Bank Sumut
  • Home
  • Ekonomi
  • Ada Cadangan Emas di Perairan Bayah Lebak Banten

Ada Cadangan Emas di Perairan Bayah Lebak Banten

Sabtu, 29 Jun 2019 16:40
Dibaca: 104 kali
ilustrasi
Tambang emas rakyat
DINAMIKARAKYAT - Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM bersama PT Graha Makmur Coalindo (GMC) berhasil menemukan kandungan emas dan mineral lainnya di bawah laut Perairan Bayah, Lebak, Banten.

Penemuan tersebut menggunakan karpet penangkap mineral inovasi para peneliti dan perekayasa P3GL, yang dipimpin Harsenanto Widi.

Kepala P3GL, Hedi Hidayat menjelaskan kedua pihak telah memulai kegiatan penambangan bahan galian logam bawah laut di wilayah operasi produksi (OP) perusahaan pertambangan emas ini di perairan Bayah, Lebak, Propinsi Banten sejak Januari 2019.

"Lokasi rencana eksplorasi produksi mencakup wilayah batas 4 mil laut Bayah," ungkap Hedi, Sabtu 29 Juni 2019.

Ia menguraikan, pada tahap pertama Maret lalu berhasil dilakukan uji coba penambangan menggunakan processing slice box, modifikasi alat hasil inovasi dari tim P3GL, yang disebut sebagai karpet penangkap mineral dan alat pompa hisap kapasitas 5 m3/jam.

Selama 10 hari tim dari Kelompok Program Penelitian dan Pengembangan (KP3) Sumber Daya Mineral Kelautan berhasil mendapatkan konsentrat yang mengandung emas dan mineral ikutannya. Nilainya cukup signifikan pada sedimen dasar laut sebesar 900 kg.

Pada bulan Juli 2019 BLU P3GL dan PT. GMC akan melaksanakan kontrak lanjutan penambangan selama satu bulan dengan mencoba alat pompa yang lebih besar berkapasitas 25 m3/jam atau 50 ton/jam. Konsentrat mineral logam ditargetkan dapat diperoleh sebesar kurang lebih 20 ton/jam pada kedalaman dasar laut 28-50 meter.

Alat hisap hasil inovasi baru P3GL berupa seperangkat alat pompa dengan cakram kaki enam yang dilengkapi pemberat 200 kg. Alat ini diharapkan dapat lebih efektif dibandingkan peralatan konvensional, karena alat ini mampu menghisap dengan lebih kuat tanpa terpengaruh arus dan gelombang laut.

Kerja sama ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan PT. GMC untuk mendapatkan contoh endapan sedimen dasar laut yang efektif dan berdaya guna sebagai upaya untuk mendapatkan teknologi yang tepat guna dan ramah lingkungan. Wilayah penambangan emas PT GMC di tengah Laut sekitar 12 mil dari bibir pantai, yang meliputi tiga wilayah kecamatan di Banten, yakni Kecamatan Cihara, Panggarangan dan Bayah. (art/drc)

Editor: admin

Sumber: republika.co.id

T#g:kemeterian esdmpt graha makmur coalindotambang emas
Berita Terkait
  • Senin, 11 Jun 2018 03:04

    Formada-Tabagsel Minta Polda Sumut Bentuk Satgasus

    Maraknya penambangan emas di Desa Lancat, Kecamatan Lingga Bayu dan Desa Ampung Siala, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, disinyalir ilegal tidak memiliki izin resmi dari Pemkab maupun Pemprovsu.

  • Minggu, 24 Sep 2017 02:09

    Laporan Danlob Tambang Emas Ilegal di Kabupaten Madina Harus Diproses

    Ini terbukti dengan apa yang dialami seorang putra daerah Kabupaten Madina yang mencoba keberuntungan mengadu nasib ke kawasan tambang emas ilegal.

  • Kamis, 14 Sep 2017 00:30

    Terkait Tambang Emas Ilegal, Tujuh Organisasi Mahasiswa Kecewa Datang ke Polres dan DPRD Madina

    Dalam aksi kedua kalinya di Polres Madina, AMMPM kembali merasakan kecewa karena tidak juga berhasil menjumpai Kapolres AKBP Martri Sonny.

  • Selasa, 12 Sep 2017 01:58

    Tujuh Organisasi Minta Jokowi Turuntangan Sikapi Tambang Emas Ilegal di Madina

    Tujuh organisasi pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Madina meminta Presiden Joko Widodo agar memerintahkan PT Sorik Mas Mining bersedia melepaskan sebagian konsesi kontrak karya menjadi Wilayah pertambangan rakyat.

  • Jumat, 08 Sep 2017 03:01

    Demo PETI, Massa Kecewa Kapolres Madina Jumpai Anggota DPRD Sumut

    Puluhan mahasiswa dan pelajar yang tergabung dalam tujuh organisasi mengadakan aksi unjukrasa ke Polres Mandailing Natal menyikapi persoalan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 drberita.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir