Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Hadirkan 500 Perusahaan, Pemprov Sumut Ciptakan Peluang Kerja

Rabu, 06 Des 2017 00:59
Dibaca: 327 kali
drberita/istimewa
Peresmian pameran bursa kerja 2017.
DINAMIKARAKYAT - Pemprov Sumut meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada acara bursa kerja 2017 di Lapangan Lanud Soewondo, Polonia, Medan, 5-6 Desember 2017.

Pemprov Sumut menghadirkan 500 perusahaan terkemuka yang membuka lowongan pekerjaan bagi 5.000-an pelamar yang memacahkan rekor partisipasi perusahaan terbanyak.

"Ini rekor MURI yang kesekian kalinya diraih Sumatera Utara. Sebelumnya juga pernah (November 2017) kita (Pemprov Sumut) raih rekor penandatanganan MoU (kerjasama) terbanyak antara 700 SMK dengan dunia usaha. Apalagi ketika saya menuju ke sini, masih banyak yang datang ke lokasi kegiatan," ujar Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya, Selasa 5 Desember 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan Disnaker Sumut bekerjasama dengan STIM Sukma dan Kanwil BPJS Ketenagakerjaan ini tidak kurang dari 3.000-an pelamar yang mamadati lokasi even hingga siang hari. Diperkirakan sekitar 20-50 ribu pelamar bursa kerja yang digelar dua hari (5-6 Desember).

"Jadi Kadisnaker itu jangan hanya ngurusi UMP/UMK saja, tetapi juga harus bisa membuka peluang kerja seperti ini. Karena itu kami apresiasi Kepada Disnaker Sumut, BPJS Ketengakerjaan sebagai penggagas kegiatan dan sponsor, di mana banyak sekali meja dan tempat disediakan untuk memudahkan pencari kerja mendapatkan informasi peluang kerja," sebut Erry.

Pameran bursa kerja ini sebagai upaya Pemprov Sumut menciptakan peluang kerja. Diketahui saat ini sekitar 6,7 juta angka kerja yang ada di Sumut, di antaranya 6,3 juta adalah penduduk yang bekerja. Sehingga dengan banyaknya peluang kerja, maka angka pengangguran terbuka sebesar 400 ribuan orang.

"Jadi dari (sekitar) 10 ribu perusahaan yang ada (di Sumut), ada 500 perusahaan yang ikut pameran bursa kerja ini. Kita harapkan ini bisa terus dilakukan dan ditingkatkan lagi. Tentunya dengan mengedepankan azas transparansi, akuntabilitas, independensi dan fairness atau keadilan," jelasnya.

Saat ini pembangunan infrastruktur terus digalakkan pemerintah baik pusat hingga kabupaten/kota bahkan tingkat desa melalui anggaran dana desa. Dengan demkian peluang industri dan usaha juga akan meningkat. Secara otomatis pula akan diikuti bertambahnya kesempatan kerja.

"Karena itu dunia usaha akan mudah mendapatkan pekerja dengan dilakukannya pameran kesempatan kerja ini," tambahnya.

Selain urusan UMP dan UMK, peemerintah juga terus memperhatikan sisi pengawasan termasuk hubungan kerja, mengingat banyaknya keluhan pekerja kepada perusahaan yang dinilai tidak adil.

"Saya yakin ini akan dipenuhi pencari kerja sesuai bidangnya masing-masing. Kami pemerintah akan terus mendorong berkembangnya perusahaan dan dunia usaha di Sumut," ucap Erry. (art/drc)

Editor: admin

T#g:bursa kerjaPemprov Sumuttenaga kerja
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 01:04

    Hulk & Black Panther Unjukrasa Depan Kantor Gubernur Sumut

    Hulk meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera melakukan tindakan tegas terhadap mereka yang duduk dengan nyantai, namun terlibat penyelewengan uang rakyat.

  • Minggu, 10 Jun 2018 02:15

    Tengku Erry Percaya Dengan Sekda Sumut Sabrina

    Pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/TPA Tahun 2018 tanggal 14 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya.

  • Minggu, 03 Jun 2018 02:13

    IPK Madina: PT. NPN Langgar Undang-Undang Ketenagakerjaan

    PT. Nawakara Perkasa Nusantara (NPN) dinilai telah melanggar Undang-Undang Ketenagakerjaan, antara perusahaan penyedia tenaga kerja dan karyawan yang bernaung di perusahaan tersebut.

  • Minggu, 03 Jun 2018 01:48

    Zakat dan Infaq ASN Kantor Gubsu Tahun 2017 Senilai Rp2,7 Miliar Lebih

    Program khusus Ramadhan Berkah ini adalah menyalurkan 15.000 paket berupa uang senilai Rp4,5 miliar yang diberikan kepada para kaum dhuafa se-Provinsi Sumut melalui Baznas kabupaten/kota.

  • Minggu, 03 Jun 2018 01:31

    Gubsu: Zakat Berpotensi Mewujudkan Rasa Keadilan Sosial

    Zakat adalah salah satu ibadah yang memiliki posisi yang sangat penting, strategis, dan menentukan baik dari sisi hukum agama maupun dari sisi pembangunan ekonomi umat.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir