas kegiatan dan sponsor, di mana banyak sekali meja dan tempat disediakan untuk memudahkan pencari kerja mendapatkan informasi peluang kerja," sebut Erry.

Pameran bursa kerja ini sebagai upaya Pemprov Sumut menciptakan peluang kerja. Diketahui saat ini sekitar 6,7 juta angka kerja yang ada di Sumut, di antaranya 6,3 juta adalah penduduk yang bekerja. Sehingga dengan banyaknya peluang kerja, maka angka pengangguran terbuka sebesar 400 ribuan orang.

"Jadi dari (sekitar) 10 ribu perusahaan yang ada (di Sumut), ada 500 perusahaan yang ikut pameran bursa kerja ini. Kita harapkan ini bisa terus dilakukan dan ditingkatkan lagi. Tentunya dengan mengedepankan azas transparansi, akuntabilitas, independensi dan fairness atau keadilan," jelasnya.

Saat ini pembangunan infrastruktur terus digalakkan pemerintah baik pusat hingga kabupaten/kota bahkan tingkat desa melalui anggaran dana desa. Dengan demkian peluang industri dan usaha juga akan meningkat. Secara otomatis pula akan diikuti bertambahnya kesempatan kerja.

"Karena itu dunia usaha akan mudah mendapatkan pekerja dengan dilakukannya pameran kesempatan kerja ini," tambahnya.

Selain urusan UMP dan UMK, peemerintah juga terus memperhatikan sisi pengawasan termasuk hubungan kerja, mengingat banyaknya keluhan pekerja kepada perusahaan yang dinilai tidak adil.

"Saya yakin ini akan dipenuhi pencari kerja sesuai bidangnya masing-masing. Kami pemerintah akan terus mendorong berkembangnya perusahaan dan dunia usaha di Sumut," ucap Erry. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bursa kerjaPemprov Sumuttenaga kerja
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Des 2017 02:51

    Ngaku-ngaku Dekat Istri Gubsu, Ina Zoro Merasa Kepala Dinas

    Ina Zalisworo alias Ina Zoro, cukup santer terdengar namanya di kalangan wanita-wanita sosialita di Kota Medan. Apalagi dirinya mengaku-ngaku dekat dengan Evi Diana, istri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

  • Minggu, 10 Des 2017 00:29

    Masyarakat Sumut di Jakarta Titip Pesan pada Tengku Erry

    Hadir di antaranya Ruhut Sitompul, Abdul Wahab Dalimunthe, para pejabat di Jakarta, asal Sumut dan mantan pejabat Sumut maupun pusat, sejumlah bupati dan walikota se-Sumut, para Kepala SKPD Provsu, para mahasiswa asal Sumut dan masyarakat lainnya.

  • Jumat, 08 Des 2017 23:51

    Tengku Erry Terima Penghargaan dari Wapres

    Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan penghargaan produktivitas 'Paramakarya 2017'.

  • Kamis, 07 Des 2017 01:56

    Jepang Danai Pembangunan Gedung SMP Senilai di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengakui hubungan Sumut dan Jepang semakin berkualitas dan baik, dibuktikan dengan keberadaan investasi Jepang serta berbagai kerjasama.

  • Kamis, 07 Des 2017 01:16

    Sumut dan Bekes County Lanjutkan Kerjasama

    Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Bekes County, Hungaria, kembali menjalin kerjasama sister province yang juga pernah dilakukan pada tahun 2010-2015.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir